Kenali Sederet Manfaat dan Ide Olahan Kangkung Simpel Tapi Enak Berikut Ini!

Kenali Sederet Manfaat dan Ide Olahan Kangkung Simpel Tapi Enak Berikut Ini!

Kenali Sederet Manfaat dan Ide Olahan Kangkung Simpel Tapi Enak Berikut Ini!

Kangkung bukanlah sayuran hijau satu-satunya yang ada di Indonesia, melainkan ada banyak pilihan lainnya. Namun dibandingkan dengan yang lain keberadaan jenis sayur yang satu ini dinilai lebih populer. Bahkan Anda bisa lihat sendiri di berbagai rumah makan, kangkung selalu menjadi salah satu menu yang cukup banyak peminatnya. Di Indonesia sendiri mudah sangat ditemukan baik dari pasar tradisional sampai dengan pasar swalayan besar. Harga yang dikenakan untuk sebuah kangkung sangat murah, tidak heran jika dikenal di semua kalangan. Jangan salah meskipun hanya sebatas kangkung tetapi ternyata memiliki nilai gizi yang tinggi.

Mengenal Tentang Kangkung

Bukan hanya di Indonesia, kangkung menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di Indonesia sendiri kangkung dikenal dalam dua jenis yaitu kangkung air serta kangkung darat, keduanya masuk dalam jenis tanaman herbal. Yang membedakan dari keduanya adalah dari bentuk daun dan juga pada warna bunganya. Selain itu kangkung darat memiliki daun yang lebih panjang, pada bagian ujung lebih runcing dengan warna hijau keputihan dan juga bunga putih. Namun yang perlu Anda pahami apapun jenisnya kandungan nutrisi pada kangkung itu sangat banyak dan bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya: Resep Kreasi Olahan Kangkung Mudah yang Bisa Dicoba

Kandungan Nutrisi Dalam Kangkung

Kenali Sederet Manfaat dan Ide Olahan Kangkung Simpel Tapi Enak Berikut Ini!

Tidak sedikit orang yang menghindari kangkung dengan berbagai alasan, seperti penyebab rematik, penyebab sakit sendi, penyebab kantuk dan masih banyak lagi lainnya. Padahal dibalik itu semua kangkung menyimpan nutrisi yang cukup banyak dan kesemuanya diperlukan oleh tubuh. Ya, dalam 100 gram kangkung yang Anda konsumsi memiliki nutrisi 19 kalori, karbohidrat 3.14 g, protein 2.6 g, lemak 0.2 g, serat 2.1 g, natrium 113 mg, kalium 312 mg, kalsium 77 mg, zat besi 1,67 g, magnesium 71 mg, fosfor 39 mg. Kandungan kalori yang tergolong rendah membuat kangkung menjadi salah satu sayuran yang cocok untuk menjalankan program diet.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Setelah melihat sederet kandungan kangkung yang ada seperti diatas, tentu Anda sudah menyimpulkan jika jenis sayuran hijau tersebut cukup bermanfaat. Benar saja, secara nyata kangkung dapat memberikan beragam keuntungan dalam kesehatan seperti:

1.Mencegah anemia.

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada kangkung ternyata dapat dimanfaatkan untuk tubuh. Dimana berfungsi merangsang produksi sel darah merah sehingga terhindar dari gejala penyakit anemia. Seperti misalnya saja badan lesu, lelah, lemah dan sakit pada bagian kepala.

2.Menyehatkan mata.

Kandungan vitamin A pada kangkung juga cukup tinggi, hal itu tentu mendukung kesehatan mata setiap harinya. Dengan rutin mengkonsumsi kangkung dinilai bisa menghindarkan Anda dari berbagai masalah mata seperti salah satunya katarak.

3.Menjaga fungsi hati.

Dalam sebuah penelitian dikatakan dengan mengkonsumsi kangkung air mampu mengurangi enzim yang dapat meningkatkan masalah pada hati. Mampu mengurangi luka pada hari bahkan kematian sel akibat terjadinya keracunan. Bisa dikatakan kangkung memiliki sifat antioksidan yang tinggi dan bisa juga detoksifikasi.

4.Meningkatkan kualitas otak.

Bila banyak orang menyebut kangkung sumber kantung, ternyata dengan mengkonsumsi olahan kangkung justru akan membuat kualitas otak meningkat. Hal itu tentu dari beberapa kandungan yang dimiliki seperti vitamin V kompleks dan omega 3.

Baca Artikel Lainnya: Aneka Olahan Kangkung Nikmat Kekinian dan Tips Memasaknya Agar Tidak Hitam

Ide Olahan Kangkung Simpel, Mudah, Sehat Dan Enak

Sebenarnya masih ada banyak manfaat yang dimiliki oleh kangkung untuk mendukung kesehatan tubuh, namun diatas hanyalah sebagian kecil. Yang pasti kandungan baik dan manfaat yang baik sudah jelas dimiliki oleh sayuran hijau tersebut. Saatnya Anda mencari ide olahan kangkung apa saja yang dapat dijadikan menu harian mudah namun sehat dan enak, seperti:

  • Cah kangkung.
  • Mie kangkung.
  • Belacan.
  • Bumbu rujak.
  • Sambal tempe.
  • Tumis kangkung.
  • Tumis kangkung terasi/ bakso.
  • Hot plate kangkung.
  • Sayur asem kangkung.

Untuk bisa mengolah berbagai jenis ide olahan kangkung seperti diatas, Anda perlu menyediakan beberapa bumbu yang diperlukan. Supaya dapur tetap terpenuhi dengan baik, bisa belanja semua kebutuhan melalui TaniHub. Dimana tempat tersebut mampu memberikan pilihan sayur, buah, daging, ikan sampai dengan bumbu lengkap dapur lainnya. Harga yang ditawarkan cukup murah apalagi jika Anda berhasil mendapatkan promo yang mereka tawarkan. Yuk belanja kebutuhan dapur di TaniHub saja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
28 − 25 =