Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji Dan Daunnya

Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji Dan Daunnya

Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji Dan Daunnya

Mengkonsumsi jambu biji saat hamil sebenarnya dianjurkan karena dapat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun baik untuk kesehatan, Anda tidak boleh makan terlalu banyak. 

Serat yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare. Makan buah ini juga harus dicuci bersih, ya. Buah jambu biji sangat aman dikonsumsi saat hamil. Bunda bisa makan langsung atau membuat jus jambu biji. 

Untuk mengetahui berapa banyak jambu biji yang dimakan, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan dalam makanan. Tak hanya buah, daunnya juga memiliki banyak manfaat. Daun jambu biji mengandung antioksidan dan tanin. 

Selain itu, daunnya juga mengandung anti infeksi dan antibakteri. Daun jambu biji yang diolah menjadi teh mengandung vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang penting untuk kesehatan tubuh. Obat alami ini dipercaya dapat meredakan rasa sakit. Berikut berbagai manfaatnya:

Mengobati diare

Baca Artikel Lainnya: Tips Mudah Memilih Jambu Biji

Jika Anda mengalami diare, minumlah secangkir teh yang terbuat dari daun jambu biji atau kapsul ekstrak daun jambu biji. 

Melawan obesitas

Peningkatan berat badan disebabkan oleh metabolisme gula melalui hati dan berubah menjadi lemak yang kemudian diam-diam masuk ke dalam darah.

Mencegah Kanker

Manfaat lainnya adalah mengobati kanker lambung karena mengandung quercetin, lycopene dan vitamin C yang memiliki sifat antikanker dan antitumor serta dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Mengontrol diabetes

Minum teh daun jambu biji bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition and Metabolism, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah diabetes.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Tidak hanya untuk mengobati penyakit, daun jambu biji juga baik untuk kulit yang berjerawat, noda, flek hitam, menghilangkan kerutan dan bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Untuk membuat ramuan daun biji ini cukup mudah. Rebus daun jambu biji yang sudah dicuci bersih dalam satu liter air selama kurang lebih 10 menit. Saring air rebusan, tambahkan madu secukupnya untuk pemanis dan minum selagi hangat.

Menyembuhkan demam berdarah

Menurut jurnal pengobatan tradisional, seseorang yang menderita demam berdarah memiliki jumlah darah yang sangat rendah, daun jambu biji adalah salah satu solusi untuk meningkatkan trombosit yang mencegah pendarahan.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Tidak hanya untuk mengobati penyakit, daun jambu biji juga baik untuk kulit yang berjerawat, noda, flek hitam, menghilangkan kerutan dan bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Untuk membuat ramuan daun biji ini cukup mudah. Rebus daun jambu biji yang sudah dicuci bersih dalam satu liter air selama kurang lebih 10 menit. Saring air rebusan, tambahkan madu secukupnya untuk pemanis dan minum selagi hangat.

Makanan yang bergizi perlu dikonsumsi selama masa kehamilan. Salah satunya adalah buah seperti jambu biji. Buah berwarna hijau muda ini kaya akan vitamin yang baik untuk ibu hamil. Berikut manfaatnya juga untuk kehamilan dengan komsumsi jambu biji. Kandungan nutrisinya juga bisa mencegah komplikasi saat hamil, Bunda. Nah, berikut manfaat lain jambu biji untuk kehamilan:

Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan ini umumnya memang terjadi saat hamil, Bunda. Jambu biji merupakan sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Seperti yang kita ketahui, makanan berserat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah sembelit.

Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Ibu dapat mengalami preeklamsia selama kehamilan. Komplikasi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kemungkinan kerusakan ginjal atau hati. Jambu biji dipercaya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Human Hypertension juga menemukan hal yang sama. 

Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi daun jambu biji dipercaya dapat mengontrol gula darah dalam tubuh, Bunda. Apalagi kasus diabetes gestasional masih ditemukan selama kehamilan. Kondisi ini dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan dikaitkan dengan komplikasi seperti kelahiran prematur dan bayi berat lahir tinggi.Meski begitu, secara khusus belum ada penelitian yang meneliti efek jambu biji terhadap diabetes gestasional, ya Bunda.

Mengatasi kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum anemia selama kehamilan. Kondisi ini dapat mempengaruhi ibu dan bayi dalam kandungan. 

Mencegah infeksi

Baca Artikel Lainnya: Jangan Anggap Remeh, Berikut Ini Manfaat Jambu Biji untuk Kehamilan

Buah ini juga mengandung polifenol dan karotenoid, Bunda. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jambu biji dipercaya mampu melawan dan mencegah ah infeksi bakteri, serta risiko menghadap penyakit. 

Mengurangi stres dan Mengurangi morning sickness: Jambu biji dapat membantu mengurangi gejala mengonsumsi stres dan tubuh tubuh. Tips makan jambu biji saat hamil: Menghentikan konsumsi jambu biji bila Bunda mengalami alergi. Pilih alternatif buah lain, seperti jeruk atau stroberi.Jadi Anda yang ingin membeli jambu biji yang bagus dan matang sempurna di dalamnya dan tidak busuk, maka Anda bisa dapatkan di TaniHub. Salah satu platform e-commerce yang bisa Anda manfaatkan pelayanannya untuk mencukupi kebutuhan Anda di masa pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 2 = 5