Jamur Kancing : Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

Jamur Kancing : Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

Jamur Kancing : Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

Jamur memiliki penampilan dan jenis yang sangat beragam. Di antara berbagai jenisnya, tidak semua jamur aman untuk dikonsumsi. Jamur kancing merupakan salah satu jenis jamur yang paling aman untuk dikonsumsi dan jenis yang paling umum ditemukan di seluruh dunia. Kandungan vitamin dan seratnya yang kaya juga membuatnya layak untuk dicintai.

Tentang Jamur Kancing

Jamur Kancing : Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

Jamur kancing dalam bahasa latin disebut Agaricus bisporus umumnya tumbuh di hutan liar atau padang rumput. 

Fakta Menarik Tentang Jamur Kancing

  • Jamur kancing bukanlah tumbuhan atau sayuran, melainkan jamur atau jamur
  • Agaricus bisporus sangat umum disajikan pada menu kuliner saat ini
  • Protein dalam jamur lebih tinggi dari beberapa jenis sayuran lainnya
  • Produk non-hewani yang mengandung vitamin D alami untuk vegetarian
  • Jamur kancing mengandung prebiotik yang dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan
  • Jamur kancing memiliki andil dalam efektivitas sistem kekebalan tubuh
  • Banyak penelitian mengungkapkan bahwa beberapa jamur diketahui kaya akan nutrisi dan khasiat, namun beberapa spesies jamur justru mengandung racun dan berbahaya bagi kesehatan.

Vitamin & Mineral dalam Jamur Kancing

Dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam jamur kancing, karbohidrat dan vitamin adalah yang paling aktif untuk kesehatan tubuh.

  • Vitamin B6 baik untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi masalah kardiovaskular.
  • Vitamin D berfungsi untuk menyerap dan mempertahankan kalsium dan fosfor yang berperan penting untuk tulang.
  • Fosfor memiliki peran penting dalam aktivasi enzim dan penyimpanan energi intraseluler.
  • Kandungan selenium membantu mencegah peroksidasi lipid yang mempengaruhi radikalisasi oksigen dan sangat baik untuk kelenturan pergerakan sperma.

Baca Artikel Lainnya: Cara Mengolah Jamur Tiram yang Sehat, Nikmat dan Ada Banyak Manfaatnya.

Manfaat Jamur Kancing untuk Kesehatan

Jamur Kancing : Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

Jamur yang dapat dimakan telah terbukti menjadi sumber manfaat kesehatan di banyak negara selama berabad-abad. Berikut manfaat untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jamur telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ratusan tahun, terutama di negara-negara Asia, dalam pengendalian dan pencegahan infeksi. Kandungan berbagai polisakarida dalam jamur kancing juga memiliki kemampuan untuk mengaktifkan makrofag yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Makrofag merupakan salah satu sel fagosit yang memiliki peran utama dalam respon inflamasi kronis atau inflamasi yang berlangsung lama.Jamur bekerja dengan cara merangsang sel imun bawaan (seperti monosit), sel natural killer, dan sel dendritik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Aktivitas ini diduga muncul karena adanya polisakarida dengan berat molekul tinggi (beta-glukan) dalam komposisi jamur.

Kaya akan Serat

Beberapa manfaat kesehatan jamur kancing terkait dengan konsumsi serat antara lain:

  • Pengurangan risiko penyakit kardiovaskular
  • Penurunan glukosa darah postprandial (gula darah setelah makan)
  • Rasa kenyang meningkat
  • Sistem pencernaan yang sehat

Serat juga dikenal sebagai prebiotik sehingga memiliki efek yang baik pada sistem pencernaan. Menurut Food and Drug Administration (FDA) dan Institute of Medicine (IOM), manfaat lain dari asupan serat yang tinggi adalah peningkatan efek pencahar atau kemudahan buang air besar.

Baca Artikel Lainnya: Tips Budidaya Jamur Tiram dan Beberapa Kesalahan Umum dalam Mengolahnya yang Harus Diperhatikan

Terapi Ajuvan atau Hormon untuk Pasien Kanker

Jamur kancing bekerja untuk menekan aktivitas aromatase dan biosintesis estrogen secara in vitro dan in vivo (tabung reaksi dan kondisi mamalia), sebagai agen penurun risiko kanker payudara yang potensial.

Inhibitor aromatase juga disebut terapi hormon atau adjuvant pada pasien kanker payudara pascamenopause, yang bertujuan untuk mencegah sel kanker dirangsang oleh estrogen. Polisakarida jamur atau Beta-glukan dianggap mampu melepaskan aktivitas anti-tumor terutama melalui aktivasi modulasi kekebalan. Modulasi imun adalah perubahan sistem imun yang melibatkan aktivasi tidak langsung sistem imun alami pasien terhadap patogen.

Radang sendi

Banyak sumber menggambarkan keunggulan jamur kancing sebagai anti inflamasi. Dapat disimpulkan bahwa jamur ini bermanfaat dalam pencegahan radang sendi dan tingkat keparahan efeknya. Jamur kancing memiliki tindakan protektif terhadap erosi tulang. Selain itu, pemberian plasma IL-6 secara eksogen mampu mengurangi kerusakan kartilago.

Interleukin-6 (IL-6) merupakan sitokin (molekul inflamasi) atau mediator respon imun yang berperan penting dalam metabolisme tulang, proses imunologi, dan inflamasi. Tingkat keparahan radang sendi yang diukur dengan indeks radang sendi berkurang secara signifikan dengan suplemen yang terbuat dari ekstrak jamur kancing. Selain itu, jamur kancing juga telah terbukti mengurangi keparahan edema kaki.

Bagi yang ingin mendapatkan berbagai manfaat yang bisa diberikan jamur kancing, bisa untuk mendapatkannya dengan mudah. Salah satunya adalah dengan membelinya di TaniHub yang menyediakan produk petani lokal termasuk juga jamur kancing maupun jamur enoki. Anda bisa membayarnya dengan berbagai metode pembayaran di setiap minggunya seperti bank transfer, BRI, Gopay, OVO dan lain-lain. Promo bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
79 − = 76