Jenis Mangga di Indonesia yang Manis dan Manfaatnya

Jenis Mangga di Indonesia yang Manis dan Manfaatnya

Jenis Mangga di Indonesia yang Manis dan Manfaatnya

Buah mangga sangat populer sekali di Indonesia. Bahkan hampir di setiap daerah ada pohon mangga. Berbagai jenis mangga pun ada di Indonesia dari mulai manalagi, golek, harum manis, madu, dan lain sebagainya. Tak hanya memiliki rasa yang manis dan juga enak, tentu saja mangga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak jarang pula mangga dijadikan berbagai macam olahan seperti diantaranya puding dan juga jus mangga. Nah dibawah ini ulasan seputar mangga dari mulai jenis dan juga manfaatnya.

Jenis Buah Mangga

Jenis Mangga di Indonesia yang Manis dan Manfaatnya

Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat mangga disukai oleh kalangan masyarakat. Tak banyak yang menyebutnya King Of The Fruits. Berikut jenis mangga yang manis dan menyegarkan di Indonesia :

  • Mangga manalagi

Mangga manalagi berasal dari daerah Probolinggo – Jawa Timur, tekstur ciri kulit yang dimiliki biasanya berwarna hijau, serta kulit yang tebal. Berbeda pada umumnya mangga yang memiliki warna kuning ketika masak namun mangga manalagi tetap berwarna hijau. Mangga jenis ini bertekstur tebal dagingnya dan juga padat. Dan tumbuh di ketinggian maksimal 300 mdpl dengan curah hujan 750-2.250 mm pertahun.

  • Manggu madu

Mangga yang satu ini memiliki rasa yang manis sekali bahkan hampir mirip seperti madu, oleh karena itu disebut sebagai mangga madu. Mangga madu memiliki ukuran yang sama dengan mangga manalagi, yaitu terbilang memiliki ukuran kecil. Anda tak akan kecewa jika mengkonsumsi mangga madu ini karena rasanya yang sangat nikmat dan sangat manis.

  • Mangga gendong gincu

Mangga ini paling banyak dibudidayakan di daerah majalengka dan Cirebon. Memiliki ukuran yang kecil dan bentuknya yang bulat seperti buah apel. Mangga gendong merupakan santapan para bangsawan yang tinggal dirumah gedong. Mangga yang satu ini memiliki macam warna yang beraneka ragam. Namun ketika Anda ingin membelinya maka pilihlah yang berwarna merah. Selain daging yang manis buah ini memiliki aroma yang khas.

  • Mangga Arumanis

Mangga arumanis merupakan mangga yang manis dan berasal dari daerah Probolinggo, mangga ini berbentuk lonjong dan cenderung meruncing. Karena aromanya yang harum serta memiliki rasa yang manis itulah maka mangga ini disebut dengan mangga Arumanis.

  • Mangga cengkir Indramayu

Indramayu Jawa Barat terkenal dengan beberapa jenis mangga yang cukup baik salah satunya adalah mangga cengkir yang kerap disebut pelem cengkir. Mengga jenis ini berukuran agak besar dan berserat yang sangat khas sekali. 

Baca Artikel Lainnya: Bagi Pecinta Buah Mangga, Ketahui 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Berikut Ini!

Manfaat Buah Mangga

Jenis Mangga di Indonesia yang Manis dan Manfaatnya

Tidak hanya enak dimakan, ternyata mangga juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, berikut ini beberapa diantaranya:

1.Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Vitamin A dan C yang terdapat pada mangga sangat bagus sekali untuk kesehatan rambut supaya tidak mudah rontok. Karena perpaduan kedua vitamin tersebut mampu menghasilkan kolagen yang sangat bagus bagi kesehatan rambut serta kulit.

2.Bermanfaat untuk mata

Mangga juga sangat baik untuk kesehatan mata, hal ini karena pada mangga terdapat Lutein dan Zeacanthin yang sangat bagus untuk kesehatan retina dan juga lensa mata.

3.Meredakan sembelit

Mangga termasuk makanan utama dari diet FODMAD. Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit, maka dengan mengkonsumsi mangga juga sangat bagus untuk mengatasinya.

Baca Artikel Lainnya: Kenalan Sama Si Cantik, Mangga Harum Manis!

Kandungan Nutrisi Dari Buah Mangga

Jenis Mangga di Indonesia yang Manis dan Manfaatnya

Dalam penyajian per 100 gram, kandungan mangga yaitu :

  • 86,6 gram air
  • 0,7 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 12,3 gram karbohidrat
  • 12 miligram vitamin C
  • 35 persen vitamin A
  • 20 persen folat
  • 8 persen vitamin K dan kalium

Bagi Anda yang ingin membeli bermacam-macam buah mangga yang tentu saja masih segar dan bagus, Anda bisa memesannya melalui aplikasi TaniHub. Merupakan terobosan baru e-commerce yang menjual produk lokal dari para petani di Indonesia. Langsung menghubungkan antara pembeli dan penjual, aplikasi TaniHub sudah tersebar semua wilayah di Indonesia. Barang yang di jual juga sangat lengkap, sehingga produk yang anda butuhkan bisa anda cari disini terlebih dahulu. Langsung saja beli sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
77 − 67 =