Mengenal Jenis dan Manfaat Timun untuk Kecantikan

Mengenal Jenis dan Manfaat Timun untuk Kecantikan

Timun atau mentimun merupakan salah satu sayuran untuk lalapan yang mudah ditemui. Ketika Anda makan pecel lele, nasi goreng, mie goreng, dan lainnya bisa untuk menemukan buah sayuran ini. Selain untuk lalapan, timun juga bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan sehat, dan dijadikan bahan dasar untuk acar. Mentimun mempunyai banyak jenis yang bisa dibedakan dari bentuk, ukuran, hingga kegunaannya. Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai jenis dan manfaat timun tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

Mengenal Timun

Sebelum mengenal berbagai jenis mentimun, hal pertama yang perlu diketahui adalah dengan mengenal timun sebagai sayuran itu sendiri. Mentimun juga banyak disebut dengan timun atau ketimun. Sayur ini merupakan tumbuhan cucumis sativus L yang merupakan suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Tanaman ini mempunyai buah yang dapat dimakan, dijadikan sayur, penyegar, dan juga manfaat lainnya tergantung dari jenis mentimun yang dipilih. Timun juga dikenal mempunyai cukup air sehingga memberikan fungsi untuk menyejukkan. Hal tersebut membuatnya dapat dimanfaatkan untuk kecantikan seperti masker yang dapat melembabkan wajah. Timun mempunyai buah dengan warna hijau ketika muda dan kekuningan larik-larik apabila sudah matang. Bentuk timun sendiri memanjang seperti torpedo dan mempunyai ukuran dan panjang yang berbeda tergantung dari jenisnya.

Manfaat Timun

Manfaat Timun untuk Kecantikan

Timun mempunyai banyak kandungan yang ada di dalamnya sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan. Adapun untuk kandungan gizi dalam mentimun yang belum dikupas mempunyai kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan. Mentimun mempunyai kandungan air cukup yang dapat memberikan manfaat untuk mencegah dehidrasi. Selain itu mentimun juga bermanfaat untuk merawat kulit karena dapat memberikan efek pendingin, sifat diuretik, dan pembersih. Mentimun dapat membantu untuk mengencangkan kulit, mengurangi pembengkakan sekitar mata, dan juga melembabkan kulit. Sedangkan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan adalah untuk membantu mengontrol berat badan, mencegah resiko penyakit berbahaya karena paparan radikal bebas, mengontrol gula darah, membuat pencernaan lebih lancar, memperkuat tulang, mengontrol tekanan darah, meredakan nyeri sendi, meningkatkan fungsi otak, hingga dapat mengatasi iritasi kulit.

Jenis – Jenis Timun

Mengenal Jenis Timun

Mentimun mempunyai banyak jenis yang bisa dibedakan dari ukuran, panjang, dan juga fungsinya. Adapun 8 jenis timun yang perlu dikenal adalah:

  1. Mentimun armenian

Jenis pertama yang perlu diketahui adalah mentimun armenian. Jenis ini juga dikenal dengan nama lain yaitu mentimun ular atau melon ular. Hal tersebut tidak terlepas dari bentuk dan ukurannya yang mirip seperti ular kecil. Jenis ini mempunyai bentuk yang panjang dan mempunyai warna hijau dengan garis hijau yang lebih pucat, ketika matang timun jenis ini mempunyai warna kuning. Walaupun mempunyai bentuk yang sedikit aneh, akan tetapi jenis ini mempunyai rasa ringan dan cocok untuk dimakan langsung. Selain itu timun armenian juga cocok sebagai campuran salad.

  1. Mentimun hothouse

Jenis mentimun kedua adalah mentimun hothouse yang juga disebut sebagai mentimun Inggris atau mentimun Eropa. Jenis ini memang tidak banyak ditemui di Indonesia sehingga tidak banyak diketahui. Mentimun hothouse bisa ditanam di rumah kaca dan mempunyai harga yang cenderung lebih mahal. Bentuk timun jenis ini juga lumayan kecil dan kurus, sedangkan untuk kulitnya terasa halus dan tidak mempunyai biji. Untuk rasanya sendiri, timun hothouse mempunyai rasa ringan dan sering dimanfaatkan untuk salad atau canape. Timun hothouse terbaik mempunyai ukuran panjang 12 hingga 24 inch.

