Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bahan pokok yang bisa dikonsumsi di Indonesia ada beragam mulai dari beras, jagung, hingga sagu. Berbagai bahan tersebut biasanya dipilih sesuai dengan kebutuhan dan daerah yang berbeda. Seperti di daerah timur terdapat banyak sagu, sehingga banyak masyarakatnya yang menggunakan sagu sebagai bahan pokok untuk dikonsumsi. Selain sagu, jagung juga bisa menjadi pilihan bahan pokok pengganti beras. Jagung menawarkan banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan, sehingga bisa menjadi pengganti nasi terutama bagi yang mempunyai penyakit tertentu dan bisa mengkonsumsi nasi.

Pengertian Jagung

Sebelum mengenal berbagai manfaat jagung untuk kesehatan, Anda bisa untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian hingga kandungan yang ada di jagung. Jagung sendiri merupakan tanaman pangan yang menghasilkan karbohidrat selain padi dan gandum. Bahan ini digunakan sebagai bahan pokok untuk masyarakat yang ada di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Selain untuk bahan makanan pokok, jagung juga bisa dimanfaatkan untuk sumber minyak pangan dan bahan dasar dari tepung maizena. Kegunaan lainnya dari jagung juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak. Selain itu, turunan dari jagung bisa digunakan sebagai bahan baku untuk banyak produk industri farmasi, kosmetik, hingga kimia.

6 Jenis Jagung Yang Dapat Dijumpai di Indonesia

Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selain di wilayah Amerika, jagung juga menjadi bahan pokok yang dikonsumsi di berbagai daerah. Selain itu jagung juga menjadi bahan untuk banyak kuliner yang mempunyai citarasa yang enak. Sehingga bahan ini juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Akan tetapi hal yang perlu diketahui adalah tidak semua jenis jagung dapat untuk dikonsumsi, walaupun banyak jenis yang ada di Indonesia digunakan sebagai bahan masakan.

Adapun untuk berbagai jenis jagung yang bisa ditemukan di Indonesia adalah:

  1. Jagung manis merupakan jenis pertama yang mudah ditemui dan juga sering menjadi bahan untuk diolah. Sweet corn ini mempunyai rasa yang manis seperti namanya dan bijinya empuk. Bahan ini bisa digunakan untuk banyak makanan yang biasanya dikonsumsi seperti bakwan, sayur sop, atau dimakan secara langsung setelah direbus atau dibakar.
  2. Jagung berondong merupakan jenis yang mempunyai biji kecil dan keras dan biasanya digunakan untuk popcorn.
  3. Jagung mutiara mempunyai warna biji unik dan ukuran kecil. Jenis ini biasanya digunakan sebagai makanan ternak.
  4. Jagung gigi kuda mempunyai ukuran lebih besar dan warna terang. Jenis ini biasanya digunakan untuk bahan keripik ataupun roti.
  5. Jagung pod mempunyai tampilan yang terbungkus seluruhnya dan hanya digunakan sebagai hiasan tidak untuk dimasak.
  6. Jagung ketan mempunyai biji kecil dan bisa digunakan untuk bahan makanan yang kenyal.

Kandungan Gizi

Jagung bisa memberikan manfaat untuk kesehatan karena mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Selain kaya akan karbohidrat, jagung juga mempunyai kandungan amilopektin seperti pada jagung manis. Kandungan tersebut dapat untuk meningkatkan fitoglikogen dan sukrosa. Selain itu kandungan lainnya dari jagung adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, dan juga air.

6 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berbagai kandungan gizi yang ada di dalam jagung membantu untuk menjaga kesehatan. Adapun manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jagung adalah:

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat kesehatan pertama dari jagung adalah bisa membantu untuk melancarkan pencernaan. Jagung mempunyai kandungan serat yang akan membantu untuk membuat pencernaan lebih lancar. Sehingga hal tersebut tentunya akan mencegah masalah atau gangguan yang dapat dialami pencernaan. Mulai dari masalah diare, sembelit, dan juga masalah pencernaan lainnya.

