Mengetahui Kandungan Pada Jambu Biji

Mengetahui Kandungan Pada Jambu Biji

Jambu Biji  adalah buah yang termasuk ke dalam bangsa myrtae dan genus psidium. Seperti kebanyakan buah-buahan, jambu biji kaya akan vitamin C yang mampu melancarkan metabolisme tubuh. 

Vitamin A dengan kadar yang tinggi juga dapat dilihat dari indikasi warna merah pada daging. Vitamin A tentu dapat membantu meningkatkan penglihatan. Selain itu, jambu biji mengandung serat sehingga dapat memperlancar pencernaan.

Begitu banyak manfaat jus jambu biji, terutama jambu biji merah yang didapat saat kita mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsi jus buah segar atau Jambu Buavita, kesehatan dan kesegaran Anda akan tetap terjaga. Baik jus maupun Buavita, para Frutarian bisa menikmati manfaat buah bergizi ini dengan mudah.

Kegunaan Vitamin C Jambu Biji

Baca Artikel Lainnya: Beragam Jenis Jambu Biji dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai penambah kekebalan tubuh. Jenis jambu yang cocok untuk dijadikan buah segar antara lain: Jambu Getas (dari Balai Penelitian Jawa Tengah, hasil persilangan jambu Pasar Minggu dengan jambu biji merah, berat mencapai 400 g. 

Jambu kmer (bentuk tangkai seperti ekor, hijau kekuningan dengan daging merah, berat 450 g), jambu pasar minggu (dari kebun rakyat, berwarna putih dan daging merah, merah tidak disukai, berat 150-200 g ).

Jambu susu (putih seperti susu, kurang manis, berat 300 g, kulit buah hijau muda sampai kekuningan, runcing di batang), Jambu kristal dan mutiara adalah jambu biji introduksi dari Taiwan. Jambu sukun putih dan merah (putih hampir seperti jambu kristal, sejenis jambu merah hanya merah, berat 300 g), jambu bangkok (besar hingga 500-1200 g, daging tebal, biji sedikit).

Jambu Tukan (hampir sama dengan jambu bangkok, hanya kulitnya saja yang terlihat seperti kurap, jika sudah matang rasanya tidak enak). Jambu biji jenis ini cocok untuk dijadikan buah segar, juga diolah sebagai puree dan jus buah. Spesies ini dapat ditanam untuk mengekstrak buah dan daun karena mereka tidak menghasilkan buah dengan kualitas komersial.

Komponen Aktif dan Manfaat

Kandungan vitamin C yang tinggi menyebabkan buah ini dapat digunakan sebagai penambah kekebalan tubuh saat kondisi fisik sangat dibutuhkan untuk melawan penyakit termasuk virus. Komponen bioaktif dalam daun jambu biji adalah karotenoid dan polifenol seperti gallocatechins dan leukocyanidines. Kulit dan daging buah juga lebih banyak mengandung polifenol dan karotenoid. 

Buah jambu biji mentah digunakan untuk pengobatan tradisional seperti diare, disentri, gastroenteritis, hipertensi, diabetes, gigi berlubang, dan koordinasi alat gerak. Sedangkan ekstrak daunnya digunakan untuk obat batuk, diare, minum obat maag, dan gusi bengkak. Buah yang matang kaya akan vitamin A, C, zat besi, fosfor dan kalsium serta mineral. 

Buah ini mengandung kandungan organik dan anorganik yang tinggi seperti metabolit sekunder yaitu antioksidan, polifenol, senyawa antivirus dan anti inflamasi. Daun jambu biji banyak mengandung senyawa fungistatik dan bakteriostatik. 

Tips Penyimpanan

Penyimpanan buah jambu Biji tergantung pada jenisnya. Jenis jambu biji berwarna pink dan kuning lebih cepat dibandingkan dengan jambu biji berwarna hijau. Berikut ini beberapa tips penyimpanan jambu Biji.  tidak menyimpan buah-buahan Biji yang sangat matang karena tidak tahan dalam hitungan tiga hari. 

Untuk penyimpanan dalam waktu yang dapat dilakukan dengan membersihkan buah jambu Biji, kemudian meletakkan dalam plastik yang tertutup rapat, lalu masukkan kedalam lemari pendingin, maka buah tersebut dapat bertahan hingga 10 bulan. Akan lebih aman jika menyimpan jambu Biji dalam bentuk produk seperti selai atau sirup.

Tips Konsumsi

Untuk mengkonsumsi jambu Biji dapat dilakukan secara langsung yaitu tanpa perlu diolah. Namun jika hendak disimpan dalam waktu yang lama maka olah menjadi produk yang akan lebih baik. Berikut ini beberapa produk olahan jambu Biji:

Pasta Jambu

Jambu Biji juga sering digunakan untuk pembuatan pasta.Produk ini selain mudah ditemukan juga proses pembuatannya cukup mudah. 

Selai

Memiliki buah yang manis, sangat cocok untuk dijadikan selai. Pertama-tama dibersihkan buah jambu Biji dan dikupas. Kemudian potong menjadi dadu, lalu tambahkan sedikit udara dan haluskan menggunakan blender. Setelah halus, dimasak menggunakan pan dengan api sedang. 

Teh Daun Jambu Biji

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 8 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatan

Mengkonsumsi daun jambu biji dapat dilakukan dengan ekstrak daun jambu biji. Untuk yang diperlukan 6 pcs daun, lalu rebus dengan 1 liter air selama 10 menit, ambil air hasil rebusan dan tambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Jadi Anda yang ingin membeli jambu biji yang bagus dan matang sempurna di dalamnya dan tidak busuk, maka Anda bisa dapatkan di TaniHub. Salah satu platform e-commerce yang bisa Anda manfaatkan pelayanannya untuk mencukupi kebutuhan Anda di masa pandemi. Karena pemesanan barang apapun bentuknya mulai dari buah, sayur, ikan dan daging serta sembako dilakukan secara online dan pembayaran mudah. Ditambah kualitas barang yang selalu segar dan terjamin kualitasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
44 + = 46