Mengulas Beragam Jenis Soto Ayam Favorit di Indonesia

Mengulas Beragam Jenis Soto Ayam Favorit di Indonesia

Mengulas Beragam Jenis Soto Ayam Favorit di Indonesia

Soto merupakan kuliner yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Soto bisa mempunyai isi yang disesuaikan dengan selera. Selain soto daging, soto ayam juga menjadi kuliner yang banyak digemari dan mempunyai banyak jenis yang bisa ditemui. Seperti ada soto bening, soto dengan santan, soto dengan bumbu kacang, dan juga jenis lainnya sehingga bisa disesuaikan dengan citarasa. 

Soto Betawi

Jenis soto pertama yang bisa ditemui adalah soto betawi yang seperti namanya tentunya berasal dari daerah Betawi. Jenis soto ini terkenal banyak disukai karena mempunyai rasa yang gurih dari kuah santan yang digunakan. Selain itu bagi yang menyukai soto yang mempunyai rasa bumbu kuah yang kuat juga bisa memilih jenis soto betawi yang menggunakan bumbu rempah seperti pala, cengkeh, dan juga kapulaga. Soto ini biasanya menggunakan daging, jeroan, dan juga ditambah emping yang dapat untuk melengkapi rasanya. Akan tetapi bagi yang ingin menggunakan dan mengganti daging dengan ayam juga tidak masalah. Terutama bagi pecinta ayam dan tidak bisa untuk makan daging terlalu banyak bisa mengganti bahan utama soto betawi ini menggunakan ayam, sehingga bisa dinikmati sehari-hari. 

Baca Artikel Lainnya: Inilah Ciri-ciri dan Cara Beternak Ayam Broiler

Soto Lamongan

Jenis soto selanjutnya adalah soto lamongan yang seperti namanya juga berasal dari daerah di Jawa Timur ini. Soto lamongan mempunyai tampilan yang berbeda dari soto betawi, karena jenis soto ini menggunakan bubuk koya yang gurih khas dari soto yang berasal dari Jawa Timuran. Bagi Anda yang menyukai rasa soto yang asin bisa untuk memilih soto dengan bubuk koya ini. Untuk membuat rasa soto lamongan ini menjadi lebih nikmat juga bisa dinikmati dengan kerupuk udang dan nasi putih sehingga menjadi hidangan yang lezat. Tampilan dari soto ini juga mempunyai kuah yang kuning karena menggunakan bubuk koya. Untuk isian di dalamnya, soto lamongan menggunakan sayur soto yaitu kol, sohu, dan suwiran daging ayam kampung.

Soto Kudus

Pilihan makanan soto selanjutnya adalah soto kudus yang berasal dari Jawa Tengah. Soto dari daerah Semarang dan Jawa Tengah berbeda dengan soto dari Jawa Timur. Apabila di daerah Timur menyukai citarasa makanan yang asin, maka apabila kuliner yang berada di Jawa Tengah Anda akan banyak menemukan kuliner dengan citarasa yang manis. Termasuk juga soto kudus yang mempunyai tampilan kuah bening. Banyak juga yang makan soto ini dengan saos dan kecap sehingga mempunyai rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Soto ini bisa menggunakan ayam atau daging sapi tergantung dari kebutuhan dan selera. Untuk isian soto ini sendiri ada irisan daging ayam, bawang goreng, dan toge. Anda akan mudah menemukan soto ini baik warung ataupun biasanya digunakan sebagai hidangan ketika ada acara di rumah.

Soto Medan

Daerah Medan juga mempunyai soto khas dengan citarasa yang berbeda dengan daerah lainnya. Untuk soto medan ini mempunyai kuah santan, sehingga cocok bagi yang menyukai makanan bersantan. Soto medan ini mempunyai kuah santan gurih seperti pada kuah pada soto betawi. Tetapi isiannya yang membedakannya yaitu ada isian perkedel kentang, kentang goreng, dan juga ditambahkan dengan telur rebus. Untuk bahan yang digunakan bisa menggunakan suwiran ayam dan daging, ditambahkan dengan tauge.

Soto Banjar

Jenis soto selanjutnya yang bisa dipilih bagi penggemar soto dan daging ayam adalah soto banjar. Jenis kuliner ini merupakan khas dari daerah Banjarmasin dan mempunyai rasa yang kaya akan bumbu rempah yang digunakan. Soto banjar ini menggunakan bahan seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala sehingga mempunyai citarasa bumbu yang kuah. Untuk isiannya menggunakan daging ayam, telur rebus, perkedel kentang, dan bisa dimakan dengan ketupat.

Baca Artikel Lainnya: Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Selain soto di atas, masih ada banyak jenis soto terkenal lainnya yang bisa dicoba sendiri. Atau bagi yang susah untuk menemukan salah satu soto yang ingin dinikmati cocok untuk dibuat sendiri di rumah. Anda cukup membeli bahan soto mulai dari daging, telur, toge, dan juga bumbu dapur di TaniHub yang menyediakan bahan masakan yang lengkap untuk membuat jenis soto yang ingin sekali dicicipi tetapi susah menemukannya di daerah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 68 = 70