Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Selain memiliki rasa yang enak, makanan laut (seafood) seperti ikan atau udang ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Makanan laut merupakan sumber kalsium dan fosfor yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan tulang dan gigi. 

Makan seafood juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan dari gusi dan jaringan penyangga gigi, memperkuat email gigi, bahkan mengurangi bau mulut. Beberapa jenis Seafood yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi antara lain sebagai berikut.

Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Ikan Salmon

Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Ikan salmon mengandung Docosahexaenoic acid (DHA), yang merupakan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, salmon memiliki nutrisi kalsium yang tinggi. Dalam 6 ons ikan salmon, sekitar 181 mg asupan kalsium. Ikan ini juga mengandung vitamin D dan zat fosfor yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan dan mengurangi pembuangannya dalam urin.

Tak hanya itu, fosfor membantu proses remineralisasi, yaitu mengembalikan mineral gigi yang hilang di lapisan email gigi akibat paparan asam. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan mulut kering dan dapat menyebabkan karies gigi dan penyakit gusi. Ikan salmon tergolong sebagai makanan super yang bisa membantu menjaga kesehatan dari gigi, gusi, dan tulang rahang.

Sarden

Sarden merupakan hasil laut yang mengandung kalsium tinggi. Dalam 3 ons ikan sarden mengandung sebuah kalsium sebanyak 325 mg. Saat memakan ikan ini, sebaiknya dimakan bersama tulangnya, ya. Sebab, ada juga kalsium di tulang lunak sarden. Selain itu, sarden juga mengandung asam lemak EPA dan DHA tingkat tinggi. Keduanya termasuk asam lemak omega 3 yang berkhasiat mengurangi risiko peradangan pada gigi dan gusi.

Jumlah vitamin A dan vitamin D pada ikan sarden juga lebih banyak dibandingkan jenis seafood lainnya. Mineral dalam ikan sarden utuh juga melimpah. Misalnya, mengandung yodium, selenium, seng, besi, fosfor, dan fluorida. Fluoride akan diserap di lapisan email gigi untuk membantu remineralisasi dan mencegah karies dan gigi berlubang.

Ubur-Ubur

Sebelum mengonsumsi ubur-ubur, penting untuk mengetahui cara mengolah dan mengonsumsi sajian hewan laut ini. Ubur-ubur pada dasarnya mengandung kalsium alami yang membantu tubuh mendapatkan protein. Nantinya, penyerapan protein berbantuan kalsium bermanfaat untuk kesehatan memori otak. Antara lain, kalsium dan protein dapat meningkatkan fungsi memori, mencegah penyakit terkait memori, dan membuat otak memiliki memori yang lebih tinggi.

Selain itu, seafood ini mengandung polifenol sebagai antioksidan. Jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang mengandung polifenol, fungsi otak dapat meningkat dan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker dapat dicegah. Ubur-ubur juga kaya akan kolagen. Kolagen adalah protein yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh termasuk otot, tendon, kulit, dan tulang.

Baca Artikel Lainnya: Resep Cumi-Cumi, Seafood yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Belut

Daging belut mengandung kadar fosfor dan vitamin A yang tinggi. Mengkonsumsi fosfor dapat meminimalkan terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dan meningkatkan kesehatan gusi. Sedangkan vitamin A pada daging belut, memiliki manfaat untuk membuang racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab dan terhindar dari gangguan kulit seperti psoriasis.

Ikan Teri

Ikan teri atau teri mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 yang tinggi. Karena terlalu mudah rusak, biasanya ikan teri akan diawetkan dengan cara diasinkan. Anda tidak perlu khawatir, dalam proses memasak atau mengawetkan ikan teri jengki, kandungan CaF2 di dalamnya tidak akan berubah sama sekali. 

Selain itu, ikan teri juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Ikan teri juga mengandung fluoride, omega 3, protein, dan zat besi. Omega 3 dapat menurunkan tingkat peradangan dan infeksi, sehingga kesehatan rongga mulut Anda dapat terjaga.

Udang

Jenis Seafood Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Bahkan udang segar atau kering pun masih mengandung kalsium. Namun, udang kering diketahui mempunyai kandungan kalsium yang lebih tinggi.  Lalu, kandungan fosfor dalam seafood ini sekitar 625 gram. Sedangkan manfaat zat besi pada udang berkisar 21,4 gram. Terasi udang juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C yang lebih tinggi dari udang segar.

Baca Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Itu tadi informasi singkat mengenai jenis seafood. Agar mendapatkan produk seafood yang segar, penting juga untuk membeli di tempat yang tepat. TaniHub bisa menjadi tempat belanja kebutuhan seafood yang segar dan berkualitas. Banyak metode pembayarannya dan promo disetiap minggunya. Bebas ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali. Cek ketersediaan produk seafood disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
84 − 83 =