Nikmat dan Kaya Akan Manfaat, Inilah Resep Asinan Buah Sederhana yang Mudah Dibuat

Buah termasuk dalam menu makanan nikmat dan wajib untuk dikonsumsi setiap hari, sebagai salah satu sumber serat dan juga vitamin harian Anda. Banyak pastinya yang sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini bukan. Bahkan jika seandainya melihat dari segi jenisnya sendiri juga cukup banyak. Ada buah dengan cita rasa yang manis, namun juga ada yang asam. Selain dikonsumsi secara langsung pada dasarnya ia juga dapat dibuat menjadi beragam jenis olahan, salah satu diantaranya adalah asinan buah.

Apa Itu Asinan Buah?

Nikmat dan Kaya Akan Manfaat, Inilah Resep Asinan Buah Sederhana yang Mudah Dibuat

Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan menu makanan atau olahan yang berasal dari buah tersebut, pada dasarnya ia adalah buah dan juga sayur yang diolah dengan cara merendamnya kedalam larutan cuka dan juga garam. Tujuan dari hal tersebut selain dipakai untuk meningkatkan cita rasanya juga membuat makanan menjadi jauh lebih awet jika dibandingkan dengan sebelumnya. karena memang keberadaan dari larutan cuka yang ada dalam buah maupun sayur tersebut nantinya akan membuat kadar air yang ada didalamnya berkurang. Serta menghambat pertumbuhan mikroba atau bakteri didalamnya, jadi lebih tahan lama.

Baca Artikel Lainnya: Jaga Imunitas Dengan Buah Berkualitas!

Resep Asinan Buah Sederhana

Nikmat dan Kaya Akan Manfaat, Inilah Resep Asinan Buah Sederhana yang Mudah Dibuat

Di pasaran jika dilihat memang ada banyak yang menjual menu makanan satu ini, namun selain dengan membelinya, sebenarnya juga bisa lebih praktis bagi Anda dalam membuatnya sendiri di rumah. Karena bahan dan juga resepnya tergolong cukup praktis. Berikut ini diantara resepnya yang bisa Anda ikuti.

Bahan-bahan:

  • Buah salak secukupnya.
  • Buah kuini secukupnya.
  • Jambu air secukupnya.
  • Strawberry secukupnya.
  • Nanas secukupnya.
  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit.
  • Asam jawa secukupnya atau dapat diganti dengan cuka.
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu untuk asinan tersebut diantaranya adalah cabe rawit dan juga cabe merah, cukup diulek kasar saja.
  2. Rebus bahan lain seperti gula, garam, asam jawa da juga cabai yang sudah dihaluskan tersebut.
  3. Setelah itu matikan kompor dan biarkan hingga dingin.
  4. Ketika buah-buahan serta bahan yang lainnya telah dingin maka bisa langsung dimasukkan kedalam kulkas.
  5. Ketika sudah cukup dingin Anda bisa langsung menyantapnya.

Cita rasa dari makanan tersebut pastinya sangat nikmat dan akan membuat Anda ketagihan, apalagi paling pas disantap ketika siang hari yang panas.

Manfaat Asinan Buah Untuk Kesehatan

Nikmat dan Kaya Akan Manfaat, Inilah Resep Asinan Buah Sederhana yang Mudah Dibuat

Tak sekedar nikmat karena memang menu makanan yang satu ini juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Membantu turunkan berat badan, manfaat pertama yang dapat dirasakan adalah membantu dalam diet untuk menurunkan berat badan, karena buah-buahan tersebut kaya akan serat sehingga membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Ditambah dengan kandungan senyawa capsaicin yang ada dalam cabe berguna untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh, metabolisme juga bisa lebih optimal.
  2. Menjaga kekebalan tubuh, manfaat lain yang juga dapat dirasakan adalah baik untuk sistem imun, buah-buahan tersebut kaya akan kandungan vitamin C yang berlaku sebagai antioksidan, sehingga hal ini dapat digunakan untuk menangkal resiko beragam jenis penyakit berbahaya. Nantinya Anda juga tidak mudah terserang virus.
  3. Menurunkan resiko terkena kanker, kandungan antioksidan yang ada dalam buah-buahan nyatanya juga bagus sebagai penangkal efek radikal bebas. Dimana hal ini dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit berbahaya seperti kanker. Karena sel kanker sendiri memang dapat tumbuh disebabkan oleh dampak dari radikal bebas.
  4. Sumber antioksidan, seperti yang disebutkan sebelumnya bahkan memang buah-buahan punya senyawa antioksidan yang tinggi, bagus untuk melawan radikal bebas.

Baca Artikel Lainnya: Tips Memilih Buah-Buahan Segar Untuk Bahan Asinan Buah yang Nikmat

Belanja bahan-bahan untuk membuat asinan ini semakin mudah bisa dilakukan online lewat TaniHub. Platform ecommerce berbasis aplikasi yang satu ini pada dasarnya secara khusus menjual produk hasil pertanian dari para petani lokal yang ada di Indonesia. Kategori produk yang dijual disini juga lengkap hingga 900 jenis. Belanja lewat TaniHub sama artinya ikut serta dalam meningkatkan pertanian serta ekonomi lokal di Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
81 + = 89