Mengenal Kandungan yang Terdapat Pada Cabai

Mengenal Kandungan yang Terdapat Pada Cabai

Pastinya banyak diantara Anda yang gemar mengonsumsi makanan pedas bukan, apalagi memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya sensasi pedas yang berasal dari makanan juga bermanfaat untuk membangkitkan nafsu makan. Jadi meskipun agak ‘menyakitkan’ ketika mengonsumsinya, namun banyak orang yang ketagihan untuk mencobanya lagi. tentunya rasa pedas pada makanan ini tak terlepas dari peran cabai yang memang akan memberikan cita rasa pedas pada makanan, juga bisa membuat warnanya menjadi lebih menggoda yaitu merah merona.

Pengertian Cabai

Cabai atau yang dikenal juga sebagai cabai merah merupakan anggota tumbuhan yang berasal dari genus Capsicum, dimana pada buahnya ini dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu dapur. Mengingat ia lebih sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Sebagai bumbu maka cabai merah ini juga sangat populer digunakan, khususnya adalah di kawasan Asia Tenggara seperti di Indonesia ini, apalagi untuk makanan dengan cita rasa yang kuat seperti diantaranya adalah masakan padang. Bisa dikatakan bahwa cabai ini adalah ‘bahan makanan pokok’ yang tidak boleh ditinggalkan dalam setiap aktivitas memasak

Kandungan Gizi dalam Cabai

Mengenal Kandungan yang Terdapat Pada Cabai

Meskipun memiliki cita rasa yang pedas, namun ternyata ada banyak senyawa yang terkandung dalam cabai merah ini, bahkan tak jarang diantaranya yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Dalam setiap 100 gram cabai merah sendiri setidaknya mengandung beberapa senyawa ini, yaitu:

  1. Air, sebagian banyak cabai terdiri dari air, yaitu sekitar 90,9 gram diantaranya adalah berasal dari air.
  2. Energi, bumbu dapur yang satu ini juga mengandung energi, setidaknya adalah sebesar 36 kalori.
  3. Protein, sebesar 1 gram protein juga terkandung dalam 100 gram cabai.
  4. Lemak, kandungan lemak yang ada di dalamnya tergolong begitu rendah, yaitu hanya sekitar 0,3 gram saja.
  5. Karbohidrat, jangan salah karena ternyata cabai ini sendiri juga mengandung karbohidrat didalamnya, yaitu dengan jumlah sekitar 7,3 gram.
  6. Serat, meskipun tidak banyak cabai merah tetap mengandung serat sebesar 1,4 gram.
  7. Vitamin, cabai juga mengandung vitamin yaitu vitamin C dengan jumlah yang cukup tinggi mencapai 18 gram, bahkan jumlah vitamin C yang ada dalam cabai ini jauh lebih besar dibandingkan dengan yang ada dalam jeruk. Begitu juga dengan vitamin B hingga vitamin A didalamnya.
  8. Mineral, banyak juga mineral-mineral lainnya yang terdapat di dalam cabai, mulai diantaranya adalah kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium sampai dengan serang, betakaroten dan juga niacin.

Manfaat Cabai untuk Kesehatan

Mengenal Kandungan yang Terdapat Pada Cabai

Baca Artikel Lainnya: Konsumsi Berbagai Pilihan Sayur Berikut Ini untuk Menu Diet Anda

