Ini Kelebihan dari Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

Ini Kelebihan dari Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

Ini Kelebihan dari Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

Ayam broiler adalah salah satu jenis unggas yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ayam broiler umumnya banyak diternak untuk diambil dagingnya. Daging ayam broiler bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang nikmat, baik itu dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, dll. Dibandingkan dengan jenis ayam lainnya, ayam broiler memiliki daging yang banyak. Dan ayam yang satu ini sudah bisa disembelih ketika sudah berusia sekitar 40 hari.

Kandungan Gizi dalam Ayam Broiler

Daging dari ayam broiler memiliki kandungan gizi dan sumber protein yang sama tingginya dengan ayam kampung. Hanya saja untuk ayam broiler memiliki kandungan lemak yang jauh lebih tinggi. Namun meskipun demikian, daging ayam broiler masih lebih rendah kandungan lemaknya dibandingkan dengan daging sapi. Untuk 100 gram daging ayam broiler terdapat kandungan gizi berikut ini:

  • Energi: 295 kkal.
  • Protein: 37 gr
  • Lemak: 14,7 gr

Selain itu di dalam daging ayam broiler juga mengandung banyak kandungan mineral dan zat penting lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Baca Artikel Lainnya: Cara Bertenak Ayam Broiler di Pekarangan Rumah

Kelebihan Daging Ayam Broiler

Selain kandungan gizi yang dimilikinya, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh daging ayam broiler, yaitu:

  1. Bisa digunakan sebagai pelengkap nutrisi 4 sehat 5 sempurna.
  2. Bagus untuk mencegah anemia.
  3. Cocok digunakan sebagai makanan untuk membantu pertumbuhan otot.
  4. Membantu untuk menghilangkan stress.

Tips Membeli Daging Ayam Broiler

Dalam membeli bahan makan berupa daging ayam, sebaiknya Anda lebih selektif. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan daging yang memang masih segar dan berkualitas bagus. Sehingga ketika diolah dan dikonsumsi tidak hanya enak dan nikmat saja, namun juga bisa menyehatkan tubuh. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika membeli daging ayam broiler, antara lain:

1.Warna daging merah muda.

Daging ayam yang masih segar bisa diketahui dengan melihat warnanya. Sebaiknya pilih daging ayam broiler yang warnanya merah muda atau agak kemerah-merahan. Daging ayam yang warnanya kemerah-merahan menandakan jika baru dipotong. 

2.Tekstur daging elastis.

Daging ayam broiler yang masih segar memiliki tekstur daging yang elastis. Sehingga ketika membelinya, Anda bisa mencari tahu dengan cara menekan dagingnya. Jika setelah ditekan, dagingnya kembali ke keadaan semula atau tidak berbekas tekanannya, maka bisa dikatakan dagingnya masih segar. Sedangkan jika setelah ditekan meninggalkan bekas tekanan, maka kondisi daging sudah tidak segar. Selain itu, jika tekstur dagingnya sudah lembek dan berlendir, maka juga menjadi pertanda dagingnya sudah tidak segar.

3.Memiliki aroma yang segar.

Daging ayam broiler yang segar juga bisa diketahui dengan cara mencium aromanya. Jika masih beraroma segar, tidak anyir, serta tidak amis atau menyengat maka daging tersebut masih bagus.

Baca Artikel Lainnya: Inilah Bahaya Mengkonsumsi Ayam Broiler untuk Kesehatan Bila Terlalu Sering

Itu tadi informasi singkat mengenai kelebihan daging ayam broiler, berikut juga dengan tips yang bisa dilakukan saat membelinya. Agar mendapatkan produk daging ayam yang segar, penting juga untuk membeli di tempat yang tepat. TaniHub bisa menjadi tempat belanja kebutuhan daging ayam yang segar dan berkualitas. Banyak metode pembayarannya dan promo disetiap minggunya. Cek ketersediaan produk ayam broiler disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
3 + 7 =