Jangan Salah, Selain Perkuat Imun Inilah Khasiat Labu Siam yang Jarang Diketahui!

Labu siam awal mulanya dari Amerika Tengah, namun sekarang kerap dipakai dalam berbagai kuliner di Negara Barat dan Timur. Rasa manis labu siam mudah dipadukan dengan berbagai lauk pauk. Mulai tumisan, sup, rebusan, sampai jus. Labu siam dapat menjadi bahan andalan dalam menu makanan ataupun minuman sehari-hari. Selain menggugah selera, sayuran yang mirip dengan buah pir ini penuh dengan kandungan vitamin dan nutrisi. Karena khasiatnya, labu siam sering dipakai sebagai obat alami bermanfaat mengatasi berbagai penyakit yang mengancam nyawa Anda dan keluarga. 

Pengertian Labu Siam

Jangan Salah, Selain Perkuat Imun Inilah Khasiat Labu Siam yang Jarang Diketahui!

Nama latin Sechium Edule atau lebih dikenal dengan labu siam merupakan salah satu jenis sayur yang umum dimakan masyarakat Indonesia. Sayuran ini bisa langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya ataupun diolah menjadi berbagai masakan dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Rasanya yang enak dan manis menjadikan sayuran ini mudah untuk diolah. Selain itu, sayuran ini memiliki manfaat kesehatan yang banyak dan tidak kalah dengan jenis sayuran lainnya.

Kandungan Nutrisi Labu Siam

Jangan Salah, Selain Perkuat Imun Inilah Khasiat Labu Siam yang Jarang Diketahui!

Sebelum membahas lebih tentang manfaat labu siam, pahami terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Berikut kandungan nutrisi di dalam 100 gram (g) labu siam yaitu air: 92,3 g, energi: 30 kalori (Kal), protein: 0,6 g, lemak: 0,1 g, karbohidrat (CHO): 6,7 g, serat: 6,2 g, abu (ASH): 0,3 g, kalsium (Ca): 14 miligram (mg), fosfor (P): 25 mg, besi (Fe): 0,5 mg, natrium (Na): 3 mg, kalium (K): 167,1 mg, tembaga (Cu): 0,16 mg, seng (Zn): 1,0 mg, beta-Karoten: 48 mikrogram (mcg)k aroten (Re): 20 mcg, thiamin (Vit. B1): 0,02 mg, niasin (Niacin): 0,6 mg, (Vit. C): 18 mg.

Selain tinggi kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, labu siam juga kaya akan kandungan folat berfungsi membantu pembentukan sel dan sintesis DNA. Selain itu, sayuran satu ini juga ternyata mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang cukup penting dalam membantu memerangi radikal bebas.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Jus Labu Siam

Khasiat Labu Siam

Yuk, cari tahu beberapa khasiat labu siam bagian kesehatan berikut ini:

1.Meningkatkan Sistem Imun

Labu siam mengandung serangkaian senyawa vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Vitamin dan mineral ini menjadi antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas supaya tubuh jauh dari penyakit. Dari satu sayuran labu, Anda bisa mendapat kandungan vitamin C, vitamin D,potassium, magnesium, asam folat, serta kandungan penting lain yang cukup tinggi. Dibalik kaya akan nutrisi, labu siam ternyata memiliki kadar kalori, lemak, dan karbohidrat yang cenderung rendah, sehingga cocok dijadikan dalam berbagai diet.

2.Menjaga Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, tentunya paham pentingnya menjaga gula darah dalam tubuh. Kombinasi serat yang tinggi serta karbohidrat rendah dalam labu siam ini terbukti ampuh menurunkan gula darah juga melawan resistensi tubuh terhadap insulin. Kandungan serat tinggi dapat memperlambat penyerapan karbo, jadi gula darah tidak langsung melonjak naik setelah makan. 

3.Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang kesulitan menghilangkan lemak di dalam perut, coba konsumsi labu siam sehari-hari. Bayangkan saja, dalam 100 gram labu siam hanya mengandung 16 kalori, sedangkan sebaliknya 100 gram nasi mengandung hampir 100 kalori! Cobalah tukar setengah porsi nasi Anda dengan satu porsi labu siam. Labu siam yang rendah kalori serta tinggi serat bakal membantu menurunkan berat sekaligus menekan nafsu makan. 

