Lima Langkah Menanam Tomat di Rumah dengan Mudah yang Bisa Dicoba

Lima Langkah Menanam Tomat di Rumah dengan Mudah yang Bisa Dicoba

Lima Langkah Menanam Tomat di Rumah dengan Mudah yang Bisa Dicoba

Tomat merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk campuran bahan masakan dan makanan. Tomat juga dikonsumsi secara langsung dengan rasa yang segar seperti tomat buah yang mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan tomat sayur. Bahan yang satu ini dikenal mempunyai harga yang fluktuatif. Sehingga bagi yang menyukai untuk ngemil tomat buah akan mengalami kesulitan apabila membelinya saat harganya sedang tinggi. Oleh karena itulah untuk menyiasati hal tersebut bisa menanam tomat sendiri di rumah yang cara budidayanya juga mudah. Menanam tomat di rumah tidak membutuhkan banyak lahan dan bisa ditanam di pot sehingga dapat tetap terlihat rapi. Berikut ini lima langkah menanam tomat dengan mudah yang bisa diikuti adalah seperti di bawah ini:

1.Menyiapkan Media Tanam dan Tempat

Tips pertama untuk menanam tomat di rumah adalah dengan menyiapkan tempat yang akan digunakan. Anda bisa memilih jenis pot yang mudah ditemukan dan dibeli di banyak tempat. Pot tersebut juga sudah bolong, sehingga tidak perlu untuk di lubangi lagi. Selain itu Anda bisa menanam tomat di polybag, kaleng bekas, ember plastik, dan berbagai tempat lainnya. Setelah memilih tempat menanam, Anda bisa memilih media tanam yang bisa digunakan. Siapkan tanah subur, arang sekam, dan juga pupuk yang mempunyai perbandingan 2:1:1. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa membuat media tanam ini beberapa hari sebelumnya sehingga dapat membuat mineral kompos menyatu dengan tanah.

2.Menyiapkan Benih Tomat

Hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan benih tomat. Pastikan memilih benih yang sesuai dengan jenis tomat yang diinginkan untuk ditanam di rumah. Sehingga Anda bisa mendapatkan jenis tomat yang tepat dan yang mudah untuk ditanam dan dibudidayakan di rumah. Langkah ini merupakan hal yang sangat penting karena juga akan mempengaruhi kualitas tanaman hingga hasil panen yang akan dihasilkan. Oleh karena itulah pilih benih tomat dengan teliti dan penuh pertimbangan. Seperti memilih benih tomat yang dapat nantinya membuat tanaman yang subur dan sehat. Selain itu juga bisa mendapatkan benih tomat yang berkualitas didapatkan dari petani tomat secara langsung.

3.Penyemaian Benih Tomat

Setelah mendapatkan benih tomat yang berkualitas, langkah penting selanjutnya adalah melakukan penyemaian atau penyebaran benih. Media semai yang dapat digunakan adalah campuran tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1. Tanamkan pada media semai tersebut dan letakkan ditempat yang tidak terkena air hujan maupun sinar matahari langsung. Untuk membuat benih mempunyai hasil panen maksimal, pastikan juga untuk merawat benih tersebut dengan cara menyirami dan merawatnya dengan rutin.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Wajah Dan Cara Mengeringkan

4.Perawatan

Langka perawatan ini adalah dengan memberikan pupuk ketika sudah 14 hari setelah bibit tomat ditanam. Hal ini akan merangsang pertumbuhan bibit menjadi lebih sehat dan subur. Sedangkan setelah 1 bulan tanam pindahkan bibit ke tempat tanam yang telah disiapkan sebelumnya yaitu di pot ataupun tempat lainnya. cabut bibit tomat dari media semai ketika akan dipindahkan ke media tanam. Pastikan hati-hati agar nantinya tidak putus dan rusak, sehingga usaha yang dilakukan akan percuma. Sirami tanaman dengan rutin tetapi jangan terlalu banyak yaitu cukup dua kali sehari.

5.Panen

Menanam tomat di rumah dengan mengikuti langkah mudah ini membutuhkan setidaknya 3 minggu tau 100 hari saja sebelum panen. Sehingga Anda bisa untuk mendapatkan tomat dengan memetik sendiri di rumah. Tomat yang sudah dipanen adalah yang mempunyai buah warna kekuningan. Sehingga menjadi tanda buah tersebut sudah siap dipanen dan dikonsumsi karena sudah matang.

Baca Artikel Lainnya: Ulasan Seputar Jenis dan Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Diatas merupakan cara mudah untuk menanam tomat di pekarangan rumah sendiri. Sehingga Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung dari memetik sendiri dan tanpa membelinya. Salah satu langkah menanam tomat yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bibitnya. Pastikan untuk memilih bibit yang berkualitas. Untuk mendapatkan bibit berkualitas tersebut, Anda bisa membelinya di TaniHub. Tempat ini menawarkan berbagai bahan makanan yang dibutuhkan seperti sayur, buah, daging, seafood hingga biji atau bibit untuk menanam sendiri di rumah. Seperti benih tomat yang didapatkan dari petani sehingga memberikan kualitas yang terjamin dengan hasil panen subur dan melimpah.Untuk sistem pembayaranya sangat aman dan proses pengirimanya cepat. Apa pun itu, selalu #AdaSolusinya di TaniHub. Penasaran dengan aplikasi TaniHub? Simak video dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 7 = 13