Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Salah satu rempah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan adalah bawang putih. Kandungan nutrisi didalamnya membuat bawang putih mampu mengatasi gangguan ringan hingga kronis. Diketahui bahwa setiap 100 gram bawang putih memiliki 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein. 

Bawang putih juga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng. Mulai dari penyakit luar hingga dalam. Cara mengolahnya pun bermacam-macam. Beberapa di antaranya bisa direbus atau dikonsumsi mentah.Misalnya, mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, bahkan bisa membuat seseorang terlihat lebih muda. Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan?

Inilah Beberapa Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat pertama adalah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Untuk hasil yang maksimal, konsumsilah bawang putih rebus secara konsisten dan dalam porsi yang cukup.

Mengobati Flu dan Batuk

Salah satu masalah kesehatan yang mudah dialami oleh banyak orang adalah flu dan batuk. Menderita flu dan batuk tentu sangat tidak nyaman. Banyak faktor penyebabnya, mulai dari kuman, bakteri, hingga alergi. Namun, ada juga banyak jenis obat batuk dan pilek. Salah satunya dengan mengkonsumsi bawang putih rebus. 

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Berdasarkan penelitian, 600-1.500 mg ekstrak bawang putih tua terbukti efektif menurunkan tekanan darah selama 24 minggu.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang putih lainnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi suplemen bawang putih tampaknya mampu menurunkan kolesterol total sekitar 10-15 persen. Perlu diketahui, ada kolesterol baik dan kolesterol jahat yang masing-masing berpengaruh bagi tubuh. Kolesterol jahat menyebabkan berbagai penyakit. Lakukan ini secara teratur dan terapkan pola makan yang sehat dan teratur.

Baca Juga: Trik Agar Bawang Putih Tetap Segar Lebih Lama

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Baik pria maupun wanita, dari yang tua hingga yang muda. Banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Mengkonsumsi bawang putih kering dipercaya dapat mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Plak ini meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Mengurangi Kelelahan

Berbagai aktivitas yang dilakukan membuat tubuh lelah. Bawang putih dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja. 

Menurunkan Risiko Kanker

Mengkonsumsi bawang putih juga dapat mencegah kanker paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat lebih, bawang putih dianjurkan untuk dikonsumsi mentah. Jika Anda ingin mencobanya, mulailah dengan potongan-potongan kecil terlebih dahulu.

Mengatasi Sakit Gigi

Saat sakit gigi, seseorang merasakan sakit yang luar biasa. Bahkan dalam kondisi ini membuat tidak nafsu makan dan sulit untuk berbicara. Untuk mengatasi hal tersebut, bawang putih menjadi alternatif pilihan obat yang tepat. Caranya mudah, cukup taruh beberapa siung bawang putih yang dihaluskan pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meredakan sakit gigi karena sifat anti bakteri dan analgesiknya. Namun, cara ini memiliki efek samping berupa iritasi pada gusi.

Mengurangi Resiko Osteoporosis

Risiko osteoporosis rentan terjadi pada seseorang yang berusia lanjut, ketika kepadatan tulang mulai menurun. Hal ini menyebabkan tulang menjadi keropos bahkan mudah patah. Bawang putih telah terbukti membantu mengurangi keropos tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Ekstrak bawang putih kering dapat secara efektif mengurangi penanda defisiensi estrogen.

Mengatasi Infeksi Jamur

Bawang putih dipercaya mampu mengatasi infeksi jamur. Kandungan allicin di dalamnya berperan penting dalam mengaktifkan enzim yang bertugas mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Allicin merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada tubuh, termasuk mengobati infeksi jamur.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat Bawang Putih

Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi alkohol yang sering dapat menyebabkan kerusakan hati. Hal ini tentu saja akan menyebabkan sejumlah kondisi serius, seperti pendarahan karena kekurangan faktor pembekuan darah, pembengkakan otak akibat penimbunan cairan di otak hingga gagal ginjal. 

Menghilangkan Peradangan Kulit

Beberapa orang mungkin pernah mengalami atau kulit mereka terkena bintik-bintik merah dan bahkan terasa sangat gatal. Tak jarang muncul bintik-bintik merah di wajah.

Itu tadi manfaat bawang putih. Untuk kebutuhan konsumsi keluarga, sebaiknya gunakan jenis bawang putih yang berkualitas baik. TaniHub menyediakan kebutuhan bawang putih setiap hari yang bisa didapatkan secara online. Anda bisa berbelanja di TaniHub melalui website atau aplikasi onlinenya. Keunggulan berbelanja dari TaniHub, antara lain adalah selalu mendukung pertanian, memiliki layanan pengantaran yang cepat, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari dan banyak promo menarik yang membuat hemat tiap minggunya. Hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
30 + = 40