Manfaat Jus Labu Siam

Manfaat Jus Labu Siam

Mengkonsumsi Air Labu Siam

Termasuk tanaman merambat yang memiliki sulur yang menjadi tempat tumbuhnya. Tumbuhan sayur ini bernama ilmiah Sechium Edule, berasal dari famili Cucurbitaceae, berbentuk buah pir berwarna hijau dan sedikit berkerut.

Kandungan nutrisi dalam satu Labu Siam tinggi serat, rendah karbohidrat dan rendah kalori, sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang diet. Misalnya, Anda bisa mencoba manfaat jus labu siam yang lebih murni karena tidak dicampur dengan perasa dan bahan tambahan lainnya. Cukup dicuci bersih. Anda akan mendapatkan manfaat jus labu siam sebagai berikut:

Menurunkan Kolesterol

Makanan yang kita konsumsi setiap hari terkadang mengandung kolesterol tinggi yang tidak aman untuk kesehatan. Jika menumpuk di dalam tubuh, lemak ini akan berubah menjadi kolesterol jahat yang menyebabkan berbagai penyakit. 

Manfaat jus labu siam dan manfaat labu siam rebus dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh dan juga mengandung kalori yang sangat sedikit.

Mengatasi Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa berbahaya karena bisa menyebabkan stroke. Bahkan saat ini, bukan hanya orang tua yang berisiko mengalaminya, tetapi juga orang muda yang sudah mulai banyak mengalami tekanan darah tinggi. 

Kandungan magnesium dalam labu siam dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Begitu juga dengan kandungan zinc pada labu siam yang mempengaruhi tekanan darah. Manfaat jus labu siam dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Baca Artikel Lainnya : Tips Aman dan Mudah Hilangkan Getah Labu Siam Sebelum Dimasak!

Mencegah Penuaan Dini

Tidak ada yang suka mengetahui bahwa ia mengalami penuaan dini dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan di wajahnya. Apalagi jika Anda masih muda, namun sudah terlihat tua karena kerutan yang muncul. 

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam antioksidan mampu mencegah radikal bebas yang datang dari luar dan menyebabkan penuaan dini. Kandungan air yang tinggi juga dapat menjaga kelembapan kulit dan tidak mudah keriput. 

Mengatasi Sembelit

Kelancaran pencernaan makanan di lambung dan usus akan membantu memperlancar proses buang air besar sehingga tidak perlu mengalami sembelit yang bisa menyebabkan wasir atau ambeien jika terjadi terlalu sering.

Sebagai Sumber Energi

Labu siam mengandung potasium atau potasium yang sudah lama dikenal sebagai salah satu mineral yang dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada labu siam juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan membawa manfaat labu siam untuk diet yang sangat baik.

Mencegah Kanker

Manfaat jus labu siam juga dapat mencegah kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi seperti yang diketahui senyawa antioksidan dapat mencegah kanker dalam tubuh. Antioksidan mampu membasmi sel radikal bebas yang berasal dari makanan tidak sehat dan pencemaran lingkungan kita. 

Menurunkan Berat Badan

Labu siam mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah sehingga manfaat jus labu siam akan mampu menurunkan berat badan dengan baik. Labu siam mengandung sekitar 3,5 gram serat dalam satu buah yang dapat memenuhi sekitar 14 persen kebutuhan harian seseorang.  

Memudahkan penurunan berat badan dengan pencernaan yang lebih lancar, dan juga mendapatkan manfaat labu siam untuk kolesterol yang lebih terkontrol.

Mengatasi Diabetes

Mengkonsumsi Air Labu Siam

Begitu juga dengan kandungan vitamin C pada labu siam yang dapat mengontrol penyakit diabetes melitus dengan merangsang pengeluaran insulin pada penderitanya.. 

Menyehatkan Jantung

Rutin makan labu siam dapat meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan myricetin, misalnya, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat seperti yang dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada binatang. 

Baca Artikel Lainnya: Jangan Salah, Selain Perkuat Imun Inilah Khasiat Labu Siam yang Jarang Diketahui!

Memiliki Efek Antikanker

Asupan banyak buah dan sayur, termasuk dari labu siam, termasuk dengan penurunan risiko berbagai jenis Studi tabung reaksi menunjukkan beberapa senyawa labu siam dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukemia. 

Tinggi Antioksidan, Manfaat Labu Siam untuk Jantung dan Pencernaan. Labu siam atau labu siam adalah sayuran yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Nama lainnya labu mirliton atau chocho. Di Indonesia, labu siam gampang ditemui. 

Harganya juga termasuk murah. Labu siam banyak diolah sebagai tumisan, dijadikan isian sayur asem, sayur lodeh, hingga disajikan dan dijadikan lalapan. Nah sekian penjelasan manfaat labu siam. mpat membeli yang bisa dipilih misalnya di TaniHub yang menawarkan pembelian secara online yang akan diantar langsung ke rumah. TaniHub menyediakan berbagai jenis timun seperti timun acar, timun Jepang, timun lokal, dan jenis lainnya yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
24 − = 19