Kenali Bagian Daging Sapi Terbaik dan Cara Memasak Agar Enak

Kenali Bagian Daging Sapi Terbaik dan Cara Memasak Agar Enak

Kenali Bagian Daging Sapi Terbaik dan Tips Mengolahnya Agar Enak Tidak Alot

Bukan hanya saat lebaran korban, penggemar daging sapi di Indonesia ternyata cukup banyak. Hal itu terlihat permintaan pasar setiap harinya yang selalu banyak dan terus mengalami peningkatan. Seperti yang diketahui daging sapi bisa digunakan untuk olahan soto, rendang, gulai dan masih banyak lagi lainnya. Tidak heran jika harga dipasaran jauh lebih tinggi dari pada daging ayam ataupun jenis lainnya. Bukan saja enak untuk dijadikan dalam berbagai olahan, namun daging sapi juga memiliki kandungan baik untuk mendukung kesehatan. Apakah Anda salah satu penggemar daging sapi?

Bagian Daging Sapi Paling Terbaik

Kenali Bagian Daging Sapi Terbaik dan Tips Mengolahnya Agar Enak Tidak Alot

Sama-sama daging sapi tetapi setiap bagiannya ternyata memiliki kualitas yang berbeda, inilah kenapa tidak semua bisa digunakan dalam satu jenis masakan. Misalnya untuk soto daging sapi bagus bagian apa, untuk steak paling cocok bagian apa dan lainnya. Nah, sebelum memasak ada baiknya Anda paham mengenai hal tersebut. Sebagai rekomendasi, berikut ini bagian daging sapi yang dikatakan paling terbaik untuk dijadikan dalam berbagai jenis olahan yaitu:

1.Tenderloin.

Dalam bahasa steak tenderloin sudah sangat umum, namun untuk bahasa sapi bisa disebut dengan has dalam. Jenis daging yang satu ini paling cocok untuk dibuat steak, selain paling empuk juga tidak memiliki lemak sehingga lebih sehat. Tenderloin merupakan bagian punggung, bila mengkonsumsi tidak perlu takut berat badan meningkat. 

2.Sirloin.

Kebalikan dari sebelumnya ini merupakan daging has luas yang tepat untuk dijadikan olahan steak juga. Rasanya lebih gurih karena memang berlapis lemak, selain cocok untuk steak baik pula untuk diolah tumis, kukus ataupun fried and grill. Namun dengan metode masa lambat, jenis yang satu ini kurang cocok.

Baca Artikel Lainnya: 6 Cara Membuat Daging Sapi Lembut Dengan Cepat

3.Buntut.

Tesktur kenyal pada jenis bagian ini cocok untuk dijadikan pilihan memasak, namun prosesnya memang perlu lebih banyak waktu. Tepat untuk dijadikan sop buntut, selain nikmat juga memberikan sensasi rasa gurih sehingga menggugah selera saat dimakan.

4.Gandik.

Rendang sapi siapa yang tidak suka? Namun untuk membuat rendang yang enak, empuk dan nikmat tidak bisa sembarang daging sapi dijadikan pilihan. Gandik merupakan salah satu bagian yang paling direkomendasikan, dimana tesktur padat dengan sedikit lemak sehingga cocok untuk pemasakan waktu lama. Selain rendang, cocok pula untuk dendeng, empal ataupun yang lain.

Cara Memasak Daging Sapi Supaya Empuk Dan Enak

Kenali Bagian Daging Sapi Terbaik dan Tips Mengolahnya Agar Enak Tidak Alot

Pemilihan jenis daging sudah benar, daging berkualitas namun tidak akan nikmat ketika diolah dengan cara yang salah. Bahkan sering orang mengalami masalah seperti daging yang tidak bisa empuk meskipun sudah dimasak dalam waktu lama. Bagi Anda yang masih sering mengalami masalah tersebut, bisa coba beberapa tips memasak yang empuk berikut ini:

  1. Perlu menggunakan palu yang khusus untuk daging supaya pukulan tepat dan memberikan tekstur daging lebih lembut.
  2. Bisa coba taburi dengan garam selama 1-2 jam, setelah didiamkan lalu bisa garam pada daging.
  3. Bumbui dengan beberapa bahan yang mengandung asam seperti cuka atau lemon, setelah itu diamkan untuk mendapatkan tekstur lebih empuk.
  4. Rendam menggunakan buah yang kaya akan enzim pelembut daging seperti nanas, pir, kiwi atau pepaya.
  5. Diamkan daging dalam suhu ruangan sekitar 30 menit sebelum dimasak.
  6. Pemotongan yang tepat akan mempengaruhi keempukan daging, potong melintang dengan serat ototnya.
  7. Masak dengan suhu yang sesuai, karena memasak yang terlalu lama bisa membuat daging kering tetapi jika memasak terlalu cepat akan membuat daging sangat kenyal.
  8. Teknik slow cooking menjadi pilihan tepat, dimana collagen yang ada pada daging dapat mudah terurai dalam api kecil sehingga membuat lebih mudah empuk.

Baca Artikel Lainnya: Mengenal Daging Sapi Wagyu yang Harganya Mahal

Nah, setelah melihat beberapa tips dan trik diatas tentu tidak kesulitan lagi membeli daging sapi yang tepat bukan? Sebenarnya semua bagian daging sapi itu enak untuk dimakan, namun tetap ada beberapa resep yang menggunakan daging tertentu jadi tidak bisa sembarangan. Bagi Anda yang sedang mencari daging sapi berkualitas baik bisa langsung belanja saja di TaniHub. Dimana mereka menyediakan berbagai jenis bahan dapur mulai sayur, buah, daging, ayam, telur, bumbu dan perlengkapan lainnya secara lengkap dan harga yang terjangkau apalagi jika memanfaatkan promo TaniHub. Yuk, belanja di TaniHub sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
3 + 6 =