Intip 4 Jenis Ikan Gurame Paling Populer

Ikan mempunyai banyak jenis yang dapat dipilih sesuai dengan rasa yang diinginkan, banyaknya daging ikan, atau banyak durinya. Sehingga Anda bisa memilih ikan yang sesuai dengan selera ketika dimakan. Salah satu ikan yang populer dan banyak diminati adalah ikan gurame. Ikan ini mempunyai bentuk yang lebih besar dibandingkan ikan lainnya dan mempunyai harga yang cukup tinggi. Ikan gurame juga mempunyai beberapa jenis yang mempunyai ciri dan keunggulan berbeda. Seperti beberapa jenis ikan gurame yang paling populer yang akan dijelaskan di bawah ini.

Ikan Gurame Soang

Jenis ikan gurame pertama adalah yang paling populer yaitu ikan gurame soang atau angsa. Nama tersebut disematkan karena mempunyai tonjolan yang ada di kepalanya sehingga mirip dengan angsa. Tonjolan tersebut akan lebih terlihat untuk gurame jantan dan akan semakin besar seiring dengan pertumbuhannya. Jenis ikan gurame soang banyak dibudidayakan karena mempunyai waktu panen yang paling pendek. Dimana untuk jenis ini hanya memerlukan waktu panen 9 bulan, sedangkan gurame lainnya membutuhkan masa panen hingga 1 tahun. Gurame soang ini bisa bertelur saat usianya sudah 3 tahun dan bisa menghasilkan 5000 hingga 7000 telur.

Ikan Gurame Jepang

Jenis ikan gurame yang populer dan bisa dipilih untuk dibudidayakan selanjutnya adalah gurame Jepang. Ikan ini juga dikenal dengan nama gurame Jawa Tengah. Ikan ini mempunyai ukuran yang tidak sebesar ikan gurame soang yaitu mempunyai panjang tumbuh hingga 45 cm dan bobotnya hingga 4 kg per ekornya. Akan tetapi walaupun begitu, jenis ini juga masih menguntungkan untuk dibudidayakan. Ikan gurame Jepang mempunyai ciri dengan warna lebih hitam, mempunyai sisik kecil, dan juga mempunyai produktivitas yang lumayan yaitu bisa menghasilkan 2000 hingga 3000 telur.

Baca Artikel Lainnya: Resep Ikan Gurame Bakar Pedas Manis yang Mudah untuk Dicoba

Ikan Gurame Porselen

Jenis ikan gurame selanjutnya yang bisa dibudidayakan adalah ikan gurame porselen. Jenis ini mempunyai ciri tubuh dengan warna yang lebih cerah dibandingkan gurame lainnya. Selain itu ikan ini mempunyai kepala yang lebih kecil. Apabila ingin membudidayakan ikan ini siapkan tempat dengan air yang jernih dan tenang. Karena habitat tersebut merupakan hal yang disukai oleh jenis ini dengan suhu yang tepat yaitu pH antara 6,5 hingga 7,8. Ikan gurame porselen ini juga cocok untuk indukan yang dapat menghasilkan hingga 10.000 telur, sehingga menjadi jenis yang paling produktif dibandingkan gurame lainnya.

Ikan Gurame Kapas

Jenis ikan gurame terakhir adalah gurame kapas yang mempunyai warna putih kapas. Jenis ini mempunyai ukuran sisik yang lebih lebar dan juga keras dibandingkan gurame lainnya. Gurame jenis ini mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat, akan tetapi kekurangannya adalah mempunyai bobot paling ringan yaitu berat maksimalnya hanya 1,5 kg saja. Untuk produktivitas, ikan gurame kapas bisa menghasilkan telur sekitar 3000 butir per ekor.

Baca Artikel Lainnya: Tips Mudah Memilih Gurame Segar dan Berkualitas

Empat jenis di atas merupakan gurame yang cocok untuk dibudidayakan. Sehingga bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang paling populer dan banyak memberikan keuntungan adalah ikan gurame soang. Anda bisa membudidayakan ikan gurame soang untuk menghasilkan ikan gurame yang cepat panen dan juga mempunyai ukuran panjang dan tubuh yang berat. Bagi yang ingin langsung membeli ikan gurame untuk dimasak tanpa harus budidaya terlebih dahulu bisa untuk menemukannya dengan mudah di tempat makan. Atau bisa membelinya di TaniHub yang menawarkan ikan gurame segar untuk diolah menjadi menu masakan yang lezat. Cek ketersediaan ikan guramenya disini.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
47 − = 43