Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Telur Serta Aneka Olahannya yang Menggugah Selera

Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Telur Serta Aneka Olahannya yang Menggugah Selera

Telur termasuk dalam asupan protein yang disukai oleh banyak orang, karena selain mudah untuk didapat maka dari segi harganya sendiri juga murah. Telur ini sendiri juga dapat diolah menjadi beragam jenis hidangan yang menggugah selera. Entah itu sekedar digoreng, direbus maupun dibuat menjadi aneka masakan yang lainnya. namun sebelumnya patut untuk diketahui bahwa memang pada dasarnya ragam jenis telur konsumsi ini juga sangat banyak.

Jenis-jenis Telur untuk Konsumsi

Baca Artikel Lainnya: 5 Tips Memilih dan Menyimpan Telur Puyuh dengan Benar

Berikut ini diantaranya adalah beberapa jenis telur yang umum digunakan sebagai bahan pangan atau untuk konsumsi masyarakat, yaitu:

  1. Telur ayam, jenis yang pertama yang paling sering dijumpai adalah telur ayam, dimana Anda bisa dengan mudah menjumpainya di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Ada ayam negeri dan juga telur ayam kampung, rasanya tak jauh berbeda, hanya saja memang telur ayam kampung lebih kaya akan kandungan nutrisi.
  2. Telur bebek, jenis yang juga umum dikonsumsi adalah telur bebek yang punya kulit berwarna hijau kebiruan. Kebanyakan telur bebek ini dijadikan sebagai bahan untuk membuat telur asin. Hal ini juga merupakan pengawet alami yang membuat telur bebek jadi tahan lebih lama.
  3. Telur puyuh, punya ukuran kecil sehingga tak cukup hanya dengan makan satu, kebanyakan telur puyuh dipakai sebagai bahan campuran untuk sup, bakso serta masih banyak lagi yang lainnya.

Aneka Olahan Nikmat dari Bahan Dasar Telur

Agar tidak bosan dalam mengkonsumsinya yuk lihat beberapa ide olahan nikmat yang terbuat dari bahan telur ini, yaitu:

  1. Telur ceplok kecap, mudah untuk dibuat karena telur ayam tersebut nantinya cukup di ceplok kemudian dimasak lagi menggunakan bumbu kecap, teman makan nasi hangat yang menggugah selera.
  2. Telur bacem, hidangan yang satu ini juga cukup banyak penggemarnya, telur rebus yang dimasak dengan bumbu bacem, gurih manis.
  3. Telur dadar crispy, hidangan yang cukup praktis dibuat di rumah untuk keluarga, dimana Anda bisa membuat telur yang digoreng agak lama, sehingga nantinya dari segi tekstur rasanya sendiri juga garing atau crispy.
  4. Telur balado, sedangkan untuk Anda yang menyukai cita rasa telur yang gurih serta sedikit pedas, maka hidangan yang satu ini termasuk santapan terbaik yang dapat dibuat, mengingat ia kaya akan bumbu sehingga cita rasanya juga nikmat.
  5. Omelet jamur, kombinasi antara telur serta jamur ini juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat omelet yang nikmat.
  6. Telur geprek, belakangan ini memang sedang begitu ngetrend ayam geprek, selain ayam sebenarnya telur juga bisa dijadikan sebagai bahan pengganti untuk membuat hidangan geprek yang menggugah selera tersebut.

Tips Memilih Telur yang Bagus

Baca Artikel Lainnya: Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Kunci utama hidangan dari telur yang punya cita rasa nikmat diantaranya adalah dari segi bahan yang digunakan, dimana ia harus segar dan tentunya masih bagus layak untuk dikonsumsi, berikut ini diantara tips memilih telur yang bagus tersebut, yaitu:

  1. Lihat warna pada cangkangnya, telur yang masih bagus umumnya punya cangkang dengan warna yang masih pekat dan tampak cerah. Sedangkan ketika sudah pucat dan penuh bintik tandanya telur tersebut sudah lama.
  2. Ukuran, pilihan telur yang punya ukuran normal, karena hal ini menjamin kualitas dari telur tersebut yang masih baik.
  3. Bentuknya, pilihlah telur yang bentuknya bulat utuh untuk kuning telur yang lebih padat dan juga besar.
  4. Sentuh bagian cangkangnya, telur yang bagus tekstur cangkangnya masih kasar, sedangkan ketika sudah licin dan tipis artinya ia sudah lama.
  5. Ketika dibuka kuning telur juga masih terpisah dengan bagian putih telurnya, ketika sudah menyatu artinya kondisinya sudah tidak bagus lagi.

Penuhi semua kebutuhan dapur Anda secara mudah online dengan berbelanja di TaniHub, menyediakan semua produk kebutuhan dapur Anda secara lengkap. TaniHub adalah sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang ada di Indonesia, fokus untuk menjual produk-produk hasil pertanian para petani lokal, sehingga dengan berbelanja disini sama artinya dengan Anda ikut berkontribusi untuk memajukan perekonomian lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
16 − = 7