Selain mampu untuk meningkatkan nafsu makan, ternyata dengan mengonsumsi cabai, tentunya dalam jumlah yang normal atau masih aman memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Dapat meringankan rasa sakit, dengan mengonsumsi cabai ternyata bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin. Hal ini sangat bagus sebagai pereda rasa nyeri secara alami. Zat capsaicin yang terkandung dalam cabai akan bekerjasama dengan reseptor rasa sakit. Sehingga nantinya akan muncul sensasi panas dari cabai tersebut yang akan membantu untuk berhenti mengirimkan sinyal sensasi rasa sakit pada tubuh. Jadi bukan hal yang mengherankan jika seandainya di pasaran Anda juga dapat dengan mudah menjumpai obat atau krim oles dengan kandungan capsaicin di dalamnya, biasanya digunakan untuk membantu atasi nyeri sendi sehingga nantinya tidak akan sakit lagi.
  1. Membantu turunkan berat badan, manfaat yang lainnya adalah ternyata cabai ini juga efektif di dalam membantu untuk menurunkan berat badan Anda. Sehingga bagi yang tengah menjalankan program diet agaknya bisa mencobanya. Yaitu memasukkan cabai dalam menu masakan harian Anda. Karena nantinya akan bekerja untuk mempercepat pembakaran lemak dan juga energi. Banyak penelitian yang sudah membuktikan hal tersebut, termasuk diantaranya adalah bahwa asupan 2 miligram capsaicin setiap harinya selama 12 minggu berturut-turut akan membantu mengecilkan lingkar pinggang.
  1. Menjaga kesehatan pencernaan, banyak orang yang mengira bahwa konsumsi cabai tidak baik bagi pencernaan, jika berlebihan memang bisa demikian. Namun tidak jika seandainya dikonsumsi dalam jumlah cukup. Karena memang capsaicin yang masuk kedalam pencernaan nantinya akan menghasilkan anandamide, ini adalah senyawa kimia yang dapat membantu mengurangi terjadinya inflamasi atau peradangan yang disebabkan oleh tukak lambung juga penyakit crohn.
  1. Dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, manfaat lain yang juga bisa Anda rasakan adalah bagi yang tengah mengidap penyakit diabetes melitus, dengan konsumsi cabai ini membantu untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Apalagi ini sudah melalui sebuah penelitian, dimana didapatkan fakta bahwa ternyata capsaicin dalam cabai yang efektif untuk menurunkan gula darah. Ia juga memiliki sifat antidiabetik yang berperan cukup efektif ketika dikonsumsi oleh pasien diabetes melitus tipe 1.
  1. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kardiovaskular, niacin yang terkandung dalam cabai ini membantu untuk mengurangi kadar homosistein, karena memang tingginya kadar homosistein ini bisa menjadi penyebab rusaknya pembuluh darah, seperti diantaranya adalah penyempitan arteri hingga memperberat kerja jantung untuk memompa darah. Hal ini memang berdampak besar terhadap resiko kerusakan pada jantung bahkan juga bisa terkena penyakit stroke.
  1. Dapat menurunkan resiko penyakit kanker, manfaat lainnya yang juga bisa dirasakan adalah bahwa cabai ini ternyata juga dapat mengurangi resiko terkena kanker. Karena memang kandungan antioksidan yang ada didalamnya dapat melindungi terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah yang memang bisa menjadi pemicu penyakit kanker.
  1. Melancarkan pernapasan, faktanya adalah cabai juga dapat memperlebar saluran napas yang ada pada paru-paru. Jadi sangat bagus dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit asma. Vitamin A yang terkandung dalam cabai. Hal ini sangat bagus untuk mengurangi resiko terkena radang paru-paru yang memang bisa terjadi akibat kebiasaan merokok. Karena asap rokok mengandung senyawa benzopyrene yang dapat menghancurkan vitamin A dalam tubuh Anda.

Baca Artikel Lainnya: Aneka Makanan Sehat dari Jagung yang Cocok untuk Anak-anak

Pastikan jangan berlebih di dalam mengonsumsinya, karena meskipun baik bagi kesehatan, namun jika seandainya dikonsumsi dalam jumlah berlebih juga akan membahayakan tubuh. Bagi Anda yang memiliki kecenderungan gangguan lambung sebaiknya juga berhati-hati dalam mengonsumsi cabai ini, sehingga tidak menyebabkan masalah pada pencernaan.

Dapatkan produk cabai yang segar dan juga berkualitas hanya dari TaniHub, belanja kebutuhan bahan makanan sekarang ini bisa secara online tanpa takut akan resiko kerusakan. Banyak tawaran diskon istimewa juga. Dengan belanja di sini Anda juga sudah ikut serta dalam membantu memajukan produk pertanian Indonesia, karena semuanya asli merupakan produk dari petani lokal dengan kualitas yang kalah dibandingkan dengan barang impor. Bahkan juga dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Sehingga tak perlu ragu lagi untuk belanja disini, segera cek situs resminya di www.tanihub.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
5 + 5 =