Manfaat dan Resep Makanan dari Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil itu sangat menyenangkan, tidak disarankan untuk bekerja berat tetapi harus makan banyak yang enak-enak. Ya, dimana ibu hamil itu perlu nutrisi yang banyak untuk pertumbuhan baik sang janin dan kesehatan ibunya. Untuk itu perlu selalu menjaga makan setiap hari, pastikan mempunyai manfaat dan nutrisi baik. Dengan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan membantu meminimalisir kemungkinan buruk terjadi pada calon buah hati dan sang ibu. Selain sayur dan buah, ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan seperti salah satunya ikan kembung.

Kandungan Nutrisi Ikan Kembung

Manfaat dan Resep Makanan dari Ikan Kembung untuk Ibu Hamil

Ikan kembung menjadi salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan di Indonesia dengan harga yang terjangkau. Tetapi meskipun begitu ternyata kandungan gizi didalamnya justru banyak dan bermanfaat bagi para ibu hamil. Lalu apa saja manfaatnya? Sebelum membahas mengenai manfaat, berikut ini kandungan yang ada dalam ikan kembung dalam setiap 85 gram yaitu:

  • Kalori 223
  • Protein 20 g
  • Lemak 15 g
  • Lemak jenuh 4 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 6 g
  • Lemak tak jenuh ganda 4 g
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Selenium
  • Kalium

Jika dibandingkan dengan jenis ikan salmon yang dinilai tinggi omega 3 ternyata ikan kembung justru lebih banyak. Pada 2 fillet ikan salmon sama dengan satu porsi pada ikan kembung, inilah kenapa baik untuk ibu hamil.

Baca Juga : Disukai Masyarakat Indonesia, Ternyata Ikan Kembung Punya Banyak Nutrisi Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Kembung

Selain bermanfaat baik untuk ibu hamil, ternyata mengkonsumsi ikan kembung secara rutin dapat berpengaruh pada kesehatan. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan seperti:

  1. Mengendalikan kadar darah.

Sebagai ibu hamil, meskipun tidak mempunyai riwayat diabetes tidak jarang membuat diabetes akibat kehamilan. Tetapi tenang dengan omega 6 pada ikan kembung ternyata dapat mengontrol kadar darah dalam tubuh. Ditambah lagi mengandung lemak jenuh rendah yang tidak ada karbohidrat sama sekali sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  • Mengontrol tekanan darah.

Mempunyai tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu masalah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Hal itu bisa dibantu dengan konsumsi ikan kembung secara rutin, dimana hal itu dipercaya dapat meminimalisir tekanan darah tinggi dan menjadikan tetap normal.

  • Meningkatkan daya tahan.

Menjadi ibu hamil itu memang lebih rentan, apalagi dengan banyaknya ancaman virus diluar ruangan. Tetapi dengan imun tubuh yang kuat akan lebih siap dengan ancaman apapun, ikan kembung bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

  • Menjaga gigi dan tulang tetap sehat.

Kalsium dan vitamin D yang terkandung dalam ikan kembung ternyata dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Hal itu akan menjadikan tulang tetap kuat dan gigi tidak mudah goyang, peran penting ini bisa Anda dapatkan.

Baca Juga : Ini Dia Kandungan Nutrisi Pada Ikan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Resep Ikan Kembung

Sebagai ibu hamil sering sekali merasa bosan, apalagi jika yang dikonsumsi hanya itu-itu saja. Tenang, ada banyak resep olahan dari ikan kembung yang enak dan tentunya bermanfaat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan inspirasi masakan ikan kembung hari ini, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Ikan kembung goreng
  2. Ikan kembung bumbu kuning
  3. Ikan kembung kuah pedas manis
  4. Pepes ikan kembung
  5. Ikan kembung cabai hijau

Diantara beberapa menu diatas, resep mengenai ikan kembung goreng menjadi menu yang paling simpel. Menu tersebut bisa langsung diolah dan makan bersama dengan sambal beserta lalapan dan nasi panas. Ini merupakan ide simpel untuk tetap bisa makan enak namun mendapatkan banyak manfaat didalamnya.

Ditengah pandemi seperti sekarang ini menjadi ibu hamil harus lebih ekstra hati-hati, kurangi keluar rumah apalagi untuk hal yang tidak perlu. Untuk menjaga kebutuhan nutrisi tetap aman, bisa masak sendiri setiap hari. Masalah sayur, buah, ikan dan kebutuhan pokok dapur lainnya bisa membeli secara online. TaniHub bisa menjadi tempat langganan Anda berbelanja, dimana itu merupakan e-commerce belanja online yang terpercaya. Dimana bahan yang mereka tawarkan dari petani lokal langsung, kesegaran tiap hari tidak perlu dipertanyakan lagi. Yuk, belanja dengan TaniHub sekarang juga.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 61 = 66