Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Buah naga memiliki warna merah, rasanya sedikit manis yang membuat banyak orang menyukai buah naga. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit yang menyurapai sisik naga, yang merupakan hewan mitos legendaris asal China. Meski tampak unik, buah ini sering dianggap menjadi makanan tropis karena segar, banyak kandungan, manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kandungan gizi dari buah naga

Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Buah naga termasuk buah yang bisa kamu makan dengan berbagai cara. Mulai dari memakanya secara langsung, jus dan agar-agar. Selain bisa kamu olah menjadi berbagai macam makanan, buah naga juga memiliki kandungan gizi yang baik dalam tubuh.

Memiliki banyak vitamin, mineral dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh kamu. Untuk kandungan vitaminya, buah ini banyak mengandung vitamin C, vitamin B3 (niasin), vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B2 (riboflavin). Kekayaan mineral dalam buah ini termasuk magnesium, kalsiium, fosfor, besi dan natrium. Dan akhirnya, mengandung fitonutrien karoten serta antioksidan yang kuat.

Baca Artikel Lainnya: Kandungan Nutrisi Buah Naga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5 Manfaat buah naga untuk kesehatan

Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

1.Mendukung sistem kekebalan tubuh

Buah naga merupakan sumber vitamin C dan karotenoid. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan volume pada sistem kekebalan kamu. Buah naga juga menawarkan betacyanin dan betaxanthins. Pigmen tersebut membantu memerangi radikal bebas dan melindungi sel darah putih kamu dari infeksi.

2. Bagus untuk kesehatan jantung

Dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolestrol baik. Ini dikarenakan mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang bisa menyehatkan jantung. Tidak hanya itu, juga mempunyai kandungan likopen, betalain serta serat yang ada di dalam buah naga.

3.Merangsang pertumbuhan rambut

Mengonsumsi buah naga juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat ini bisa diperoleh karena zat besi yang ada dalam buah naga sehingga bisa juga secara bersamaan mendukung kesehatan kulit dan kuku. Menggunakan buah naga sebegai masker rambut juga dapat membantu kamu juga melawan rambut yang rontok.

4.Menambahkan asam lemak

Buah naga adalah sumber asam lemak yang layak seperti asam lemak omega-3. Dapat menunjukan asam ini dapat mengurangi resiko seperti penyakit jantung, kondisi inflamasi, degenerasi makula terkait usia, menyembukan jenis kanker terntentu seperti kanker payudara dan kolorektal. Asam lemak omega-3 dalam buah ini bisa bermanfaat bagi kesehatan mental kamu.

5.Menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B dan kalsium yang terdapat pada buah naga. Sumber zat besi dalam buah naga dapat membantu sel darah merah sehingga mengantarkan oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium sehingga memperkuat gigi dan tulang. Selain itu, serat dalam buah ini bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Baca Artikel Lainnya: Cara Diet Menggunakan Buah Naga yang Tepat

Cara mempersiapkan buah naga

Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Kamu hanya boleh memakan daging (bagian dalam) buah naga, bukan kulitnya. Untuk mengupas, cukup potong menjadi empat bagian dan kupas kulitnya kembali. Kamu juga dapat membuang kulit dari buah utuh dengan pisau mengupas atau memotong buah menjadi dua dan menyedok dagingnya dengan sendok.

Buah naga bisa diolah menjadi smoothies buah, puding buah naga, es buah naga merah, dadar gulung buah naga, klepon buah naga, nasi goreng buah naga dan lain-lain. Beberapa orang juga menggunakan buah naga sebagai hiasan untuk minuman musim panas.  Jika kamu sedang mencari ide sarapan baru dan unik, taruh buah naga diatas yogurt dan taburkan granola atau kamu bisa membuat pancake buah naga.

Dapatkan buah naga yang masih segar sebagai bahan makanan Anda di rumah hanya dari TaniHub. Belanja online adalah solusi paling praktis di era modern seperti sekarang ini. Apalagi e-commerce ini menyediakan produk kebutuhan dapur secara lengkap dengan harga yang terjangkau, sistem pemesanan mudah dengan pengiriman super cepat. Segera download aplikasi TaniHub melalui App Store dan Play Store! Bebas ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
89 − = 80