Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Hidangan Indonesia memang terkenal kaya akan rempahnya yang beragam dan cita rasa yang pedas atau spicy, apalagi untuk makanan khas kawasan minang atau yang dikenal sebagai masakan padang. Justru cita rasa pedas yang ada dalam masakan itulah yang nantinya akan semakin membangkitkan nafsu makan. Tak heran jika seandainya mereka juga tak pelit dalam menggunakan cabe rawit sebagai bahan tambah dalam bumbu masakan tersebut. Diantara jenis cabe yang bisa memberikan cita rasa sangat pedas adalah cabe rawit.

Apa sih Cabe Rawit itu?

Pada dasarnya cabai ini sendiri ada banyak sekali jenisnya, salah satu yang cukup populer adalah cabe rawit atau yang memiliki nama latin Capsicum frutescens, dibandingkan dengan cabe merah besar maupun cabe merah keriting memang jenis yang satu ini memiliki level kepedasan yang lebih tinggi. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya dilihat dari segi harga jualnya sendiri juga relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang lain. Cabe ini sendiri pada dasarnya adalah bagian buah dari tumbuhan dengan genus Capsicum.

Cabe rawit ini sendiri memiliki 2 varietas berbeda, diantaranya adalah rawit hijau dan rawit putih atau merah. Biasanya kerap kali dijadikan sebagai kudapan seperti gorengan untuk menambah cita rasanya menjadi semakin pedas ataupun digunakan sebagai bahan campuran dalam bumbu memasak untuk mendapatkan cita rasa yang lebih pedas pada makanan tersebut tentunya. Selain di Indonesia maka cabe rawit ini juga tumbuh di negara lain yang ada di Asia Tenggara. banyak sekali masakan tradisional yang mengandalkan bahan tersebut sebagai campuran memasak untuk meningkatkan cita rasanya.

Kandungan Gizi dalam Cabe Rawit

Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Di dalam 100 gram cabe rawit terkandung banyak sekali senyawa nutrisi didalamnya, berikut ini yang patut untuk diketahui, yaitu:

  • Energi, setidaknya terdapat sekitar 104 kkal dalam cabai rawit, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan cabai merah yang lainnya.
  • Protein, cabai juga mengandung protein, yaitu sekitar 4,7 gram.
  • Lemak, khusus untuk kandungan lemaknya sendiri adalah sekitar 2,4 gram.
  • Karbohidrat, sebesar 19,9 gram, terbilang cukup tinggi memang.
  • Vitamin, cabe rawit juga banyak mengandung vitamin mulai diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1 hingga vitamin C. Bahkan juga untuk jumlah vitamin C yang terkandung didalamnya cukup tinggi mencapai 70 mg yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang terkandung dalam buah jeruk.
  • Mineral, tak sekedar itu saja karena nyatanya cabe rawit ini sendiri juga banyak mengandung mineral bermanfaat didalamnya, mulai dari kalsium, fosfor sampai dengan zat besi yang sangat bagus untuk tubuh.
  • Air, kadar air yang ada dalam cabe rawit cukup tinggi yaitu mencapai 71,2 gram.

7 Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan

Adakah Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan? Berikut Ulasannya!

Di balik rasanya yang pedas, ternyata ada banyak yang senang menambahkan cabe rawit ke dalam masakan mereka karena memang memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

  1. Mengatasi hidung tersumbat, bagi Anda yang sedang terkena flu atau bermasalah dengan suhu udara, dimana ketika suhu udara cukup dingin maka hidung akan mulai tersumbat. Maka cobalah mengatasinya secara alami dengan mengonsumsi makanan pedas. Ini sangat membantu dalam melegakan hidung yang tersumbat. Hanya saja sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan atau justru akan menyebabkan gangguan pencernaan.
  2. Dapat meredakan nyeri, mungkin banyak yang sudah tahu bahwa beberapa obat oles atau krim pereda nyeri yang dijual di pasaran mengandung capsaicin didalamnya. Hal ini dikarenakan sensasi panas yang ditimbulkan dari senyawa dalam cabai ini berfungsi untuk membuat reseptor untuk berhenti mengirimkan rasa sakit pada tubuh, sehingga akan terasa reda nyeri atau rasa sakit tersebut.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C yang terdapat dalam cabe rawit ini bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang terdapat pada jeruk. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya ia kaya akan antioksidan yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Khususnya adalah infeksi yang berasal dari virus maupun bakteri.
  4. Dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa capsaicin dalam cabe ini berguna untuk turunkan kadar kolesterol jahat dalam sistem kardiovaskular. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa kolesterol ini akan membuat pembuluh darah menjadi sempit. Hal ini secara otomatis akan mempengaruhi kinerja jantung. Karena nantinya jantung Anda akan dipaksa untuk bekerja keras dalam memompa darah, akibatnya adalah jantung yang lama kelamaan akan melemah kinerjanya, bahkan bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.
  5. Cegah penyakit kanker, karena kaya akan antioksidan maka cabe rawit ini juga mampu bekerja untuk mencegah penyakit berbahaya layaknya kanker. Mengingat memang kanker ini sendiri berasal dari perubahan pada sel-sel tubuh yang sering terpapar oleh senyawa radikal bebas, sehingga membuat sel-sel tersebut justru bekerja untuk menyerang atau melawan jaringan tubuh yang sehat. Antioksidan ini sangat bagus untuk melawan radikal bebas tersebut.
  6. Cegah penyakit diabetes, cabe ini juga mengandung senyawa yang mampu untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Capsaicin memang memiliki potensi untuk turunkan kadar gula darah. Sehingga ia juga memiliki sifat antidiabetik yang berguna untuk menurunkan resiko terkena penyakit diabetes melitus, gangguan metabolisme yang membuat tubuh tidak bisa menyerap gula dalam darah, sehingga berpotensi untuk menyebabkan beragam masalah kesehatan karena kadar gula darah yang tinggi tersebut.
  7. Bagus untuk kesehatan mata, jarang yang tahu ternyata cabe ii juga mengandung lutein yang bagus untuk cegah terjadinya kerusakan mata yang disebabkan oleh penuaan, seperti diantaranya adalah katarak sampai dengan degenerasi makula. Jadi konsumsinya secara rutin memang akan membantu untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Baca Artikel Lainnya: Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Cabe rawit ini sendiri memang memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cabai lainnya. jadi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Bahkan tak jarang beberapa orang yang hanya menjadikannya sebagai campuran untuk cabai merah besar dalam bumbu masakan agar tingkat kepedasannya tidak berlebih dan masih dapat dinikmati.

Anda bisa mendapatkan bumbu dapur yang satu ini secara mudah dalam kondisi yang masih fresh diantaranya adalah lewat TaniHub. Mereka menjual berbagai produk atau bahan makanan secara lengkap, mulai diantaranya adalah daging, sayur, buah, bumbu dapur dan masih banyak lagi diantaranya. semuanya masih dalam kondisi yang segar sampai ke tangan Anda nantinya. Sekarang pesan maka besok akan langsung diantar hingga ke rumah, apalagi jangkauan dari TaniHub sekarang ini juga lebih luas.Belanja kebutuhan dapur Anda lewat aplikasi TaniHub atau kunjungi tanihub.com. TaniHub punya banyak sekali keunggulan, selain dari segi kualitas produknya, maka untuk harganya juga terjangkau, bahkan tak jarang ada potongan harga istimewa yang ditawarkan. Belanja di sini sama artinya dengan berkontribusi untuk memajukan produk pertanian lokal, karena memang mereka menjadi penghubung antara petani dan juga konsumen. Jadi jangan ragu berbelanja di TaniHub!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
82 − = 73