Macam-Macam Buah Penambah Darah

Buah Penambah Darah adalah buah yang mengandung nutrisi atau zat dimana zat tersebut berperan untuk meningkatkan darah dalam tubuh, baik itu sel darah merah, sel darah putih maupun trombosit. 

Ada banyak buah-buahan yang memiliki khasiat ini. Namun, sebelum kita berbicara lebih detail tentang jenis buah-buahan, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu vitamin atau nutrisi apa yang berperan dalam meningkatkan jumlah darah.

Yang paling penting dalam meningkatkan darah, terutama produksi sel darah merah adalah zat besi. Jadi buah yang bisa menahan darah adalah buah apa saja yang mengandung zat besi. Semakin banyak zat besi yang dikandungnya, semakin baik. 

Zat besi ini merupakan nutrisi penting, yang tanpanya kehidupan akan tampak tidak ada. Zat besi juga merupakan mineral penting, yang membentuk komponen utama darah, yaitu hemoglobin. Hemoglobin adalah unsur yang ditemukan dalam sel darah merah yang memberi warna merah pada darah. 

Peran hemoglobin adalah untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh dan menyebarkannya ke berbagai organ dalam tubuh itu sendiri. Kekurangan hemoglobin berarti kurangnya kekuatan yang dapat mendistribusikan oksigen yang terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi sehingga ia akan mudah merasa lelah.

Penting untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan kadar zat besi dalam tubuh untuk mendukung produksi sel darah merah yang tepat. Jika ternyata Anda terkena kekurangan zat besi, Anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan mengatur menu diet makanan yang Anda konsumsi setiap hari. 

Buah-buahan yang dapat meningkatkan darah yang akan kita bahas pada artikel ini adalah makanan alami yang dapat digunakan untuk mengobati anemia. Anemia adalah penyakit dimana tubuh kekurangan hemoglobin.  Hemoglobin normal dalam darah adalah 13,5-18 gram/dl untuk pria dan 12-16 gram/dl untuk wanita. 

Seseorang yang menderita anemia akan sering merasa mudah lelah, rambut rontok, sakit kepala konjungtiva mata pucat, ujung jari putih saat ditekan, sesak napas, jantung berdebar-debar, dan imunitas menurun. Menderita anemia atau kekurangan darah tentunya sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan karena dapat menurunkan produktivitas kerja. 

Untuk mengobati anemia dapat dilakukan dengan cara-cara alami, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan penambah darah. Berbagai jenis buah-buahan memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan zat hemoglobin darah. Berikut beberapa buah yang berkhasiat untuk meningkatkan darah Anda.

Anggur

Macam-Macam Buah Penambah Darah

Anda tahu anggur. Siapa yang tidak mengenal buah anggur? Pasti semua orang tahu buah yang satu ini karena masyarakat di seluruh dunia mempopulerkan buah anggur sebagai buah yang wajib dikonsumsi setiap hari. 

Kabar baiknya adalah, ternyata buah yang paling populer di seluruh dunia ini juga memiliki khasiat bagus untuk menambah darah, terlebih bagi pasien yang juga mengidap penyakit tipes. Tentu untuk yang tidak menderita penyakit jenis anggur yang sangat baik dikonsumsi dengan tujuan penambah darah dalam tubuh. 

Vitamin C memiliki peran untuk menyerap zat besi. Oleh sebab itu, dapat dipahami bagaimana vitamin C menjadi sangat penting dalam proses penambahan darah dalam tubuh. Sebagai tambahan, buah anggur juga merupakan jenis buah-buahan penambah darah karena memiliki kandungan nutrisi lengkap yang berperan penting dalam membentuk sel darah merah. 

Buah anggur juga dikenal sebagai buah yang berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung koroner, mengatasi insomnia, mengatasi hipertensi, menghambat sel kanker, mengatasi diabetes, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesegaran kulit.

Baca Artikel Lainnya: Beragam Aneka Olahan Nikmat dari Buah Naga

Buah naga

Selanjutnya, ada buah naga yang bisa Anda gunakan untuk kudapan penam darah. Di dalam buah naga yang terkandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, vitamin B1, B3, B12 dan berbagai mineral penting yang turut berperan dalam menambah darah.  Zat besi bekerja untuk memproduksi sel darah merah. 

Stroberi

Buah ini juga kaya akan vitamin C. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh darah antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B6. E, K, zat besi, mangan, dan kalsium. Masing-masing nutrisi yang ada di dalam stroberi berpadu untuk menambah darah dalam tubuh. Khususnya vitamin C dan zat besi. Selain itu, kandungan lainnya tidak mungkin akan memberi manfaat bagi tubuh di luar khasiat penambah darahnya.

Delima

Macam-Macam Buah Penambah Darah

Baca Artikel Lainnya: Daftar Buah yang Baik untuk Meningkatkan Sistem Imun

Buah delima tampak fisiknya seperti berlian merah. Tidak memiliki buah delima. Kandungan zat besi di dalamnya amat tinggi. Selain itu, delima amat baik juga untuk menambah trombosit darah. Buah delima juga kaya akan kandungan vitamin-vitamin yang mampu membantu menguatkan dan menguatkan trombosit rendah yang disebabkan oleh masalah kesehatan seperti demam berdarah.Untuk mendapatkan berbagai jenis buah tersebut bisa juga membeli secara online. Anda tidak perlu takut mendapatkan produk buah yang layu, karena apabila membeli di TaniHub pengirimannya hanya membutuhkan satu hari saja.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
24 − 19 =