Macam-Macam Jenis Jambu Biji

Macam-Macam Jenis Jambu Biji

Macam-Macam Jambu Biji

Jambu Biji merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup di daerah tropis. Jambu biji memiliki nama ilmiah Psidium Guajava. Konon jambu biji berasal dari Meksiko bagian selatan melalui Amerika Tengah. Kemudian disebarkan oleh makhluk hidup ke bagian lain Amerika tropis dan Hindia Barat. Diantaranya adalah manusia, burung dan hewan lainnya. Ada tiga jenis macam jambu biji, yaitu:

Jambu Daging Merah Muda atau Merah

Buah jambu biji dengan daging buah berwarna merah muda atau merah memiliki sekitar 10 kultivar. Memiliki rasa yang unik dan banyak manfaat untuk kesehatan. 

Jambu Daging Putih

Jambu biji dengan daging buah berwarna putih memiliki tekstur yang renyah dan garing. Jenis ini banyak ditemukan di Indonesia dengan daging yang tebal, lembut dan rasanya yang enak. Kultivar jambu biji daging putih antara lain “Putih Manis Indonesia”, “Giant Bangkok”, dan “Donrom”. Jenis ini memiliki jumlah biji yang lebih banyak daripada jenis merah muda tetapi memiliki kadar air yang lebih sedikit.

Jambu Kuning

Jambu biji dengan kulit kuning dan daging krem ​​termasuk salah satu kultivar terkenal, “Meksiko Cream”. Awalnya ditemukan di Riverside, California. Tekstur jambu biji kuning keras saat mentah, namun lembut saat matang.

Fakta Penting Tentang Jambu Biji

Di luar negeri, jambu biji memiliki nama lain Guyava dan Kuawa. Di Indonesia tidak semua menyebut jambu biji, namun ada juga yang menyebut jambu siki dan jambu klutuk. Penyebaran jambu biji pertama kali ditemukan sejak tahun 1526.

Daun jambu biji berseberangan, lonjong dan pendek, panjang 2-6 inci dan lebar 1-2 inci. Jambu biji dapat dikembangkan di daerah yang dingin tetapi tidak dapat berbunga secara optimal. Jambu biji memiliki jumlah biji yang banyak, yaitu sebesar 112 sampai 535.

Buah jambu biji merah muda memiliki nama lain Super Fruit dan Peru. Jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat mudah diolah. Pohon jambu biji memiliki cabang yang berliku-liku dan batang yang halus. Jambu jenis terbaru ini memiliki bentuk yang unik yaitu batang yang berbentuk persegi panjang.

Negara penghasil jambu biji teratas adalah India, Pakistan, Meksiko, dan Brasil. Negara lainnya adalah Australia, Mesir, Puerto Rico, Thailand, Malaysia, Kolombia, Venezuela, Indonesia, Bangladesh, Vietnam, Kuba, dan Sudan.

Baca Artikel Lainnya: Mengetahui Kandungan Pada Jambu Biji

Kandungan gizi

Jambu biji digunakan sebagai obat tradisional India. Bagian jambu biji yang digunakan dalam pengobatan adalah daun, buah, batang dan akar. Hal ini karena jambu biji memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Jambu Biji

Jambu biji memiliki sejumlah manfaat yang baik dari segi farmakologi. Dalam penelitian tersebut, ditemukan adanya komponen anti-oksidan, anti-piretik, anti-jamur, anti-mikroba, hipotensi, analgesik dan anti-inflamasi. Selain itu, obat tradisional mengandung sifat antispasmodik, hepatoprotektif, antialergi, antiplasmodial, antibiji, antidiabetes, dan antigenotoksik.

Mencegah Kanker

Jika seseorang sudah mengidap kanker, kemungkinan besar mereka harus menjalani perawatan serius seperti kemoterapi. Penyebab kanker karena adanya radikal bebas di dalam tubuh. Akan lebih baik jika kanker dicegah sejak dini. 

Jambu biji adalah salah satu dari sekian banyak solusi pencegahan kanker. Yang dapat menghambat perkembangbiakan sel leukemia atau mencegah terjadinya kanker darah. Selain itu, daun jambu biji memiliki kemampuan menginduksi apoptosis pada sel kanker prostat.

Daun jambu biji menyediakan sumber senyawa yang berfungsi sebagai terapi pencegahan dan pengobatan kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa mengkonsumsi ekstrak biji jambu biji dan ekstrak daun jambu biji dapat membantu mencegah penyakit kanker.

Mengatur Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak normal akibat gaya hidup yang tidak teratur dapat menyebabkan hipertensi. Mengkonsumsi jambu biji secara teratur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah secara substansial bersamaan dengan menurunkan kadar kolesterol HDL

Ini karena kandungan potasium dan serat larutnya sangat tinggi. Kandungan yang terdapat pada ekstrak jambu biji (kombinasi flavonoid dan asam fenolik) dapat mengambil radikal bebas dalam darah sehingga dikatakan sehat. mpu mengatur tekanan darah.

Mengobati Diare

Menurut laporan diare penyakit yang menyebabkan kematian balita terbanyak di dunia. Daun jambu Biji sudah banyak digunakan di seluruh dunia sebagai obat diare. Ekstrak daun jambu Biji telah diuji efektivitasnya untuk mengatasi diare dan terbukti ampuh.

  • Efek Samping Jambu Biji
  • Sembelit
  • Mengkonsumsi Jambu Biji secara berlebihan dapat menyebabkan produksi.
  • Mual dan Sakit Perut
  • Ekstrak daun jambu Biji memiliki kandungan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 
  • Pendarahan Setelah Pembedahan

Demikian penjelasan tentang macam- macam jambu biji. Segera penuhi semua kebutuhan sehari-hari rumah mulai dari jambu biji , makanan beku, bumbu masak, topping kue, hingga sembako hanya di TaniHub. Didukung dengan sistem pembayaran yang aman dan proses pengiriman yang cepat, pesan sekarang. Gratis ongkir berbagai kota-kota besar di Indonesia mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
50 + = 52