Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Udang mudah sekali ditemukan sebagai menu yang ditawarkan di warung hingga restoran. Hal tersebut tidak lepas karena bahan ini merupakan jenis makanan laut yang mempunyai banyak penggemar. Udang memang mempunyai rasa yang tidak usah diragukan rasanya. Bagi penikmatnya, bisa mengonsumsi udang secara rutin yang bisa dibuat berbagai makanan yang lezat. Selain itu berkat kandungan yang dipunyainya juga membuat bahan ini tidak hanya menjadi makanan dengan rasa yang enak dikonsumsi tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan.

Manfaat Bahan Udang Untuk Kesehatan

Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat
  • Udang memberikan manfaat untuk membantu pembentukan sel darah dan jaringan di dalam tubuh. Kandungan protein di dalam udang dapat membantu tubuh untuk memproduksi enzim, hormon, dan jaringan baru di tubuh.
  • Udang juga bermanfaat untuk membantu produksi hormon tiroid berkat kandungan kadar yodium di dalamnya yang tinggi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah mengalami penyakit gondok hingga kemandulan.
  • Udang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi berkat kandungan kalsium di dalamnya.]
  • Udang bermanfaat juga menjaga kesehatan jantung karena merupakan makanan laut yang kaya akan omega 3 dan omega 6.

Baca Artikel Lainnya: Resep Mudah Memasak Udang Vaname yang Lezat

Resiko Mengonsumsi Udang yang Tidak Tepat

Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Akan tetapi selain memberikan manfaat untuk kesehatan, udang juga mempunyai resiko kesehatan yang dapat dirasakan apabila tidak dikonsumsi dengan tepat. Oleh karena itulah pastikan untuk mengonsumsinya dengan mengolah dengan tepat dan juga tidak terlalu banyak. Beberapa resiko mengonsumsi udang yang bisa dirasakan adalah:

  • Udang dapat membuat alergi karena banyak orang yang alergi dengan bahan ini. Apabila mengalami alergi karena udang bisa menyebabkan mual, muntah, gatal, pusing, dan juga bahkan pembengkakan di bagian wajah dan mulut.
  • Udang dapat menimbulkan tersedak apabila kulit dan ekor tidak dibersihkan dengan tepat. Hal ini dapat untuk menyumbat saluran pernafasan sehingga pastikan membersihkan udang dengan tepat.
  • Udang juga mempunyai resiko dapat menimbulkan keracunan makanan dari pengolahan udang yang tidak tepat.
  • Udang dapat menyebabkan kolesterol tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Cara Mengolah Udang Dengan Tepat

Cara Sehat Mengolah Udang dengan Tepat

Agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan mencegah resiko udang yang dapat mengganggu kesehatan, beberapa cara yang dapat dilakukan ketika akan mengolah udang adalah dengan:

1.Membersihkan udang

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan udang dengan tepat. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa apabila membersihkan udang tidak bersih dapat menyebabkan tersedak hingga keracunan. Oleh karena itulah pastikan untuk membersihkan udang dengan benar-benar bersih. Udang perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak maupun disimpan dalam freezer. Selain itu buang kepala dan kulitnya sehingga lebih bersih dan tidak melukai ketika dimakan. Jangan lupa bersihkan juga kotoran di dalamnya sehingga tidak menimbulkan keracunan.

2.Beri perasan jeruk nipis

Langkah selanjutnya untuk membersihkan udang adalah dengan memberikan perasan jeruk nipis. Sama seperti daging dan makanan laut lainnya, udang juga mempunyai bau yang amis. Oleh karena itulah untuk menyamarkan bau tersebut bisa dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Bau amis ini juga tentunya akan membuat udang mempunyai aroma yang tidak enak karena akan masih amis walaupun sudah matang.

3.Masak jangan terlalu lama

Cara mengolah udang yang terakhir adalah dengan memasaknya tidak terlalu lama. Setelah membersihkan udang dengan tepat, maka siap untuk diolah menjadi masakan yang diinginkan. Akan tetapi ketika memasak tersebut hal yang harus diperhatikan adalah dari waktu memasaknya. Jangan memasak udang terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya dan juga membuat daging udang justru alot. Oleh karena itulah cukup memasaknya 2 hingga 4 menit saja menggunakan api kecil hingga udang matang agar tetap mendapatkan nutrisi di dalam udang.

Baca Artikel Lainnya: Trik Jitu Mengambil Peluang Usaha Budidaya Udang Vaname

Bahan udang ini sendiri bisa diolah menjadi banyak sekali makanan enak untuk dikonsumsi. Mulai dari menjadi udang saus pedas, udang bakar, udang asam manis, gimbal udang, udang saus mentega, dan masih banyak lainnya. Tetapi untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari udang ini pastikan untuk membeli udang yang masih segar di TaniHub yang menjamin kesegaran udang, makanan laut, dan bahan masakan lainnya. Setelahnya bersihkan dan olah udang dengan tepat seperti cara yang dijelaskan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
88 + = 98