Cara Menyimpan Seafood Agar Awet

Cara Menyimpan Seafood Agar Awet

Buat kamu yang suka makan seafood, kami sedia berbagi tips untuk kamu yang tidak bisa makan dan ingin menghemat tempat di keesokan harinya. Alih-alih mengeluarkannya, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer untuk dimasak lagi besok. Mengekspresikan terlalu sederhana Siapkan wadah tertutup dengan udara bersih untuk menjaga sisa makanan laut tetap matang.

Disarankan untuk menggunakan film plastik yang disegel ke udara untuk penyimpanan kontainer. Jika Anda ingin memasak lagi untuk makan dengan waktu penyimpanan yang lebih sedikit, Anda cukup meletakkannya di bagian terdingin dari lemari es (bukan freezer). Hal ini untuk memudahkan proses pencairan sehingga tidak memakan waktu lama.

Secara umum, makanan yang dimasak jika dibekukan dalam freezer dapat rusak dan kehilangan jus dan rasa gurihnya. Bahkan, makanan cenderung terasa hambar karena es yang dibekukan. Chiller bisa menjadi alternatif penyimpanan. Suhu chiller yang selalu di atas 0 derajat Celcius dapat menahan seafood matang yang disimpan hingga satu sampai dua hari. Namun yang terpenting adalah kebersihan wadah kedap udara dan memastikannya terjaga sepenuhnya.

Potong Ikan dan Seafood

Sebelum menyimpan seafood, seafood dan ikan harus dibersihkan terlebih dahulu. Menghilangkan kotoran dan sisik ikan. Untuk kerang dengan remis sebaiknya juga direndam dalam air garam untuk menghilangkan kotoran. Cumi-cumi juga harus dibuang dalam plastik serta kotoran atau tinta bila diperlukan. Setelah airnya dibersihkan, Seafood bisa dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. Sea Cut memudahkan penyimpanan agar Seafood bisa lebih mudah diatur dalam wadah kedap udara.

Pisahkan Komposisi Menurut Jenisnya

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat menyimpan seafood seafood adalah dipisahkan berdasarkan jenisnya. Jangan menyimpan berbagai jenis seafood dalam satu wadah karena setiap seafood mempunyai masa pakai yang berbeda. 

Sedangkan satu jenis makanan laut dapat mempengaruhi makanan laut lainnya. Misalnya tinta cumi bisa membuat makanan laut lainnya juga menghitam, dan tampilannya menjadi lebih buruk. Siapkan wadah terpisah untuk menyimpan makanan laut dan daftarkan berdasarkan jenisnya.

Beri Topping Garam dan Air Jeruk Nipis

Selain rasa, garam dan air jeruk nipis membantu mengurangi bau amis makanan laut. Tempatkan air jeruk nipis atau irisan lemon pada kotak penyimpanan untuk aroma ikan laut. Selain itu, perasan jeruk nipis atau lemon juga membantu menyebarkan bau amis di dalam freezer. Seafood juga bisa direndam dalam bumbu seafood yang rasanya lebih gurih dan bukan ikan.

Baca Juga: Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Dikemas Dalam Wadah Tertutup

Selain untuk menyimpan jenis seafood, wadah yang digunakan juga harus menggunakan rapat tertutup. Menggunakan wadah dengan tutup yang rapat membantu mencegah bau amis menyebar di lemari es. Selain itu, wadah tertutup juga membantu mencegah air masuk ke kulkas seafood.

Simpan Secara Terpisah Di Dalam Freezer

Jika makanan laut disimpan di dalam freezer, Anda harus memisahkan penyimpanannya. Jangan mencampur sebuah penyimpanan ikan atau seafood dengan penyimpanan makanan lain seperti es krim, keripik, dan sebagainya. Jangan mencampur makanan beku, makanan mentah dan makanan beku di dalam freezer untuk menghindari kontaminasi.

Simpan Di Kulkas atau Freezer?

Perhatikan jenis seafood yang Anda beli. Jika Anda membeli seafood segar atau membelinya dalam keadaan dingin (bukan beku), maka Anda bisa menyimpannya di lemari es atau freezer. Umur simpan laut yang disimpan di lemari es bisa mencapai 1-2 hari. Jika ingin menyimpan seafood dalam waktu lama, sebaiknya seafood disimpan pada suhu beku. Masa pakai seafood beku bisa mencapai 3-6 bulan atau sesuai dengan tanggal kadaluarsa yang diberikan oleh produsen.

Jika membeli maka produk seafood beku sebaiknya disimpan di dalam freezer. Tidak disarankan untuk menyimpan makanan laut beku di lemari es atau pada suhu kamar. Mengapa? Kontak dengan suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan suhu makanan laut beku meningkat sehingga es akan mencair. 

Baca Juga: Jenis Seafood dengan Kandungan Merkuri

Kondisi ini menyebabkan mikroba yang tidak dapat tumbuh menjadi aktif kembali dan bekerja sangat cepat sehingga merusak kualitas produk dan/atau meningkatkan risiko keamanan produk. Jika makanan laut beku harus berada di luar (suhu kamar), cobalah untuk menanamnya setelah 4 jam berada di luar.

Perhatikan juga suhu lemari es atau freezer. Suhu ideal untuk penyimpanan dingin tidak lebih dari 5 derajat Celcius, sedangkan suhu ideal untuk penyimpanan beku adalah sekitar-18 derajat Celcius. Meskipun kualitas makanan laut yang disimpan dapat bertahan seperti yang diharapkan, pastikan suhu ini dapat dicapai.

Itu tadi informasi singkat tentang cara menyimpan seafood agar awet. Agar mendapatkan produk seafood yang segar, penting juga untuk membeli di tempat yang tepat. TaniHub bisa menjadi tempat belanja kebutuhan seafood yang segar dan berkualitas. Banyak metode pembayarannya dan promo disetiap minggunya. Keuntungan yang lainnya adalah juga memiliki layanan hubungan pelanggan selama tujuh hari. Bebas ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali. Cek ketersediaan produk seafood disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
63 + = 64