Mengenal Banyak Keunggulan dari Telur Ayam Kampung

Mengenal Banyak Keunggulan dari Telur Ayam Kampung

Mengenal Banyak Keunggulan dari Telur Ayam Kampung

Telur adalah bahan sehari-hari yang bisa digunakan sebagai lauk atau juga campuran untuk membuat masakan lainnya. Telur bisa digunakan dan diolah menjadi telur gulung, telur rebus, telur ceplok, dan telur orak-arik. Selain itu telur juga bisa digunakan sebagai campuran untuk bahan kue, membuat tahu bakso, membuat toaster, dan masih banyak makanan lainnya yang membutuhkan telur sebagai salah satu bahannya. Selain dapat memberikan rasa yang enak, telur juga kaya akan manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Mengenal Telur Ayam Kampung

Mengenal Banyak Keunggulan dari Telur Ayam Kampung

Telur mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih salah satunya adalah telur ayam kampung. Telur ini juga mempunyai kandungan protein yang baik untuk memberikan manfaat kesehatan yang bisa dirasakan. Telur ayam kampung mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan telur biasanya dan warnanya yang lebih cerah bahkan juga biasanya mempunyai warna putih. Selain itu telur ayam kampung juga dipercaya mempunyai nutrisi dan kandungan lebih baik dibandingkan ayam negeri. Hal tersebut dibedakan karena cara pemeliharaan ayam kampung yang lebih sehat dan alami, sehingga hal tersebut juga berdampak pada telurnya yang mempunyai lebih sehat untuk dikonsumsi.

Baca Artikel Lainnya: Mengetahui Bagian, Kualitas Dan Jenis Telur

Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Negeri

Telur ayam kampung dipercaya mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang lebih baik dibandingkan ayam negeri. Hal tersebut karena cara pemeliharaan ayam kampung yang lebih baik yaitu hidup secara bebas dan juga diberikan makanan dari pakan alami. Telur ayam kampung biasanya diberikan makanan dari cacing, biji-bijian, ulat, dan lainnya yang biasanya juga ditemukan oleh ayam kampung sendiri ketika di luar. Sedangkan cara pemeliharaan ayam negeri seperti yang telah diketahui mempunyai kandang khusus dan menggunakan makanan dari bahan kimia. Ayam negeri dipelihara dalam waktu yang cukup singkat dan mempunyai fokus untuk menggemukkan ayam untuk dipotong sehingga mendapatkan daging yang banyak. Singkatnya ayam kampung mempunyai daging hingga telur yang lebih berkualitas, sedangkan pemeliharaan ayam negeri untuk mencapai kuantitas sebanyak-banyaknya.

Telur ayam kampung walaupun mempunyai ukuran yang lebih kecil tetapi biasanya mempunyai harga lebih mahal dibandingkan ayam negeri. Telur ayam kampung biasanya mempunyai ukuran kecil dengan berat 27 hingga 56 gram per butirnya. Selain itu hal lainnya yang membedakan telur ayam kampung dan telur ayam negeri adalah:

  • Telur ayam kampung mempunyai warna cangkang yang lebih bersih dan putih, sedangkan untuk telur ayam negeri mempunyai warna telur yang kecoklatan.
  • Telur ayam kampung mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan ayam negeri yang mempunyai cangkang lebih besar dan kasar.
  • Telur ayam kampung mempunyai warna kuning telur lebih orange, sedangkan untuk ayam negeri mempunyai warna kuning telur yang cerah.

Kandungan Nutrisi Telur Ayam Kampung

Selain dari tampilan luarnya, telur ayam kampung juga mempunyai kandungan nutrisinya sendiri. Untuk kandungan nutrisi telur ayam kampung sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan telur ayam negeri yaitu mempunyai kandungan protein, energi, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, besi, vitamin A, kartoen, vitamin B, omega 3, dan juga antioksidan. Telur ayam kampung juga mempunyai kandungan protein berkualitas yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan

Mengenal Banyak Keunggulan dari Telur Ayam Kampung

Baca Artikel Lainnya: 4 Kesalahan dalam Mengolah Telur yang Perlu Dihindari

Berkat kandungan nutrisinya, apabila dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan telur ayam kampung memberikan manfaat kesehatan meliputi:

  • Dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.
  • Dapat membantu mencegah katarak berkat kandungan vitamin A di dalamnya.
  • Dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit jantung.
  • Dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak berkat kandungan kolin yang efektif untuk meningkatkan fungsi sistem saraf otak.
  • Dapat membantu mendukung pertumbuhan sel dan membangun massa otot.
  • Bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena bisa membuat kenyang lebih lama.

Berbagai keunggulan telur ayam kampung tersebut bisa dimanfaatkan dengan membelinya dari TaniHub. Tempat ini menyediakan pilihan berbagai telur yang tersedia baik dari telur ayam negeri, telur asin, dan telur ayam kampung. Membeli telur ayam kampung di TaniHub bisa mendapatkan harga lebih terjangkau berkat diskon dan promo yang ditawarkan. Produk yang dibeli juga dari peternak sehingga membantu peternakan dan pertanian lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
5 + 3 =