Jambu merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Ada banyak sekali jenis buah jambu yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Misalnya yang paling umum dicari dan banyak dikonsumsi adalah jambu air. Jenis jambu ini akan lebih mudah untuk dikonsumsi baik anak-anak hingga orang tua. Sedangkan untuk jenis lainnya yang juga tidak kalah populer adalah jambu biji. Jenis jambu biji mempunyai biji yang keras, sehingga perlu berhati-hati untuk mengonsumsinya. Akan tetapi walaupun begitu jambu biji bisa memberikan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan ketika dikonsumsi. Sehingga bisa menjadi pilihan jambu yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan.

Pengertian Jambu Biji

Psidium guajava atau lebih dikenal sebagai nama jambu biji. Buah ini juga sering disebut sebagai jambu batu, jambu siki, atau jambu klutuk. Buah ini termasuk dalam tanaman tropis dan berasal dari Brasil. Buah ini juga mudah ditemukan di Asia Tenggara seperti di Thailand maupun Indonesia. Jambu ini mempunyai bentuk yang bulat dengan warna hijau untuk di luarnya. Sedangkan dalamnya biasanya bisa berwarna putih ataupun merah. Sedangkan untuk rasanya pada umumnya mempunyai rasa manis atau asam-manis. Buah jambu biji ini terkenal dengan kandungan vitamin C yang banyak di dalamnya.

Jenis Jambu Biji

Mengulas Beragam Jenis Jambu Biji dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Jambu biji juga mempunyai banyak jenis yang ada di Indonesia. Jenis tersebut bisa dipilih sesuai kebutuhan dan juga jenis jambu yang diinginkan. Sehingga nantinya akan mendapatkan tampilan hingga rasa jambu yang berbeda. Jambu biji setidaknya mempunyai enam jenis buah menawarkan tampilan dan rasa yang berbeda yaitu seperti berikut ini:

  1. Jambu biji kristal merupakan jenis pertama yang pengembangannya ada di Indonesia. Jenis ini diperkenalkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Jambu biji kristal ini mempunyai keunikan karena hampir tidak berbiji dimana jumlah bijinya hanya 3% saja dari buah.
  2. Jambu tanjung barat merupakan jenis lainnya yang mempunyai dua varian yaitu putih dan merah. Sebutan lainnya untuk jenis varian berbeda tersebut adalah jambu susu putih dan jambu daging merah.
  3. Jambu biji getas merah seperti namanya mempunyai daging warna hijau, kekuning-kuningan, hingga warna merah muda. Jenisi ini mempunyai rasa kurang manis dan kandungan gizi yang banyak.
  4. Jambu australia merupakan jenis yang mempunyai warna merah keunguan yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias.
  5. Jambu sukun merupakan jenis yang merupakan varietas unggul karena tidak mempunyai biji. Jenis ini mempunyai rasa manis yang agak asam dan bentuknya mirip apel.
  6. Jambu bangkok mempunyai bentuk buah yang besar dan berasal dari Thailand.

Kandungan Gizi Jambu Biji

Jambu biji dapat untuk memenuhi kebutuhan gizi karena tentunya mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Sehingga kandungan tersebut akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan gizi yang dimiliki misalnya air, energi, protein, lemak, dan juga karbohidrat. Selain itu jambu biji juga mempunyai kandungan serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, thiamin, riboflavin, niacin, dan juga tentunya vitamin C.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Mengulas Beragam Jenis Jambu Biji dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan gizi yang beragam, jambu biji bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti berikut ini:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mempunyai jantung yang sehat tentunya akan penting untuk menghindari penyakit yang berbahaya karena menyerang organ vital ini. Dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal tersebut juga ditemukan oleh ahli dan studi yang telah dilakukan. Dimana dengan rutin mengkonsumsi jambu biji dapat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah hingga 9,9%. Selain itu manfaat lainnya juga dapat meningkatkan kolesterol baik yang dapat mencegah penyakit berbahaya. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji sebelum makan yang dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Menyehatkan pencernaan

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari jambu biji selanjutnya adalah dapat membuat pencernaan lebih sehat. Jambu biji dapat untuk melancarkan pergerakan usus sehingga bisa mencegah sembelit. Buah ini kaya akan serat yang dibutuhkan, sehingga memang baik untuk pencernaan lebih lancar. Selain itu, daun jambu biji juga dapat dikonsumsi untuk dapat memberikan manfaat pada pencernaan. Karena dari studi yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa jambu biji dapat mengurangi intensitas diare yang dialami.

  1. Mengurangi berat badan

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan mempunyai berat badan yang seimbang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mudah seperti diet sehingga akan bisa membantu menjaga kesehatan. Jambu biji merupakan makanan yang cocok bagi yang ingin mempunyai berat badan ideal. Hal tersebut karena jambu biji juga bermanfaat untuk membantu mengurangi berat badan. Buah ini mempunyai kalori yang rendah dan bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Sehingga sangat cocok untuk menggunakan jambu biji sebagai camilan sehat ketika diet.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jambu biji juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Buah ini kaya akan vitamin C, bahkan juga kandungannya dua kali lipat dibandingkan buah jeruk yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang dimiliki. Vitamin C dikenal dapat menjaga sistem imun dan menjaga tubuh agar tidak mudah terkena infeksi maupun terserang penyakit. Selain itu, vitamin C juga membantu untuk mengurangi durasi pilek hingga dapat melawan bakteri dan virus jahat. Sehingga dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Baca Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

  1. Meredakan stress

Selain manfaat kesehatan tubuh, makan jambu biji juga akan memberikan manfaat kesehatan mental. Buah ini dapat untuk membantu meredakan stress yang dirasakan. Hal tersebut karena buah ini mempunyai kandungan magnesium yang dapat untuk mengendurkan saraf dan otot yang tegang. Sehingga apabila Anda merasa stress, bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman tersebut dengan minum jus jambu biji merah atau mengkonsumsinya secara langsung.

  1. Menjaga kesehatan mata dan mulut

Jambu biji juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini mempunyai kandungan vitamin A yang seperti diketahui dapat mempunyai manfaat untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam jambu biji dapat meningkatkan penglihatan sekaligus mencegah terjadinya degenerasi makula dan juga penyakit katarak. Selain mata, jambu biji juga baik untuk meningkatkan kesehatan mulut. Karena buah ini mempunyai kandungan antioksidan dan antibakteri, sehingga dapat membunuh kuman dan melawan infeksi.

Melihat banyak sekali manfaat jambu biji untuk kesehatan, maka buah ini dapat dikonsumsi secara rutin. Sehingga selain bisa menjadi cemilan yang sehat dan enak juga akan membantu untuk menjaga kesehatan dengan cara alami dan mudah. Salah satu tempat untuk mendapatkan jambu biji yang bisa dikonsumsi adalah di TaniHub. Anda bisa membeli buah secara online yang mempunyai pengiriman yang cepat dan banyak promo yang tersedia sehingga mendapatkan harga buah jambu biji lebih terjangkau.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
19 − = 11