Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Sudah tahu kan manfaat Buah Naga untuk bayi? Buah naga memang merupakan buah yang kaya akan manfaat karena mengandung vitamin C, air, serat, dan banyak mineral. Ternyata buah ini juga cocok untuk dijadikan MPASI lho. Apa saja manfaat buah naga untuk bayi? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya. 

MPASI Buah Naga untuk Bayi 6 Bulan

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Setelah pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi dianggap sudah dapat mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Pada usia ini, bayi Anda sudah bisa menopang kepalanya dengan baik, duduk tegak, dan memindahkan makanan di mulutnya menggunakan lidahnya.

Untuk itu, usia 6 bulan dianggap sebagai waktu yang ideal bagi orang tua untuk mulai mengenalkan makanan pendamping ASI. Buah-buahan merupakan makanan yang harus dikonsumsi terlebih dahulu. Mengapa? Pasalnya, buah-buahan memiliki tekstur yang lembut dan tidak sulit dicerna. 

Buah-buahan juga mengandung zat-zat bergizi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ditambah lagi, buahnya memiliki rasa manis yang pasti disukai anak-anak. Salah satu jenis buah yang cocok sebagai makanan pendamping pertama anak adalah buah naga. Jadi, risiko anak tersedak saat mengkonsumsinya sangat kecil. Buah ini mengandung vitamin, serat, air, dan mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.  

Memang buah naga untuk bayi bisa menyebabkan buang air besar anak menjadi sedikit berwarna. Namun, umumnya tidak berbahaya dan hanya berlangsung selama beberapa hari. Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahuinya! Manfaat Buah Naga untuk bayi usia 6 bulan:

Antioksidan

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Buah naga mengandung antioksidan alami yang disebut fenol. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang berasal dari polusi, asap rokok, radiasi matahari, dan lain-lain. 

Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh teroksidasi sehingga menimbulkan penyakit. Jadi, pemberian buah naga pada bayi dapat melindungi anak dari berbagai penyakit. 

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Melindungi Jantung

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Memberikan buah naga pada bayi dapat melindungi jantungnya. Buah naga mengandung vitamin dan mineral yang dapat menguatkan jantung agar si kecil tetap sehat. Ini juga akan mengurangi risiko anak terkena masalah kesehatan jantung di kemudian hari.

Kaya akan Vitamin C

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Manfaat lain buah naga untuk bayi adalah kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat berkhasiat karena membantu pertumbuhan tulang, otot, gigi, dan pembuluh darah.  Sehingga pertumbuhan dan perkembangan serta kesehatan putra putri anda akan terjaga dengan baik dengan makanan pendamping buah naga.

Kaya akan Vitamin A

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Selanjutnya buah naga untuk bayi usia 6 bulan memiliki manfaat yang kaya akan vitamin A. Selain vitamin C, vitamin lain yang terkandung dalam buah naga adalah vitamin A. Kesehatan mata bayi akan terjaga dengan baik. 

Kaya akan Serat

Serat dapat melindungi sistem pencernaan dari penyakit. Dengan pencernaan yang sehat, bayi Anda akan terhindar dari sembelit dan masalah buang air besar lainnya. Plus, serat dapat menjaga kadar gula darah tetap seimbang. 

Baca Juga: 6 Aneka Olahan Nikmat dari Buah Naga!

Kaya akan Zat Besi

Manfaat buah naga selanjutnya untuk bayi adalah kandungan zat besinya. Zat besi sangat penting untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Sedangkan anemia dapat menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat. Jadi, anak bisa berkembang secara normal.

Menjaga Pertumbuhan Tulang yang Sehat

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Manfaat buah naga selanjutnya untuk bayi adalah pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan tulang yang kuat, anak akan terhindar dari risiko radang sendi di kemudian hari.

Melindungi Kesehatan Ginjal

Manfaat buah naga untuk bayi juga bisa digunakan untuk detoksifikasi. Antioksidan tingkat tinggi kandungan dalam buah naga dapat membantu tubuh untuk detoksifikasi. Setiap hari kita banyak terpapar racun dari polusi, radiasi sinar ultraviolet dari matahari, asap rokok, dan lain-lain. Yaitu menjaga kesehatan ginjal dan juga saluran kemih. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf: Mineral-mineral ini dapat menjaga kesehatan sistem saraf anak. 

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam buah naga sangat berperan dalam membangun dan memperbaiki sel kulit. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengenalkan buah naga.

Baca Juga: 3 Rahasia Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Dapatkan buah naga yang masih segar sebagai bahan makanan Anda di rumah hanya dari TaniHub. Belanja online adalah solusi paling praktis di era modern seperti sekarang ini. Apalagi e-commerce ini juga menyediakan produk kebutuhan dapur secara lengkap dengan harga yang terjangkau, sistem pemesanan mudah dengan pengiriman super cepat. Segera download aplikasi TaniHub melalui App Store dan Play Store! Bebas ongkir ke Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
19 + = 25