Jenis Seafood dengan Kandungan Merkuri

Jenis Seafood dengan Kandungan Merkuri

Seafood merupakan makanan yang banyak disukai baik anak-anak hingga orang tua. Seafood juga mempunyai kandungan gizi yang beragam, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan dan menghindari resiko penyakit secara alami. Akan tetapi Anda juga perlu berhati-hati ketika akan mengonsumsi seafood karena tidak semua orang bisa cocok makan seafood. Ada sebagian orang yang alergi terhadap seafood tertentu, seperti alergi dengan udang, cumi, maupun jenis ikan. Selain itu juga ada ancaman bahaya yang bisa didapatkan apabila mengkonsumsi seafood yang salah dan tidak sehat seperti dengan kandungan merkuri.

Tips Aman Memilih Seafood Bebas Merkuri

Bahaya Merkuri

Merkuri merupakan cairan logam perak yang mudah dikenal dengan nama air raksa. Logam ini merupakan logam alami yang mempunyai wujud cair. Merkuri juga merupakan logam yang dapat menghantarkan listrik dan bisa ditemukan di kandungan air menjadi methylmercury dan diubah menjadi bakteri dalam air. Methylmercury tersebut bisa diserap ikan dan diikat oleh protein dalam otot ikan. Sehingga hal tersebut akan membuat atau hewan laut lainnya yang dikonsumsi dapat mengandung merkuri walaupun sudah dimasak. Merkuri yang sudah masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi akan menjadi racun di bagian sistem saraf dan menyebabkan gangguan kesehatan yang beragam termasuk tumbuh kembang bayi yang menyusui. Merkuri di dalam ikan laut atau seafood yang akan dikonsumsi biasanya tidak akan terlalu berpengaruh bagi orang yang sehat. Akan tetapi apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: Resep Cumi-Cumi, Seafood yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Jenis Seafood dengan Kandungan Merkuri

Agar mencegah efek kesehatan yang bisa ditimbulkan dari kandungan merkuri yang ada pada ikan maupun seafood. Anda bisa menghindari jenis hewan laut yang mempunyai kandungan merkuri tinggi seperti berikut ini:

  • Atlantic cod merupakan jenis ikan yang mempunyai kandungan merkuri cukup tinggi.
  • Hiu juga merupakan hewan yang sering dikonsumsi di beberapa negara dan merupakan seafood berbahaya karena mempunyai kandungan merkuri di dalamnya.
  • Swordfish atau ikan todak juga sebaiknya dihindari karena mempunyai kandungan merkuri sangat tinggi.
  • King mackerel juga mempunyai kandungan merkuri cukup tinggi, pilih mackerel atlantik yang rendah merkuri dan tinggi omega 3.

Kelompok yang Sebaiknya Menghindari Seafood Bermerkuri

Seafood dengan kandungan merkuri sangat bahaya apabila dikonsumsi untuk beberapa kelompok. Apabila dalam keadaan sehat, maka biasanya tidak akan timbul gejala gangguan kesehatan yang didapatkan. Tetapi akan muncul dalam jangka panjang apabila mengkonsumsi banyak seafood dengan kandungan merkurinya. Tetapi juga ada beberapa kelompok rentan yang sebaiknya menghindari ikan ataupun hewan laut lainnya dengan kandungan merkuri. Seperti bagi wanita hamil, wanita yang sedang menyusui, wanita yang berencana hamil, dan juga bayi. Hindari mengkonsumsi dan memberikan seafood dengan kandungan merkuri karena dapat menyebabkan keracunan hingga gangguan kesehatan dan pertumbuhan bayi. Oleh karena itulah kelompok tersebut sebaiknya menghindari seafood bermerkuri.

Baca Juga: Ciri-Ciri Seafood yang Masih Segar

Konsumsi Seafood Harian yang Aman

Tips aman untuk mengkonsumsi ikan ataupun makanan laut agar dapat memberikan manfaat kesehatan dan terhindar dari gangguan yang dapat menyebabkan kesehatan terganggu adalah dengan memilih jenis yang rendah merkuri. Hindari beberapa jenis makanan laut yang mempunyai kandungan merkuri tinggi seperti yang telah disebutkan di atas. Terutama untuk kelompok yang lebih rentan apabila mengkonsumsi makanan laut dengan kandungan merkuri.

Tips mudah selanjutnya adalah dengan mengonsumsi ikan sesuai dengan batasan yang sehat yaitu satu porsi 170 gram per minggunya. Hal ini bisa dimanfaatkan agar dapat menghindari keracunan apabila mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang terlalu banyak. Selain itu apabila sudah mengkonsumsi ikan dengan porsi tersebut, juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan laut lainnya pada minggu yang sama untuk mencegah keracunan merkuri.

Sehingga dengan pertimbangan tersebut akan membantu untuk menghindari bahaya gangguan kesehatan yang dapat terjadi karena mengkonsumsi ikan dan makanan laut yang sudah tercemar merkuri. Untuk mendapatkan ikan dan makanan laut lainnya, pilih yang masih segar dan di tempat yang aman seperti di TaniHub. Tempat ini menawarkan berbagai bahan yang dapat dipilih seperti jenis ikan yang bisa dipilih sesuai selera, cumi, udang, dan beragam seafood lainnya.

Tentang Tanihub

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga Keunggulan Tanihub adalah memiliki layanan hubungan pelanggan selama tujuh hari, mendukung kepuasaan pelanggan dan banyak promo yang menarik. Area jangkauan Tanihub berada di Jabotabek, Semarang, Surabaya,Bandung dan Bali. Buruan install aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store.#GratisOngkir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
66 − 58 =