Ini Dia Tips Memilih Daging Ayam Potong yang Segar

Ini Dia Tips Memilih Daging Ayam Potong yang Segar

Ini Dia Tips Memilih Daging Ayam Potong yang Segar

Beberapa waktu lalu ada tren yang membuat banyak orang takut terutama pecinta daging ayam yaitu ayam tiren atau ayam mati kemarin. Pedagang yang tidak bertanggung jawab dan menginginkan keuntungan yang lebih memanfaatkan ayam yang sudah tidak segar untuk digunakan sebagai bahan masakan hingga dijual kepada konsumen. Sehingga hal tersebut tentu saja akan merugikan bagi konsumen yang tidak mengetahui mengenai fenomena tersebut. Sebagai konsumen pintar, sebaiknya Anda waspada ketika akan memilih daging ayam potong yang akan dikonsumsi. Sehingga bisa mendapatkan rasa lezat daging ayam dan juga manfaatnya untuk kesehatan apabila dikonsumsi.

Ciri Daging Ayam Potong yang Segar

Daging ayam yang umum dijual adalah ayam daging broiler atau ayam negeri. Ayam potong tersebut mempunyai ciri yang bisa dikenali dibandingkan daging ayam kampung. Seperti mempunyai tampilan daging lebih gemuk, bersih, dan juga mempunyai daging lebih banyak dan mudah empuk. Sehingga hal tersebut tidak heran apabila daging ayam negeri lebih disukai dan banyak dijual di pasaran.

Ketika akan memilih daging ayam potong, pastikan memilih daging yang segar dengan cara mudah berikut ini:

  1. Pertama pilih warna daging yang putih kemerahan dan cerah yang masih bagus. Hal tersebut menunjukkan daging ayam yang masih segar. Daging ayam yang sudah lama biasanya mempunyai warna kuning bahkan juga agak hijau.
  2. Kedua pilih daging ayam yang mempunyai tekstur masih kenyal apabila ditekan. Sehingga sebelum membeli ayam, tekan terlebih dagingnya dan pilih yang tidak ada tanda-tanda lembek.
  3. Selanjutnya pilih daging ayam potong yang mempunyai kulit masih terlihat segar dan tidak mengeluarkan cairan seperti lendir.
  4. Pilih ayam yang masih terlihat bagus dan mulus dengan tidak ada memar yang menunjukkan kondisinya sudah tidak segar.
  5. Daging yang mempunyai serat halus sehingga mudah dicerna dan lembut.
  6. Pilih daging yang tidak berlemak pada bagian serat dagingnya
  7. Pilih daging yang masih mempunyai aroma yang segar dan tidak menyengat. Selain itu pilih daging ayam potong yang tidak berbau amis dan tidak mengeluarkan bau busuk yang menandakan dagingnya sudah lama.

Baca Juga : Inilah Beragam Manfaat Daging Ayam untuk Bayi

Tips Aman Mengkonsumsi Daging Ayam

Selain dengan memperhatikan dan memilih daging ayam yang masih segar, Anda juga perlu untuk menyimpan hingga mengolah daging ayam potong tersebut dengan tepat. Sehingga nantinya bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan menghindari resiko penyakit yang dapat terjadi setelah mengkonsumsinya. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesegaran daging ayam potong tersebut adalah:

  • Simpan daging ayam di tempat yang tertutup dan masukkan ke dalam kulkas.
  • Masak daging ayam potong hingga matang sehingga tidak ada darah yang merembes pada daging.
  • Pilih cara masak ayam yang lebih sehat yaitu dengan direbus, dikukus, atau dipanggang.
  • Jangan meletakkan daging ayam yang sudah matang di tempat yang digunakan untuk menyimpan nya saat masih mentah.
  • Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh dan mengolah daging ayam.

Baca Juga : Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Untuk memastikan kesegaran daging ayam, Anda juga bisa memilihnya di tempat yang aman seperti di TaniHub. Tempat ini memberikan cara pembelian yang mudah yaitu secara online. Akan tetapi walaupun pembelian secara online, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas dan kesegaran daging ayam potong yang akan didapatkan. TaniHub menyediakan jaminan dan bisa dikembalikan ketika tidak puas dengan daging ayam potong yang diterima, sehingga bisa diganti dengan yang sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
1 + 4 =