4.Menjaga Kesehatan Pada Kehamilan

Asam Folat atau vitamin B9 menjadi salah satu asupan yang wajib dikonsumsi bagi ibu di kehamilan, namun tidak jarang diabaikan. Asam folat memiliki fungsi esensial dalam mencegah kelahiran prematur dan cacat otak atau saraf pada bayi. Ibu hamil umumnya disarankan mengonsumsi kurang lebih sekitar 600 mcg asam folat setiap hari. Salah satu sumber bisa didapatkan dari labu siam dengan kandungan sekitar 200 mcg dalam satu porsi. 

5.Menurunkan Kolesterol

Dengan beredarnya banyak jajanan lezat yang tinggi akan lemak jahat, tingkat pasien dengan kolesterol tinggi di Indonesia pun semakin meningkat. Resikonya? Anda akan mudah terserang penyakit stroke dan jantung! Manfaat labu siam salah satunya menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kombinasikan labu siam bersama makanan lain seperti salmon, alpukat, dan kacang almond sebagai menu diet untuk menstabilkan tingkat kolesterol secara keseluruhan.

6.Mencegah Sembelit

Apakah Anda tipe orang yang sering sulit BAB? Gangguan pencernaan satu ini umumnya tidak menimbulkan komplikasi serius. Hanya saja, perut kembung serta berat badan yang terus naik kerap menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Menambahkan labu siam sebagai menu makan bisa menjadi solusi praktis Anda! Kandungan serat serta air dalam sayur ini terbukti cukup efektif mengatasi konstipasi dan juga melancarkan pencernaan.

7.Mencegah Penuaan Dini

Siapa sangka bila labu siam berkhasiat menghambat adanya keriput di wajah? Menurut para ahli, antioksidan yang berkhasiat memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel dari radikal bebas. Selain itu, adanya vitamin C dalam labu siam mempunyai manfaat memproduksi kolagen, yaitu sebagai protein esensial yang ditemukan dalam kulit. Kolagen inilah yang membuat kulit Anda kencang serta awet muda.

8.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dari daging labu siam, ternyata daun labu siam juga berkhasiat untuk kesehatan. Banyak penderita hipertensi memakai daun labu siam sebagai obat yang alami darah tinggi tanpa efek samping. Rahasianya? Kandungan potasium serta magnesiumnya. Dari khasiat ini, Anda bisa didihkan daun labu siam di air panas untuk dijadikan teh, kemudian minum minimal satu kali sehari.

9.Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah. Biasanya, ini bisa disebabkan karena tingkat zat besi serta vitamin B2 yang rendah. Beberapa gejalanya seperti lesu, pusing, kulit pucat, insomnia, dan sering keram. Salah satu khasiat labu siam adalah mengatasi anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah. 

10.Mencegah Kanker

Beberapa penelitian mengatakan, labu siam memiliki khasiat meminimalisir perkembangan sel kanker seperti kanker serviks dan leukemia. Kandungan dari antioksidan flavonoid ini mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya. Hal ini adalah langkah pertama yang kerap digunakan untuk mencegah adanya penyakit kanker.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Beragam Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Nah, itu dia sederet manfaat labu siam untuk kesehatan. Untungnya, labu siam di Indonesia mudah sekali ditemukan. Agar tubuh tetap sehat jauh dari penyakit, yuk mulai rutin mengonsumsi sayur ini dalam hidangan.Anda bisa mengolah labu siam dalam berbagai jenis masakan, bahkan untuk direbus dijadikan lalapan bersama sayur lain saja sudah enak.

Untuk mendapatkan sayuran seperti labu siam ataupun buah lain yang dijamin kesegarannya bisa melalui TaniHub, yang merupakan aplikasi belanja online yang ada di banyak daerah di Indonesia. Ditengah pandemi seperti sekarang ini, belanja sayur dan buah untuk menambah imun bukan lagi masalah. Tinggal pesan bisa langsung datang didepan rumah Anda, gunakan TaniHub sebagai solusi kebutuhan sayur dan buah segar Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
69 + = 73