Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar Agar Lebih Sehat Dikonsumsi

Ayam potong atau yang lebih dikenal dengan ayam broiler maupun ayam negeri merupakan jenis ayam yang paling mudah untuk dijumpai di pasaran. Tak hanya itu jika berbicara mengenai harganya sendiri ayam potong memang tergolong jauh lebih murah dibandingkan dengan ayam kampung, Ditambah lagi untuk ukuran dagingnya sendiri juga lebih tebal. Hal itulah yang membuat ayam ini digemari oleh masyarakat sebagai menu utama dalam makanan sehari-hari mereka.

Tips Memilih Ayam Potong yang Segar

Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Pemilihan ayam menjadi bagian yang sangat penting sebelum Anda membeli, apalagi belakangan ini juga cukup marak diantara penjual nakal yang menjual produk ayam tiren atau yang sudah mati beberapa hari. Tentunya dari segi rasa juga tidak nikmat ditambah dengan potensi bakteri pembawa penyakit juga. Untuk itu maka ketahui tips pemilihannya secara tepat berikut ini, yaitu:

  1. Perhatikan warnanya, melihat kesegaran ayam paling mudah memang dari warnanya, yaitu putih dan cenderung agak kemerahan segar, bukan mengkilap karena diberi formalin.
  2. Aroma khas, cium aromanya karena ayam segar akan mengeluarkan aroma yang khas, bukan bau.
  3. Tekstur, teksturnya masih kenyal dan jika ditekan maka akan kembali lagi seperti semula. Hati-hati jika ayam tersebut ketika dipegang justru banyak tekstur tepung karena ini adalah bahan kimia untuk mengawetkannya.
  4. Ayam yang segar umumnya juga tidak mengeluarkan darah yang cukup banyak, karena hal ini biasanya terjadi ketika ayam sudah sering dibekukan da dicairkan kembali.

Baca Artikel Lainnya: Jangan Sampai Salah Beli, Ini Bedanya Ayam Broiler dan Ayam Kampung

Bahaya Daging Ayam Potong Bagi Kesehatan Jika Salah Pengolahan

Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Jangan sampai salah mengolah karena bisa menyebabkan beberapa resiko ini, yaitu:

  1. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella dan juga campylobacter.
  2. Mengandung logam berat yang ada didalamnya. Logam berat dapat masuk melalui lingkungan pembudidayaan dan makanan yang dikonsumsi oleh ayam tersebut.
  3. Mengandung antibiotik yang biasanya disuntikkan pada saat pembesaran ayam tersebut.

Cara Mengolah Ayam Potong dengan Tepat

Ketahui Cara Mengolah Ayam Potong dengan Benar

Hendaknya Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk mengolah daging ayam secara tepat sehingga aman dikonsumsi dan nikmat, yaitu:

  1. Masak daging ayam hingga benar-benar matang, daging ayam ini pada dasarnya berbeda dibandingkan dengan daging sapi atau daging merah yang justru lebih enak dikonsumsi setengah matang. Karena ia mengandung bakteri yang sangat mungkin menjangkiti manusia jika seandainya dimasak tidak matang.
  2. Masak dengan cara direbus, bahkan sebelum digoreng sebenarnya dianjurkan bagi Anda untuk merebusnya terlebih dahulu. Cara yang satu ini akan sangat membantu untuk menghilangkan kandungan logam berat yang ada didalamnya.
  3. Hindari untuk meletakkan ayam matang pada wadah yang sama ketika Anda meletakkan ayam mentah, karena sangat berpotensi untuk menyebarkan bakteri.
  4. Pastikan untuk cuci tangan dengan sabun dan air baik itu sebelum maupun sesudah mengolah daging ayam.

Baca Artikel Lainnya: 6 Tips Memilih Daging Ayam Segar

Setidaknya itulah beberapa cara yang dapat diterapkan dalam mengolah daging ayam ini agar nantinya bisa lebih sehat. Dapatkan produk ayam yang segar ini sekarang secara mudah yaitu lewat aplikasi dari TaniHub. TaniHub memastikan bahwa produk yang diberikan ke tangan konsumen langsung masih dalam kondisi yang sehat. Kualitasnya tetap terjaga dengan baik apalagi memang produk tersebut langsung berasal dari tangan pertama yaitu petani-petani di Indonesia. Belanja disini Anda sudah berkontribusi dalam mendukung pertanian dan perekonomian dalam negeri, karena ikut membeli dan menggunakan produk-produk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 3 = 7