Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan

Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan

Inilah Beberapa Manfaat Pisang Raja

Di masa pandemi virus corona saat ini, menjaga kesehatan paru-paru sangatlah penting, karena virus ini menyerang sistem pernapasan dari tenggorokan hingga menginfeksi paru-paru. Olahraga teratur, tidak merokok dan menjauhi lingkungan beracun mulai sekarang adalah salah satu cara untuk menjaga paru-paru kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

Olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh manusia agar bisa menangkal virus. Selain cara tersebut, penguatan sistem paru-paru dapat dilakukan dengan minum teh obat yang terbuat dari Pisang raja, adas dan lemon balm. 

Berikut cara menyeduh teh yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Teh dengan campuran bahan-bahan di atas merupakan obat yang enak untuk disantap. Terlebih lagi, jika Anda mantan perokok aktif, mengonsumsi teh jenis ini dapat membersihkan paru-paru dan mengobati infeksi seperti meredakan batuk.

Seperti diketahui bahwa Pisang Raja merupakan tanaman yang dapat membantu mengeluarkan lendir atau dahak yang menyumbat saluran pernafasan manusia. Seringkali, ketika manusia memiliki masalah paru-paru maka ia juga mengalami kelelahan yang luar biasa dan tekanan yang tidak nyaman di seluruh sistem pernapasannya.

Bahan-Bahan:

  • 1 sendok makan lemon balm, pisang raja dan adas
  • 1 gelas air (200 milliliter)
  • 2 sendok makan madu

Baca Juga: Sederet Manfaat Akar, Pohon, Sampai Buah Pisang Raja Bagi Kesehatan

Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan

Inilah Beberapa Manfaat Pisang Raja

Ternyata ini bukan sekedar lauk, tapi ada makna yang dalam dari buahnya. Saat ini, perkotaan mungkin sudah mulai jarang menemukan sesajen berupa pisang raja. Namun, di desa-desa, mereka masih memegang teguh adat Jawa. 

Fungsi Pisang Raja untuk Aplikasi 

Acara ini dimaksudkan untuk mempertemukan kedua keluarga, baik mempelai pria maupun mempelai wanita. Dalam prosesi lamaran, telah terjadi ikatan sementara antara calon suami istri, namun belum sah secara hukum dan agama.

Saat prosesi lamaran, pihak keluarga mempelai pria akan membawa sesajen, salah satunya segenggam pisang raja atau dua sisir pisang raja. Apa fungsi dan tujuan membawa pisang raja ke dalam proposal? Menurut filosofi Jawa, pisang raja adalah simbol kesuburan. 

Diharapkan calon pengantin yang akan menikah segera dikaruniai keturunan. Selain itu, biasanya pisang raja disertai dengan buah dan kapur sirih. Makna sesaji buah jambe dan kapur sirih merupakan simbol bahwa pernikahan ini akan langgeng atau langgeng sampai kakek dan nenek.

Fungsi Pisang untuk Pernikahan

Jika lamaran sudah dilakukan, biasanya hari dan tanggal pernikahan sudah ditentukan. Saat hari pernikahan ini di Jawa, penyelenggara hajatan harus menyediakan sepasang pisang raja suluhan. Mungkin sebagian dari anda belum familiar dengan istilah extension. 

Jadi, yang dimaksud dengan suluhan adalah pisang yang buahnya matang sebagian atau matang alami. Beberapa orang menyebutnya hiasan pisang tuwuhan. Sebagian besar pisang suluhan pisang diletakkan di depan pintu masuk rumah tempat akad nikah dilangsungkan. Pisang raja dipasang di tiang kanan dan kiri. 

Fungsi atau tujuan memilih pisang raja adalah agar kedua mempelai benar-benar dewasa, bukan anak-anak lagi. Sehingga jika ada masalah bisa diselesaikan dengan damai. Pisang ini memiliki ukuran yang sangat besar dan termasuk dalam varietas pisang unggul. Bahkan, pemilik hajatan biasanya rela merogoh kocek banyak untuk mendapatkan pisang tersebut.

Pengantin diharapkan membangun rumah tangga yang langgeng, sekali seumur hidup. Selain itu, diharapkan suami istri kelak menjadi raja dan ratu dalam rumah tangga dan mampu memimpin serta menjadi panutan bagi anak cucunya.

Baca Juga : Makanan Berbahan Dasar Buah Pisang

Kandungan Gizi pisang raja

Nama makanan: Buah pisang, Banyaknya pisang raja yang dipelajari = 100 gr, Bagian buah pisang raja yang bisa dikonsumsi = 70 persen, Energi = 120 kkal, Protein = 1,2 g, Lemak Buah Pisang Raja = 0,2 gr, Karbohidrat = 31,8 g, Kalsium = 10 mg, Fosfor = 22 mg, Besi = 1 mg,Vitamin A = 950 IU, Vitamin B1 = 0,06 mg, Vitamin C = 10 mg.

Manfaat Makan Pisang: Meningkatkan kekebalan, Meningkatkan energi tubuh, Memperkuat tulang, Mengurangi gangguan penglihatan, Menurunkan hipertensi, Mengurangi batu ginjal, Menyembuhkan penyakit maag. 

Makanan bayi bergizi, Masker kesehatan kulit wajah alami, Menyembuhkan kutil, Meningkatkan suasana hati yang negative. Mengatasi anemia, Menyembuhkan asma atau gangguan pernafasan, Menghilangkan jerawat, Mengatasi disfungsi ereksi, Menutrisi rambut.

Fitur Pisang Raja

Buah pisang raja memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang harum. Pisang ini memiliki sedikit getah dan tekstur yang lembut saat dimakan. Pisang raja memiliki batang lunak dan berwarna hijau. Kulit pisang juga lebih tebal. 

Pisang raja yang belum matang akan berwarna hijau, jika sudah matang akan berwarna kuning. Jika ingin mendapatkan pisang raja yang bagus, maka pilihlah yang kuning. Jangan membeli pisang raja dengan cacat kulit. 

Namun, jika kulit pisang berwarna coklat, berarti pisang tersebut sudah matang dan siap untuk disantap. Simpan pisang raja pada suhu kamar. Jika Anda menyimpan pisang ini di lemari es, warnanya akan cepat berubah menjadi hitam dan nutrisinya akan hilang.

Diatas tersebut adalah berberapa fungsi pisang raja untuk lamaran dan pernikahan. Jadi kamu yang ingin membeli pisang raja yang bagus dan matang sempurna di dalamnya dan tidak busuk, maka kamu bisa dapatkan di TaniHub. Salah satu platform e-commerce yang bisa kamu manfaatkan pelayanannya untuk mencukupi kebutuhan Anda di masa pandemi. Karena pemesanan barang apapun bentuknya mulai dari buah, sayur, ikan dan daging serta sembako dilakukan secara online dan pembayaran mudah. Ditambah banyak metode pembayaran yang bermacam yaitu seperti Gopay, Bank transfer dan lain-lain. Hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
1 + 7 =