Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Sakit Mata

Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Sakit Mata

Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Sakit Mata

Mengapa bawang bisa membuat mata Anda perih dan berair, dan bagaimana Anda bisa mencegahnya? Bawang merah terdiri dari lapisan luar yang disebut “tunik” (lapisan luar berwarna coklat), bagian tengah berwarna putih yang disebut “sisik”, dan bagian bawah yang disebut “basal” (sering disebut sebagai “akar” dan memiliki banyak “rambut”. “).

Saat Anda memotong basal atau akar, bawang mengeluarkan enzim. Enzim ini bereaksi dengan semua bagian bawang merah dan melepaskan gas. Ketika gas ini bercampur dengan air, ia membentuk asam. Jika air masuk ke mata. maka akan ada asam yang menumpuk di mata Anda. Ups! Jadi, jika bawang merah masih dapat mengganggu mata Anda, mulailah membaca langkah  di bawah ini untuk mencegahnya!

Cara Mengiris Bawang Merah Tanpa Sakit Mata

Gunakan Pisau Yang Sangat Tajam Saat Memotong Bawang

Baca Artikel Lainnya: Bawang Merah – Majukan Perekonomian Lokal

Enzim dilepaskan ketika sel rusak atau hancur; menggunakan pisau tajam akan memotong bawang dengan tidak menghancurkannya, sehingga lebih sedikit enzim yang dilepaskan. Terlepas dari apakah Anda juga menggunakan trik yang berbeda, selalu gunakan sebuah pisau tajam pada saat pemotongan bawang. Anda akan menyelesaikannya lebih cepat.

Dinginkan Bawang Di Dalam Freezer Selama 10-15 Menit Sebelum Dipotong

Ini akan mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan ke udara dan tidak berpengaruh pada rasa bawang Anda. Mendinginkan bawang disebut “cara paling efektif untuk mengurangi air mata” oleh program televisi “Detektif Makanan”. Menempatkan bawang di lemari es juga bisa; Pastikan untuk tidak meletakkan bawang bombay di sebelah apel atau kentang, juga tidak memasukkannya terlalu lama (cukup 20 menit). Karena bawang bombay dapat menyebabkan bau yang tidak sedap jika dibiarkan terlalu lama di lemari es.

Iris Bawang Merah Di Dalam Air

Cara ini sebenarnya efektif, namun sulit dilakukan. Di dalam air, potongan bawang bombay akan mengapung kemana-mana kecuali Anda memegangnya dan mengambilnya dan membuang airnya. Jika tidak dilakukan dengan cara yang benar, cara ini hanya akan menyulitkan Anda. 

Jadi jika Anda ingin melakukannya, Anda harus merencanakan apa yang ingin Anda lakukan sebelumnya. Beberapa orang menyarankan memotong bawang di bawah air mengalir. Namun cara ini juga sulit dilakukan. Aliran air akan membuat segalanya terlihat berantakan dan sulit untuk Anda kendalikan.

Potong Bawang Di Dekat Aliran Air Panas Atau Uap

Anda dapat menggunakan uap dari ketel air atau panci berisi air panas. Uap akan mengusir uap dari bawang, menghilangkannya dari mata Anda.

Bernapaslah Melalui Mulut Anda Dan Julurkan Lidah Anda

Ini akan memungkinkan gas dari bawang untuk pergi ke lidah basah Anda. Kuncup pengecap, yang terletak di dekat saraf kelenjar lakrimal, dilewati, mencegah air mata terbentuk. Tetapi jika Anda lupa dan melanjutkan bernapas melalui hidung, air mata akan segera terbentuk lagi.

Rendam Bawang Dalam Air

Enzim akan terdenaturasi karena batas air-udara. Namun, tahukah Anda bahwa metode ini akan menghilangkan sebagian rasa bawang, dan bawang akan lebih halus untuk Anda pegang (sehingga lebih sulit untuk diiris). Jika rasa bawang yang lebih lembut tidak menjadi masalah bagi Anda, cobalah metode ini.

Potong Bawang Bombay Secara Melintang

Karena daging bawang merah berbentuk seperti tabung, memotongnya dengan secara melintang akan mencegah mata Anda dari perih. Tentu saja, aliran udara sekecil apa pun dapat membawa gas yang melukai mata Anda, jadi perhatikan juga aliran udara di sekitar Anda. Nyalakan kipas, dan arahkan ke arah yang benar.

Bersiul Saat Anda Memotong Bawang

Bersiul akan menciptakan aliran udara yang cukup untuk mengeluarkan gas pada sebuah bawang dari wajah Anda, sehingga tidak mencapai mata Anda. Pilih nada yang Anda suka agar Anda tidak berhenti bersiul sampai Anda selesai memotong bawang.

Taruh Sepotong Roti Di Mulutmu

Baca Artikel Lainnya: Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah

Banyak orang mengatakan bahwa mengunyah, terutama sebuah roti, akan membantu untuk mencegah air mata pada saat memotong bawang. Kunyah perlahan dan biarkan roti duduk di mulut Anda untuk sementara waktu. Mulut Anda akan berair dan tidak nyaman, tetapi mata Anda tidak. Yang lain mengatakan untuk mengunyah permen karet. Tidak ada alasan nyata ini mungkin berhasil, tetapi Anda dapat mencobanya.

Bagi yang suka mengolah bawang merah, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di TaniHub. Pembelian secara online di tempat tersebut bisa memberikan manfaat dengan harga bawang merah yang lebih terjangkau. Selain itu produk yang ditawarkan merupakan hasil dari petani lokal, sehingga hal tersebut juga turut mendukung pertanian dalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
38 − = 32