Baca artikel menarik lainnya: Manfaat Apel Malang dan Apel Manalagi!

  1. Menyehatkan mata

Manfaat kesehatan kedua yang bisa didapatkan dari bahan jagung adalah membantu kesehatan mata. Sayuran dan buah-buahan merupakan bahan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mata tetap sehat dan tidak bermasalah. Termasuk juga bahan jagung yang mempunyai kandungan antioksidan zeaxanthin dan lutein. Kandungan tersebut dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu jagung juga memberikan manfaat untuk mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula dan katarak yang bisa dialami ketika usia lanjut.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat jagung selanjutnya untuk kesehatan adalah meningkatkan kepadatan tulang. Untuk menjaga kesehatan tulang biasanya banyak orang yang mengandalkan kandungan kalsium yang ada pada susu. Akan tetapi bagi yang mempunyai intoleransi laktosa tentu saja akan sulit untuk mendapatkan manfaat tersebut. Bagi yang mempunyai alergi susu bisa mencoba cara alternatif lain yaitu dengan bahan jagung untuk menjaga kesehatan tulang. Jagung mempunyai kandungan fosfor yang bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

  1. Mencegah depresi

Selain kesehatan tubuh, kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan. Karena dengan mempunyai jiwa yang sehat juga akan turut membantu untuk mempunyai raga yang kuat. Jagung bisa dimanfaatkan untuk mencegah depresi yang bisa diderita oleh banyak orang karena tekanan dan hal lainnya. Hal tersebut karena di dalam jagung mempunyai kandungan magnesium yang dapat untuk menjaga fungsi otak dan juga menjaga suasana hati. Dengan kandungan magnesium yang ada di dalam jagung dapat membantu untuk mengurangi resiko depresi yang dapat dialami.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Manfaat mengkonsumsi jagung untuk kesehatan lainnya adalah bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Jagung mempunyai kandungan mineral kalium dan juga magnesium yang dapat mengontrol tekanan darah. Selain itu jagung juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat untuk memberikan manfaat serupa. Sehingga apabila mengonsumsi jagung secara rutin akan dapat membantu untuk mencegah penyakit darah tinggi. Akan tetapi penting untuk memperhatikan cara konsumsi yang tepat, yaitu dengan tidak ditambah garam sehingga tetap akan memberikan manfaat kesehatan yang dibutuhkan untuk mengendalikan tekanan darah.

  1. Menangkal radikal bebas

Manfaat kesehatan terakhir mengapa bisa mengkonsumsi bahan pokok jagung adalah dapat menangkal radikal bebas. Seperti yang telah diketahui bahwa radikal bebas merupakan penyebab dari banyak penyakit berbahaya. Sehingga dengan mengkonsumsi jagung secara rutin yang diolah dengan tepat akan dapat membantu menangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena banyak penyakit.

Jagung mempunyai kandungan antioksidan dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan seperti yang banyak diketahui dapat untuk menangkal radikal bebas sehingga mengurangi resiko terkena penyakit berbagai seperti kanker. Antioksidan juga akan membantu mencegah penuaan dini, sehingga bermanfaat juga untuk kecantikan. Agar mendapatkan manfaat optimal, pastikan untuk memilih jenis jagung dan mengolahnya dengan tepat.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti di atas, Anda bisa mengonsumsi jagung secara rutin. Dimana jagung bisa digunakan sebagai bahan utama masakan seperti sup atau lauk lainnya. Mendapatkan jagung yang dibutuhkan untuk diolah sekarang ini juga sangat mudah. Seperti dengan membelinya di TaniHub yang merupakan tempat untuk membeli berbagai bahan hasil panen  petani lokal. Anda bisa mendapatkan jenis jagung yang dibutuhkan di TaniHub yang akan turut serta untuk membantu memajukan pertanian Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
43 − = 37