  1. Mentimun Amerika

Jenis ketiga adalah mentimun Amerika yang mempunyai tampilan timun tetapi bergerigi. Jenis ini sekilas mirip dengan sayur pare karena tampilannya yang tidak mulus. Mentimun Amerika juga sering disebut dengan slicing cucumber dengan ukuran yang tidak terlalu panjang. Warna jenis ini seperti pada mentimun lainnya adalah hijau dan kekuningan yang ada pada ujungnya. Mentimun ini mempunyai kulit tebal dan dapat disimpan lebih lama. Berbeda dengan jenis mentimun lain yang dapat dimakan langsung dengan kulitnya, jenis ini disarankan untuk dikupas terlebih dahulu karena kulitnya yang tebal. Panjang timun Amerika ini sekitar 8 hingga 10 inch.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Macam – Macam Jenis Buah Jeruk yang Populer

  1. Mentimun kirby

Jenis selanjutnya adalah mentimun kirby yang juga mempunyai tampilan seperti pare. Mentimun jenis ini mempunyai tampilan yang tidak mulus, mempunyai ukuran yang kecil sekitar 3-6 inch saja, dan juga mempunyai biji kecil. Sedangkan untuk daging mentimun ini cukup keras dan memberikan sensasi segar. Jenis ini dapat digunakan sebagai bahan utama untuk acar karena mempunyai rasa yang ringan dan renyah. Mentimun kirby ini juga merupakan jenis yang paling disukai oleh para koki untuk menyajikan hidangan yang membutuhkan mentimun.

  1. Mentimun lemon

Jenis selanjutnya mempunyai tampilan yang tidak seperti mentimun pada umumnya akan tetapi lebih mirip dengan buah lemon. Mentimun ini mempunyai bentuk bulat bukan memanjang dan mempunyai warna kuning seperti lemon. Untuk bagian dagingnya mempunyai rasa yang renyah dan ringan. Selain itu juga memberikan rasa manis dan lembut, sehingga rasa tersebut cocok untuk memanfaatkan jenis timun ini untuk salad, salsa, maupun dimakan langsung. Timun lemon yang baik mempunyai ukuran seperti buah lemon yaitu sebesar bola tenis.

  1. Mentimun gherkins

Mentimun gherkins juga merupakan jenis yang mempunyai tampilan dengan kulit yang tidak mulus. Jenis ini mempunyai ukuran pendek dan nama lainnya adalah cornichon. Mentimun gherkins mempunyai kulit bergelombang dengan warna hijau muda. Jenis ini bisa dimakan secara langsung dan tidak perlu dikupas karena kulitnya yang tidak tebal. Anda juga bisa memanfaatkan jenis ini untuk asinan hingga teman minum alkohol. Jenis mentimun gherkins yang baik mempunyai ukuran pendek yaitu 2 hingga 3 inch saja.

  1. Mentimun jepang

Jenis selanjutnya adalah mentimun Jepang yang juga disebut dengan mentimun kyuri. Bentuk jenis ini hampir sama dengan mentimun Inggris akan tetapi lebih panjang. Selain itu warna jenis ini adalah hijau gelap, bergelombang dengan tampilan kulit yang tidak mulus, ramping, dan kulitnya tipis. Jenis ini mempunyai rasa renyah dan manis dengan biji kecil dan bisa dimanfaatkan untuk dimakan secara langsung, bahan salad, crudite, ataupun sandwich.

  1. Mentimun Persia

Jenis terakhir adalah mentimun Persia yang mempunyai ukuran mencapai 15 inch. Mentimun ini mempunyai biji yang sedikit, lebih gemuk, warna kulit hijau tua dengan daging hijau muda, dan memberikan rasa renyah. Adapun untuk manfaat jenis mentimun Persia ini dapat digunakan untuk bahan salad ketika mentah dan campuran Pizza apabila matang.

Baca Artikel Lainnya: Resep Pisang Cavendish untuk Ibu Hamil dan Kandungan yang Ada Didalamnya

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis timun tersebut dengan mudah dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Tempat membeli yang bisa dipilih misalnya di TaniHub yang menawarkan pembelian secara online yang akan diantar langsung ke rumah. TaniHub menyediakan berbagai jenis timun seperti timun acar, timun Jepang, timun lokal, dan jenis lainnya yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
4 + = 14