Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Bawang Putih merupakan umbi yang sering digunakan untuk masakan. Bahkan, hampir semua hidangan makanan menggunakan bawang putih sebagai pengganti bawang bombay. Untuk masakan Jawa, Padang, Madura, dan lainnya, bawang putih juga digunakan untuk tumisan dan sayuran. Bahkan selain untuk memasak, bawang putih juga digunakan untuk pengobatan dan meningkatkan stamina.

Kandungan Bawang Putih

Baca Artikel Lainnya: Tips Menyimpan Bawang Putih dengan Tepat

Dalam satu bawang putih, biasanya terdiri dari 8 sampai 10 siung. Setiap cengkeh beratnya sekitar 6 sampai 8 gram tergantung ukurannya. Kandungan yang terdapat dalam bawang putih adalah sebagai berikut.

  • Antioksidan, seperti: asam amino, flavonoid, dan oligosakarida.
  • 200mg protein
  • 100 mg serat
  • 1000 mg karbohidrat
  • 4 kalori
  • 0,9 mg vitamin C
  • 5,4 mg kalsium
  • 0,1 mg mangan
  • 0,4 gram selenium

Manfaat Bawang Putih

Banyak sekali manfaat bawang putih. Mulai dari menyehatkan jantung, menghilangkan jerawat, dan lain-lain.

Jantung Sehat

Bawang putih mengandung senyawa belerang aktif, dialil trisulfida. Senyawa ini dapat melindungi penderita diabetes dari ancaman kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Selain itu, bawang putih dapat diolah dengan cara dikeringkan kemudian diekstraksi. Produk olahan ini dapat digunakan untuk mengurangi risiko aterosklerosis (penyempitan atau pengerasan pembuluh darah akibat plak pada pembuluh darah) yang dapat menyebabkan stroke.

Menurunkan Kolesterol

Bawang putih saat memakannya dengan cara dikunyah mentah bisa menghasilkan allicin. Zat ini digunakan untuk menghambat enzim yang berperan dalam memproduksi kolesterol. Mengunyah bawang putih secara langsung memang terasa pahit, namun jika ingin mengambil manfaatnya harus menanggungnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan kolesterol, bawang putih juga memiliki manfaat menurunkan tekanan darah. Zat ini berguna untuk melebarkan pembuluh darah.

Mencegah Flu dan Batuk

Di musim hujan, kita sering mengalami pilek dan batuk. Flu dan batuk sangat menular. Untuk menghindari flu dan batuk ini, Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah. Kandungan allicinnya terbukti mampu membunuh kuman penyebab pilek dan batuk. Selain itu, allicin ini juga dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan.

Mencegah Rambut Rontok

Hampir tidak ada pria yang suka rambutnya rontok. Selain mengganggu dan kotor, semakin sering rontok bisa menjadi botak. Teman-teman juga bisa langsung mengoleskan di bawah putih mentah di kepala.

Memperkuat Tulang

Flavonoid dalam bawang putih dapat memperkuat tulang. Bawang lainnya juga dapat digunakan untuk memperkuat tulang, tetapi bawang putih adalah yang paling efektif.

Mengatasi Jerawat

Apakah Anda lelah memiliki banyak jerawat di wajah Anda? Sudah makan lebih sedikit makanan berlemak tapi masih banyak jerawat? Kalian bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasi tumbuhnya jerawat berlebih di wajah. Kandungan polisulfida, selenium, dan zat lainnya dalam bawang putih, dapat menekan pertumbuhan jerawat di wajah. Lebih efektif jika dikonsumsi dengan cara dikunyah mentah-mentah.

Mencegah Penyakit Pikun

Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh setiap manusia. Namun, tidak ada orang yang suka menjadi pikun ketika tubuh sudah tua. Selain tidak nyaman bagi diri sendiri, pikun juga dapat mengganggu orang lain.

Pikun disebabkan oleh kadar oksida nitrat yang menumpuk di otak. Oksida nitrat pada awalnya merupakan zat yang diproduksi oleh sel mikroglia yang digunakan untuk mencegah peradangan yang terjadi di otak. Bawang putih mengandung turunan karbohidrat yang disebut FruArg. FruArg mampu menghasilkan sel mikroglia tanpa memicu pembentukan oksida nitrat.

Mencegah Kanker

Kandungan belerang dalam bawang putih dapat mencegah kanker dalam tubuh. Anda akan mendapatkan manfaat tersebut jika rutin mengkonsumsi bawang putih mentah.

Mencegah Kerusakan Hati

Bagi peminum minuman keras beralkohol, dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin untuk menghindari kerusakan hati akibat kebiasaan buruk ini.

Memberikan Detoksifikasi pada Tubuh

Sejak dahulu kala, bawang putih dipercaya sebagai antibiotik alami. Hal ini karena kandungan sulfur mampu melindungi tubuh dari berbagai racun.

Mencegah Kelahiran Prematur

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Masker Bawang Putih Untuk Kecantikan

Kelahiran prematur pada bayi biasanya terjadi karena adanya infeksi pada tubuh ibu hamil. Bawang putih memiliki manfaat untuk mencegah infeksi yang terjadi di dalam tubuh. 

Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, siapkan selalu bawang merah yang segar bahkan juga bisa mendapatkan jenis organik. Anda bisa membeli bawang putih tersebut di TaniHub yang menyediakan produk segar dan ditawarkan dengan harga terjangkau karena banyak promo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
86 + = 95