Mengenal Beberapa Jenis Ayam dan Cara Penyimpanan Daging Ayam yang Benar

Daging ayam bisa dibilang menu yang yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Berbagai menu olahan pun banyak sekali dijajakan di warung-warung makan. Dari mulai digoreng, bakar, sate, opor, dll. Belum lagi ketika hari raya Idhul Fitri tiba maka menu opor ayam sekan wajib ada dalam setiap rumah.

Namun tahukah Anda ternyata jenis ayam yang ada didunia ini sangat banyak sekali, ada yang dimanfaatkan karena dagingnya, telurnya, suaranya, corak warna bulunya, bahkan sampai ada yang memanfaatkannya karena kehebatan bertarungnya. Nah dibawah ini mari kita mengenal lebih dalam lagi bermacam-macam jenis ayam yang ada didunia ini.

Jenis Ayam

Mengenal Beberapa Jenis Ayam dan Cara Penyimpanan Daging Ayam yang Benar

Ayam adalah jenis unggas yang sering dikonsumsi masyarakat berbagai kalangan, maka dari itu ayam memiliki fungsinya sesuai dengan jenis ayam, yaitu:

1.Berdasarkan fungsinya

  • Ayam pedaging, sesuai namanya maka ayam yang satu ini pun yang dimanfaatkan adalah dagingnya.
  • Ayam petelur (layer) untuk diambil telurnya
  • Ayam timang, untuk lepas di kebun atau dipelihara karena cantik penampilannya dan suaranya.
  • Ayam sambung untuk dijadikan ayam sambung.

2.Berdasarkan ras

Di Indonesia istilah ayam ras ayam yang khusus tidak di kembangkan untuk usaha komersial masal, ayam ras lokal mulai dikembangkan sebagai ayam sambung, ayam timangan, atau untuk acara ritual. Berikut adalah ras lokal ayam yang telah dikembangkan untuk sifat atau penampilan tertentu:

  • Ayam peluang, ayam yang satu ini memiliki suara atau kokokan yang panjang namun juga dengan suara yang unik. Berasal dari daerah Priangan ayam yang satu ini masuk kategori ayam hias.
  • Ayam kedu, ayam ini masuk dalam kategori ayam cemani. Tentu saja baik warna bulu dan kulitnya pun semuanya berwarna hitam.
  • Ayam nunukan, ras lokal yang berasal dari daerah Kaltim, dengan bentuk badan tegap dan ukuran besar.

Terdapat istilah untuk menyebut penampilan fenotipe khas tertentu. Namun sifat itu tidak selalu miliki ras tertentu, seperti: 

  • Ayam walik (frizzle), ayam dengan bulu yang tidak menutupi badan tetapi ayam ini memiliki tubuh yang tegak berdiri
  • Ayam bali, ayam yang mempunyai leher yang tidak berbulu dan jambul kepalanya, sekarang mulai dikembangbiakkan.
  • Ayam ketawa, ayam jantan yang suara kokok terputus-putus seperti orang ketawa, pertama kali ditemukan di sulawesi selatan, tetapi sekarang sudah ada di berbagai tempat.

Ayam juga termasuk bahan makanan yang sering dikonsumsi warga di Indonesia. Sehingga kita juga harus pintar untuk menyimpan ayam dengan benar. Pasalnya ayam merupakan bahan makanan daging mentah ya mudah rusak. Daging ayam yang akan Anda masukkan kedalam kulkas memang sebaiknya terpisah dari yang lain terlebih lagi makanan matang.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Cara Penyimpanan Ayam Di Kulkas

Mengenal Beberapa Jenis Ayam dan Cara Penyimpanan Daging Ayam yang Benar

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

1.Simpan di kulkas pada suhu dibawah 5 derajat Celcius

Sebaiknya ayam yang belum dimasak atau yang masih mentah masukan kedalam kulkas supaya ayam bisa tahan lama. Jika ayam di taruh di kulkas lebih dari waktu tersebut ayam akan mulai membusuk. Ayam yang membusuk akan berwarna abu-abu kehijauan menunjukan adanya pertumbuhan bakteri.

2.Masukkan kedalam freezer

Ayam dapat dibekukan dalam freezer dengan suhu di bawah 2o derajat celcius . Ayam yang sudah dimasukkan sebaiknya langsung dimasukkan kedalam freezer supaya ayam tidak terkena bakteri yang bisa merusak kandungan gizi pada ayam, dan ayam yang sudah dimasak dapat disimpan selama kurang lebih 2 sampai 6 bulan. Mencairkan ayam dengan cari di air mengalir dan tidak boleh didiamkan begitu saja.

3.Tidak mencuci dengan ayam

Sebaiknya daging ayam dicuci sebelum dimasak. Mencuci ayam mentah akan memercikkan sari daging mentah dan bakteri ke peralatan sekitar tempat cucian. Sebaiknya ayam dibersihkan dulu dari kotoran- yang menempel pada daging ayam, kemudian ayam diungkep atau direbus.

Jadi mulai dari sekarang tidak perlu bingung untuk berbelanja ayam yang segar, karena sudah ada tempat belanja online yang sangat membantu kita yaitu TaniHub. Daging ayam berkualitas bisa Anda beli disini, cukup instal aplikasinya dan berbelanja kebutuhan dapur kini kian mudah.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 1 = 6