Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Mungkin hampir sebagian besar masyarakat Indonesia terlebih mereka yang tinggal di kawasan sekitar pantai akan punya hobi konsumsi seafood. Namun bukan berarti mereka yang jauh dari pesisir tidak suka seafood. Seafood adalah salah satu makanan hasil laut yang jika sudah dimasak maka akan menghasilkan makanan dan olahan makanan yang sangat lezat dengan ciri khasnya tersendiri. Rasanya juga akan berbeda dengan beberapa olahan makanan yang menggunakan bahan dasar daging merah atau daging ayam. Dengan catatan supaya rasa masakan tetap enak maka harus memperhatikan kualitas segar. 

Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Seafood adalah bahan makanan yang berasal dari laut dan Anda akan sangat dengan mudah sekali mendapatkannya di pasar tradisional atau swalayan sekalipun. Namun terkadang untuk beberapa jenis seafood tersebut baik yang dijual di pasar tradisional atau di swalayan belum menjadi jaminan bahwa seafood tersebut masih sangat segar dan akan menjadi makanan yang berkualitas serta aman untuk dikonsumsi. Untuk mereka yang belum tahu dan belum paham bagaimana cara membedakan mana seafood yang masih segar dan sudah tidak segar juga akan bingung nantinya. 

Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Biasanya di pasar akan ada banyak penjual yang menjajakan seafood dengan berbagai macam jenis. Dari sini sudah menjadi tantangan Anda tersendiri kira-kira mana seafood yang sangat berkualitas dan yang akan menjadi pilihan Anda. karena banyaknya penjual inilah jika sebelumnya Anda tidak punya pengetahuan tentang mana ciri seafood yang masih segar jelas akan bingung dan jika bertanya pada penjual tentang seafood mana yang segar jika penjualnya tidak jujur maka Anda juga yang akan rugi. Untuk itu, berikut ini adalah ciri-ciri seafood yang masih segar: 

  • Warna kulitnya terang dan bisa dikatakan sangat cerah. 
  • Dagingnya khususnya ikan bila ditekan akan terasa keras. 
  • Mata pada seafood akan terlihat bening dan jernih serta menonjol. 
  • Bagian tubuh masih utuh mulai dari kepala sampai ekor dan kakinya pada udang. 
  • Untuk kerang biasanya warna belum berubah dari aslinya dan cangkangnya terbuka sebagai tanda bahwa kerang masih hidup. 
  • Sedangkan untuk cumi biasanya jika cumi masih segar cirinya kokoh saat ditekan dan kepalanya juga menempel erat, sedangkan kepiting atau rajungan yang masih segar harus masih hidup dan diikat. 

Baca Juga : Cara Menyimpan Seafood Agar Awet

Cara Mengolah Seafood Supaya yang Tepat 

Anda pasti sudah sering mendengar berita orang sehabis makan seafood ada yang keracunan dan sampai dilarikan ke rumah sakit. Dan yang paling buruk adalah biasanya juga ada yang kehilangan nyawa setelah konsumsi seafood. Padahal seafood adalah makanan yang sangat lezat dan enak serta banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Untuk itu, berikut ini cara dan tips mengolah seafood yang tepat dan benar: 

  • Pilih seafood yang masih segar. 
  • Bersihkan seafood dengan baik dan benar. 
  • Pilih metode pengolahan yang tepat, yakni rebus, kukus, atau panggang. 
  • Imbangi dengan konsumsi makanan lain yang sehat, misalnya sayur dan buah. 
  • Hindari tambahan makanan tinggi lemak. 

Kunci mendapatkan masakan yang enak dan lezat serta aman dari olahan seafood adalah dengan memilih seafood yang masih segar dan berkualitas. Tetapi disisi lain cara masak juga harus diperhatikan dengan baik supaya tidak ada kesalahan dalam membersihkan seafood yang mana juga nanti akan berpengaruh besar pada rasa makanan dan tingkat higienis makanan jika dalam membersihkan seafood tidak benar. 

Baca Juga: Jenis Seafood dengan Kandungan Merkuri

Untuk itu, di tengah masa PPKM Darurat yang kembali diterapkan di Indonesia, jika Anda ingin belanja untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari telur, ikan, daging, seafood dan sembako atau bumbu masak serta buah dan sayuran, TaniHub adalah yang paling tepat bagi Anda. Platform e-commerce ini juga memberikan kemudahan pada masyarakat Indonesia untuk belanja dari rumah selama masa PPKM seperti sekarang. Belanja bisa kapan saja dan dalam sehari pesanan sudah sampai di rumah. Ada banyak penawaran promo jadi harga bisa tetap aman dan terjangkau. Masalah kualitas barang tentu terjamin karena diambil langsung dari petani Indonesia dan proses pembayaran yang sangat mudah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
42 − = 38