Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Sayur daun kelor untuk kesehatan, Bagi sebagian masyarakat Indonesia, keberadaan daun kelor tentu bukan sesuatu yang sulit ditemukan. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat daun ini. 

Padahal, daun yang sering dikaitkan dengan dunia mistik ini memiliki khasiat yang tidak kalah bagusnya dengan daun dan tanaman herbal kesehatan lainnya. Kandungan Daun Kelor dan Manfaat daun kelor untuk kesehatan. 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat daun kelor secara keseluruhan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya. Sebagai perbandingan, satu cangkir daun kelor segar atau setara dengan 21 gram mengandung sebagai berikut: 

Protein: 2 gram, Vitamin B6: 19% dari RDA (Rasio Kecukupan Gizi),Vitamin C: 12% dari RDA, Besi: 11% dari RDA, Riboflavin (B2): 11% dari RDA, Vitamin A (dari Beta Karoten): 9% dari RDA, Magnesium: 8% dari RDA

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh C. Gopelan di National Institute of Nutrition, Hyderabad, India, juga menunjukkan bahwa nutrisi daun kelor akan meningkat jika diolah melalui pengeringan terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan. 

Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Simak berikut ini. Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh: Daun kelor memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Apa pun? Berikut ulasannya.

Daun kelor mampu mengobati berbagai jenis kanker

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Bagaimana tidak, jika terlambat diobati, kanker bisa merenggut nyawa penderitanya secara perlahan. Hal itu dikemukakan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters.  Kandungan senyawa lain, seperti beta sitosterol juga telah terbukti efektif dalam mengobati pembesaran prostat dan menekan pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.

Tidak hanya itu, fungsi lain dari beta sitosterol juga bertindak sebagai anti inflamasi, yaitu mampu menyeimbangkan gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan pankreas, membantu menyembuhkan luka, dan meredakan kram.

Tidak hanya wortel dan tomat, daun kelor juga berfungsi untuk menyehatkan mata

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Wortel dan tomat dikenal kaya akan vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Namun, siapa sangka, daun kelor yang tidak memiliki unsur merah pada daunnya ternyata mengandung lebih banyak vitamin A dibandingkan wortel dan tomat. Hal ini karena setiap 100 gram daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dari daun kelor juga mengandung khasiat yang dapat mengurangi timbulnya gangguan penglihatan, mencegah pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat dan Khasiat Romaine Lettuce untuk Kesehatan

Menurunkan kadar gula dalam tubuh

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Selain kanker, bahaya diabetes tidak kalah menakutkan. Diabetes bisa terjadi karena kadar gula seseorang yang tinggi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun kelor sebagai penurun kadar gula dalam tubuh Anda. Jika tidak ditangani dengan serius, radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif. Hal ini dapat memicu penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Daun kelor dapat menurunkan kolesterol

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Kolesterol tinggi tentu saja dapat memicu risiko seseorang terkena penyakit jantung. Tenang! Ternyata, tak hanya biji rami, oatmeal, dan almond saja yang bisa menekan kolesterol. 

Celupkan ke saus nikmat

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Ya, sementara selamat tinggal pada rutinitas mengonsumsi sayur atau lauk pauk lain. Saat anak menolak untuk menikmati atau memakan sayur, Anda perlu lebih kreatif dan membiarkan mereka menikmati dnegan caranya. 

Menanam sayur sendiri

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Memasak bersama, Minta ia mencuci sayur, sayur (sesuai dengan usia), memetik buah, atau potongan sayur ke dalam adonan. Saat ia melakukannya, jangan lupa tentang manfaat sayur dan rasa yang luar biasa rasanya.

Baca Artikel Lainnya: Resep Sayur Bening dan Cara Meracik Bumbu Sayur Bening Jawa

Jangan menyerah untuk mengenalkan sayur

Kandungan Manfaat Sayur Daun Kelor Untuk Kesehatan

Lelah memaksa anak untuk mencoba sayurnya atau mencoba mencoba. Jika bujuk sudah tak mempan, berikan variasi warna sayur dalam piring atau bisa juga memberikan reward saat mereka berhasil memasak sayurnya. 

Apapun cara yang dilakukan, kuncinya adalah jangan menyerah. Jika Anda terus gagal, jangan harap alasan untuk berhenti. Ingatlah bahwa makan buah segar masih lebih baik daripada buah yang dijus. Pasalnya, serat dalam buah umumnya hilang saat dijus dan jus itu sendiri terkadang bisa ditambah hingga 6 sendok teh gula pasir sebagai pemanis. 

Bagi kamu yang ingin membeli sayur dan kebutuhan makanan yang lainnya bisa berbelanja melalui TaniHub. Dimana itu adalah aplikasi belanja yang online yang sudah jelas aman dan menyenangkan. Keuntungan yang lain adalah mempunyai banyak metode pembayaran dan berbagai macam promo setiap minggunya. Bebas ongkir ke kota – kota besar Indonesia seperti Pulau Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali. Segera download aplikasi Tanihub dan ikuti juga informasi terbarunya hanya di Instagram @Tanihub. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
5 + 3 =