Cara Mengolah Jamur Tiram yang Sehat, Nikmat dan Ada Banyak Manfaatnya.

Cara Mengolah Jamur Tiram yang Sehat, Nikmat dan Ada Banyak Manfaatnya.

Jamur tiram termasuk salah satu jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi, ia memiliki daging yang tebal sehingga nikmat untuk dijadikan beragam jenis olahan yang menggugah selera. Bahkan sekarang ini ada banyak petani yang secara khusus membudidayakan jenis jamur yang satu ini, sehingga semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkannya di pasaran. Jika berbicara mengenai harga jualnya di pasaran juga cukup terjangkau.

5 Tips Mengolah Jamur Tiram Secara Tepat

Jamur tiram memiliki nama latin Pleurotus ostreatus, yaitu termasuk dalam kelompok jamur pangan yang memiliki ciri-ciri fisik tubuhnya berwarna putih hingga warna krem, biasanya semakin tua akan cenderung semakin gelap. Pada bagian tudungnya sendiri berbentuk setengah lingkaran yang mirip seperti cangkang tiram. Itulah mengapa jamur yang satu ini dikenal juga sebagai jamur tiram. Ia juga masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii atau yang dikenal juga sebagai king oyster mushroom.

Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Selain karena rasanya yang enak, ternyata jamur tiram ini juga disukai oleh masyarakat mengingat beragam manfaatnya bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Dapat meningkatkan sistem imun, di dalam jamur tiram terdapat polisakarida yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Juga dapat melawan makrofag yang masuk kedalam tubuh. Jadi bisa cegah datangnya penyakit.
  2. Turunkan kolesterol, banyak sumber yang juga menemukan fakta bahwa ternyata dengan mengonsumsi jamur yang satu ini bagus untuk membantu turunkan kadar lemak jahat atau kolesterol dalam tubuh. Karena ia mengandung serat pangan yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Belum lagi dengan senyawa lovastatin yang bagus untuk mengatur sirkulasi kadar kolesterol yang ada dalam darah.
  3. Menjaga kesehatan jantung, jumlah lemak yang ada dalam jamur tiram sangat rendah, sebaliknya serat pangan didalamnya cukup tinggi. hal ini tentunya bagus untuk menjaga kesehatan organ jantung. Jamur ini memang mengandung ergothioneine, ia termasuk bagian dari antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya peradangan, termasuk juga pembentukan plak pada pembuluh darah.
  4. Membantu tingkatkan kolagen, khasiat jamur tiram ini juga bisa membantu merangsang produksi kolagen secara alami dari dalam tubuh. Pastinya Anda sendiri juga sudah tahu apa saja manfaat kolagen ini bagi tubuh, ia dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, menyehatkan kulit Anda.

Baca Artikel Lainnya : Cara Mengolah Jamur Tiram yang Sehat, Nikmat dan Ada Banyak Manfaatnya

Tips Mengolah Jamur Tiram Secara Tepat Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Dalam mengolah atau memasak jamur tiram hendaknya perhatikan beberapa hal ini sehingga hasilnya lebih nikmat dan juga nutrisinya terjaga, yaitu:

  1. Gunakan sedikit bumbu, tak perlu menambahkan terlalu banyak bumbu karena pada dasarnya rasa alami dari jamur tiram sudah gurih. Anda cukup menggunakan bawang putih dan bawang merah saja, dengan sedikit cabai jika memang ingin sensasi yang pedas.
  2. Tak perlu menambahkan penyedap rasa atau micin, sering kali penyedap rasa ditambahkan untuk membuat cita rasa makanan jadi lebih gurih, hanya saja pada olahan jamur tak perlu. Karena pada dasarnya jamur ini sudah memiliki zat yang menghasilkan rasa umum secara alami. Itulah mengapa ada produk kaldu jamur yang dijual di pasaran.
  3. Pastikan untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih, khususnya pada bagian akar sebaiknya dihilangkan untuk menghindari bau kayu yang terkadang memang jadi ciri khas dari jamur.
  4. Rendam dengan air garam, perendaman pada air garam ini memiliki banyak manfaat, termasuk diantaranya adalah untuk menghilangkan aroma aneh pada jamur tersebut. Air garam juga berguna untuk menghilangkan kemungkinan ada kuman yang menempel.
  5. Sebaiknya langsung diolah setelah membelinya, karena jika dibiarkan bermalam aromanya akan semakin kuat dan kurang sedap.

Beli Jamur Tiram Di TaniHub

Jamur tiram berkualitas dan pastinya juga masih dalam kondisi yang segar bisa Anda beli secara mudah hanya di TaniHub. Belanja online bahan makanan memang lebih mudah dilakukan dengan aplikasi yang satu ini. Kamu tetap bisa seru-seruan kan saat di rumah. Kasih tau kabar baik ini ke semua teman kamu supaya mereka bisa membeli jamur tiram yang berkualitas dan segar hanya di Tanihub. Produk-produk yang dijual di TaniHub ini memang paling lengkap dibandingkan dengan e-commerce yang lainnya dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Sehingga tak perlu khawatir berbelanja disini. Langsung pesan sekarang juga.

Supaya bisa lebih hemat, kamu bisa menggunakan promo yang ada di aplikasi AppStore atau Playstore TaniHub. Metode pembayaranya juga bisa melalui Gopay, OCBC NISP, ShopeePay, LinkAja dan BRI. Update terus informasinya atau promo yang menarik melalui Instagram @Tanihub. #SemuaAdaDiTaniHub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 18 = 20