Ingin Diet Konsumsi Pisang Menjadi Solusinya

Satu apel menjauhkan dokter dari Anda, seperti kata pepatah. Namun, tahukah Anda bahwa bukan hanya apel yang menjauhkan dokter dari Anda. Ada buah lain yang juga menjauhkan dokter dari Anda, yaitu pisang.

Pisang rata-rata memiliki berat 116 gram. Kandungan yang terdapat dalam 100 gram pisang antara lain 0% lemak, 0% kolesterol, 14% vitamin C, 20% vitamin B6, 6% magnesium, 258 mg kalium dan 2,6 gram serat. 

Oleh karena itu, pisang merupakan salah satu buah yang bisa masuk dalam daftar diet. Tidak sulit untuk menemukan pisang karena buah ini tersedia setiap saat dan dapat dikonsumsi dengan cara apapun. Berikut 5 manfaat pisang untuk kesehatan:

Mengurangi Gejala Asma

Ingin Diet Konsumsi Pisang Menjadi Solusinya

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Pisang Dan Bolehkah Untuk Penderita Diabetes

Makan satu pisang sehari dapat mengurangi gejala asma. Pisang kaya akan serat dan potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melawan kanker. Kandungan ini mencegah tubuh membentuk radikal bebas dan menjaga tubuh dari gejala asma.

Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Ingin Diet Konsumsi Pisang Ini Menjadi Solusinya

Pisang kaya akan kandungan potasium, yang selain bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, juga penting untuk kesehatan fungsi ginjal. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang rendah kalori dan tidak mengandung lemak, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Pisang mentah mengandung pati resisten, yang merupakan karbohidrat yang dapat dicerna yang bertindak seperti serat dalam tubuh. Inilah yang membantu Anda menurunkan berat badan. 

Baik Untuk Kulit

Pisang juga mengandung vitamin C yang dapat mengurangi noda, flek hitam, atau bekas jerawat.

Ingin Diet Konsumsi Pisang Menjadi Solusinya

Baca Artikel Lainnya: Turunkan Resiko Cacat Lahir Pada Bayi dengan Konsumsi Pisang

Baik Untuk Wanita Hamil

Ingin Diet Konsumsi Pisang Menjadi Solusinya

Kandungan vitamin B6 pada pisang menjadikan buah ini baik untuk ibu hamil. Vitamin B6 bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah merah, menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal, dan meningkatkan metabolisme. 

Manfaat buah ini baik untuk semua orang, termasuk ibu hamil karena membantu perkembangan janin. Karena kandungan di dalamnya juga bervariasi. Semua ini tentunya sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia. 

Nah, beberapa negara Asia menggunakan jantung pisang ini sebagai sayuran. Karena itulah penyajiannya sering dicampur dengan kari, sup, dan gorengan. Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan. Berikut berbagai manfaat jantung pisang untuk kesehatan yang paling istimewa:

Baca Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Akar, Pohon, Sampai Buah Pisang Raja Bagi Kesehatan

Berkontribusi pada Proses Penyembuhan Infeksi

Kandungan etanol yang terkandung dalam jantung pisang diakui dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang disebut patogen. 

Mencegah Gangguan Saraf dan Penyakit Jantung dan Mengurangi Kecemasan

Ingin Diet Konsumsi Pisang Menjadi Solusinya

Karena itu bisa membuat mood kita membaik menjadi lebih baik. Dalam fungsi jantung pisang ini mengandung asam, tanin, antioksidan, dan flavonoid yang tentunya dapat membantu kita dalam menghilangkan kerusakan oksidatif dan menangkal radikal bebas. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari risiko penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Dapat Meningkatkan Suplai ASI untuk Ibu Menyusui

Sehingga selain sangat baik untuk ibu menyusui, jantung pisang ini juga akan mampu menjaga kondisi rahim agar selalu sehat, mengurangi pendarahan yang berlebihan, dan membatasi sembelit juga saat hamil.

Mengatasi Anemia dan Diabetes

Ingin Diet Konsumsi Pisang Menjadi Solusinya

Manfaat jantung pisang selanjutnya bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Kenapa begitu? Karena jantung pisang diakui memiliki kemampuan khusus untuk meningkatkan hemoglobin dan menurunkan kadar gula darah. 

Pengaruh terhadap Kesehatan Pencernaan

Serat tak larut dan serat larut yang ada di jantung pisang, memang bermanfaat bagi pencernaan manusia. Mengapa? Sebab, adanya serat larut dapat mempermudah makanan melewati saluran pencernaan, karena juga larut dalam air dan membentuk gel. Sedangkan serat tidak larut akan membantu makanan yang tidak tercerna dengan baik karena tidak dapat larut dalam air.

Mengurangi Pendarahan Saat Haid

Haid atau haid akan dilalui oleh seorang wanita sesuai dengan jadwalnya, namun adanya pendarahan tentunya membuat dirinya tidak nyaman. Jadi usahakan untuk mengkonsumsi jantung pisang secara rutin, selain itu bagi anda yang memiliki masalah bronkitis dan maag, anda juga bisa mencobanya.

Taukah anda pisang itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita? Jika anda sedang mencari buah pisang yang berkualitas dan selalu segar, Tanihub adalah pilihan yang sangat bagus karena semua bahan masakan termasuk sayuran dan buah-buahan, daging serta bumbu masak dan sembako terjamin kualitasnya karena diambil langsung dari petani yang ada di Indonesia. Download aplikasinya disini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 3 = 1