Enak Serta Ekonomis, Ini Cara Membuat Popcorn Sendiri di Rumah

Popcorn identik sebagai cemilan yang wajib ada ketika Anda tengah menonton film. Bahkan jika melihat di bioskop-bioskop sendiri memang banyak yang menjualnya, sebagai pelengkap untuk menemani Anda ketika sedang nonton film tersebut bukan. Hidangan yang satu ini memang nikmat, apalagi sekarang ada beragam jenis varian rasa atau menu kreasi yang bisa disesuaikan dengan selera, misalnya adalah popcorn dengan rasa coklat, caramel, keju maupun yang lainnya.

Apa Itu Popcorn?

Enak Serta Ekonomis, Ini Cara Membuat Popcorn Sendiri di Rumah

Sebelumnya sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu popcorn? Makanan yang satu ini dikenal juga dengan nama berondong jagung. Popcorn termasuk makanan ringan yang dibuat dari bahan jagung yang nantinya akan dipanaskan hingga mengembang. Hanya saja memang tidak semua jenis jagung, ada beberapa jagung khusus yang dipakai untuk membuat popcorn ini. Dimana selain nikmat sebenarnya ia juga mengandung banyak nutrisi yang berasal dari bahan bakunya itu sendiri, sebut saja diantaranya adalah vitamin B kompleks, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi.

Baca Artikel Lainnya: Ternyata Popcorn Memiliki Banyak Manfaat Lho

Cara Membuat Pop Corn di Rumah

Enak Serta Ekonomis, Ini Cara Membuat Popcorn Sendiri di Rumah

Tak perlu membelinya dengan harga yang mahal, jika seandainya Anda bisa membuat sendiri cemilan tersebut di rumah secara mudah, bahkan untuk varian yang dapat dibuat sendiri juga sangat beragam, diantaranya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan dan memang banyak yang menyukainya adalah popcorn caramel manis. Berikut ini resep mudah dalam pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir biji jagung untuk popcorn, bisa dibeli di pasaran.
  • ½ cangkir minyak sayur.
  • 1 cangkir gula pasir.
  • 120 gram butter, pilihlah unsalted butter atau mentega tawar.
  • ¼ sdt garam.

Cara membuat:

  1. Sebaiknya gunakan panci yang anti lengket untuk memasaknya, caranya mudah cukup panaskan minyak sayur dan masukkan butter ke dalamnya agar leleh, butter disini berfungsi untuk membuat cita rasanya jadi makin gurih.
  2. Masukkan jagung popcorn tersebut ketika dirasa sudah panas dan segera tutup panci tersebut.
  3. Sambil di goyang-goyang sehingga nantinya setiap bagian bisa matang merata tidak gosong.
  4. Tunggu sampai letupan dari jagung tersebut berhenti semuanya, karena artinya semua jagung sudah mekar menjadi berondong.
  5. Matikan api dan sisihkan popcorn.
  6. Sedangkan untuk membuat saus caramelnya sendiri yaitu dengan memanaskan teflon, masukkan mentega serta gula pasir dan garam ke dalamnya, terus masak sambil diaduk sehingga tidak ada bagian yang gosong.
  7. Jika sudah mendidih dan gula juga menjadi karamel bisa langsung diangkat serta campurkan kedalam popcorn yang sudah Anda buat tersebut, aduk-aduk sampai rata.
  8. Bisa langsung dinikmati.

Manfaat Popcorn Untuk Kesehatan

Jarang yang tahu ternyata menu makanan yang satu ini punya begitu banyak manfaat untuk kesehatan, berikut ini diantaranya yang wajib Anda ketahui, yaitu

  1. Bantu turunkan berat badan, popcorn ini termasuk makanan yang kaya akan kandungan serat. Dimana serat tersebut memang memberikan sensasi atau efek untuk kenyang lebih lama, sehingga membuat Anda juga tidak akan banyak ngemil yang lainnya, bagus untuk program diet.
  2. Menjaga kesehatan jantung, patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya menu makanan yang satu ini juga kaya akan kandungan polifenol, dimana memang senyawa tersebut berguna untuk menurunkan resiko terhadap penyakit jantung karena melindungi sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas.
  3. Cegah beberapa jenis kanker, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa memang polifenol yang terkandung bahan makanan yang satu ini adalah senyawa antioksidan yang mampu untuk menangkal radikal bebas, termasuk mencegah perkembangan dari sel-sel kanker. Dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara serta kanker prostat.

Baca Artikel Lainnya: 5 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Jagung untuk popcorn ini bisa dengan mudah Anda beli di pasaran, diantaranya adalah secara online lewat TaniHub. Platform ecommerce berbasis aplikasi yang secara khusus menjual produk-produk hasil pertanian yang ada di Indonesia. Karena memang ia termasuk sebagai produk yang berasal dari petani lokal, artinya dengan berbelanja disini sama seperti berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian lokal juga. Tak perlu khawatir karena memang untuk kualitas serta kesegaran dari produk tersebut juga terjaga dengan baik, hingga sampai ke tangan konsumen.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
17 + = 21