Selain Bisa Memberikan Aroma pada Masakan, Ini 6 Manfaat Kapulaga yang Harus Anda Ketahui!

Selain Bisa Memberikan Aroma pada Masakan, Ini 6 Manfaat Kapulaga yang Harus Anda Ketahui!

Selain Bisa Memberikan Aroma pada Masakan, Ini Manfaat Kapulaga yang Harus Anda Ketahui!

Jika melihat dari sejarah, kita pastinya tahu alasan kenapa Indonesia dijajah oleh negara asing begitu lama. Salah satu alasannya adalah karena Indonesia sangat kaya akan rempah-rempah. Hal ini lantaran Indonesia memiliki tanah yang subur dan cocok untuk menanam berbagai tanaman rempah-rempah. Mulai dari pala, cengkeh, hingga kapulaga. Berbicara mengenai kapulaga, tentu kurang begitu familiar bagi orang awam. Maka dari itu, kenali dulu apa itu kapulaga dan khasiat yang dimilikinya.

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan untuk menambah citarasa maupun aroma pada suatu masakan. Penggunaan kapulaga biasa dijumpai di Asia, terutama di negara India dan sekitarnya. Dengan menambahkan kapulaga pada olahan masakan akan semakin menguatkan rasa. Kapulaga berasal dari negara India dan memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis. 

Untuk ciri-ciri dari kapulaga Jawa, yaitu berbentuk bulat dan berwarna merah. Sedangkan untuk kapulaga India bentuknya lebih lonjong dan berwarna hijau. Di pasaran biasanya kapulaga dijual dalam bentuk biji-bijian utuh, bubuk, minyak esensial, hingga kapsul suplemen.

Kandungan Nutrisi pada Kapulaga

Selain Bisa Memberikan Aroma pada Masakan, Ini 6 Manfaat Kapulaga yang Harus Anda Ketahui!

Ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalam kapulaga, antara lain ada vitamin, mineral dan serta. Dalam satu sendok makan kapulaga, setidaknya terkandung berbagai nutrisi berikut ini:

  • Energi: 18 kalori
  • Karbohidrat: 4 gr
  • Lemak: 0,4 gr
  • Protein: 0,6 gr
  • Serat: 1,6 gr
  • Kalsium: 22,2 gr
  • Kalium: 64,9 mg
  • Zat besi: 0,81 mg
  • Fosfor: 10,3 mg
  • Magnesium: 13,3 mg

Baca Juga : Kapulaga, Obat Herbal Sekaligus Bumbu Masakan Bagi Masyarakat Indonesia

Manfaat Kesehatan dari Kapulaga

Selain Bisa Memberikan Aroma pada Masakan, Ini 6 Manfaat Kapulaga yang Harus Anda Ketahui!

Selain digunakan dalam bumbu masakan, kapulaga juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan dari kapulaga, antara lain:

  1. Menurunkan tekanan darah.

Kapulaga sangat kaya akan senyawa antioksidan. Sehingga dengan mengonsumsi kapulaga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kapulaga juga memiliki efek diuretik yang bekerja seperti obat penurun tekanan darah.

  1. Mencegah dari terkena penyakit kronis.

Antioksidan di dalam kapulaga juga berguna untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas. Selain itu senyawa antiinflamasi di dalamnya bisa mengurangi terjadinya peradangan. 

  1. Mengatasi masalah pencernaan.

Dari sebuah penelitian juga ditemukan fakta bahwa kapulaga juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti dispepsia, mual, muntah, hingga tukak lambung.

  1. Mengobati infeksi bakteri.

Dari sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan minyak atsiri dan ekstrak kapulaga memiliki kandungan senyawa yang bisa melawan beberapa bakteri, seperti Salmonella, E-coli, Staphylococcus, dan Campylobacter. 

  1. Mencegah bau mulut dan gigi berlubang.

Karena memiliki senyawa antibakteri di dalamnya, tidak heran jika dengan mengonsumsi kapulaga juga bisa membantu mencegah gigi berlubang dan menyegarkan nafas.

  1. Melawan sel kanker.

Mengonsumsi kapulaga juga bisa membantu mengaktifkan enzim dan sel imun yang berguna untuk melawan sel kanker. Namun untuk hal ini perlu penelitian lebih lanjut.

Baca Artikel Lainnya: Mengulas Kandungan dan Manfaat Kapulaga

Jika memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi Anda, tentunya bisa mencoba menggunakan kapulaga untuk racikan olahan masakan Anda. Terutama karena kapulaga biasanya banyak digunakan dalam pembuatan sup terutama ayam dan sup daging. Tidak hanya akan memberikan aroma harum pada masakan, namun khasiat kesehatan seperti yang sudah dijelaskan tadi juga bisa didapatkan. Memang mudah sekali untuk mendapatkan bumbu rempah atau bumbu masakan seperti kapulaga di pasaran. Namun akan lebih baik jika membeli produk yang segar dan berkualitas, serta bisa turut mendukung pertanian ataupun perekonomian lokal.

Nah, untuk hal yang demikian, maka Anda bisa berbelanja bumbu rempah seperti kapulaga dari TaniHub. Bagi yang belum tahu, TaniHub merupakan platform e-commerce berbasis aplikasi dan website yang menjual berbagai produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha kuliner maupun rumah tangga. Dengan berbelanja dari TaniHub, ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Produk yang selalu segar.
  • Memiliki layanan pengantaran yang cepat.
  • Bisa pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Ada layanan pelanggan selama 7 hari.
  • Banyak promo menarik tiap minggunya.
  • Mendukung penuh kepuasan pelanggan.
  • Bisa turut mendukung pertanian dan perekonomian lokal.

Segera kunjungi website resmi TaniHub atau install aplikasinya agar bisa berbelanja dengan berbagai kemudahan dan promo menarik di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
7 + 1 =