Manfaat Dan Resiko Bawang Bombay Untuk Kesehatan!

Bawang bombay merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan untuk berbagai menu makanan. Bahan ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat spaghetti, pizza, macaroni hingga bakmi. Dengan menambahkan bawang bombai akan membuat makanan menjadi lebih lezat dan harum. Sehingga banyak yang menyukai masakan dengan ditambahkan bawang bombay. Selain untuk campuran bahan masakan, Anda juga bisa mengolah bahan ini sebagai bahan utama. Seperti union ring yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan bawang bombay. Bahan ini seperti bumbu dapur lainnya juga memberikan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Akan tetapi perlu mengkonsumsinya dalam kadar yang tepat, karena bawang bombay juga mempunyai efek samping yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsinya secara berlebihan.

Kandungan Bawang Bombay

Bawang bombay mempunyai banyak kandungan gizi. Bumbu dapur ini juga terkenal karena rendah kalori sehingga dapat dikonsumsi untuk orang yang sedang diet. Selain itu kandungan lainnya yang dipunyai adalah vitamin, mineral, hingga antioksidan untuk mencegah paparan radikal bebas. Kandungan lengkap bawang bombay adalah protein, karbohidrat, serat, lemak, natrium, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B2, dan karoten total. Dengan banyaknya kandungan gizinya tersebut tentunya akan bisa memberikan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan.

Baca Artikel Lainnya : Ulasan Kandungan Gizi Bawang Bombay

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Manfaat Dan Resiko Bawang Bombay Untuk Kesehatan!

Berikut ini adalah berberapa manfaat bawang bombay untuk kesehatan adalah:

  1. Dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bawang bombay mempunyai khasiat untuk menurunkan resiko terjadinya serangan jantung karena dapat menjaga tekanan darah.
  2. Bawang bombay dapat membantu menjaga mood karena kandungan folat yang dipunyai. Kandungan tersebut dapat mengurangi depresi karena mengurangi terbentuknya homosistein, sehingga serotonin, dopamin, dan norepinefrin akan diproduksi lebih lancar.
  3. Membuat sistem pencernaan lebih lancar karena bisa mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.
  4. Bisa untuk meningkatkan kekebalan tubiuh dengan kandungan polifenol yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.
  5. Dapat mencegah penyakit kanker karena mempunyai antioksidan hingga senyawa organosulfur tinggi yang dapat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Resiko Mengonsumsi Bawang Bombay

Selain mendapatkan manfaat kesehatan, bawang bombay juga bisa memberikan resiko terhadap kesehatan apabila mengkonsumsinya secara berlebihan. Sehingga pastikan masyarakat untuk mengkonsumsinya dalam batas wajar. Karena seperti kandungan gizi yang baik lainnya juga dapat menyebabkan masalah kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Oleh karena itulah pastikan juga menjaga untuk mengkonsumsi bawang bombay dalam jumlah dan kadar yang masih memberikan manfaat kesehatan, bukan justru memberikan efek samping yang mengganggu kesehatan.

Adapun beberapa efek samping yang bisa didapatkan jika makan bawang bombay adalah:

  1. Mengonsumsi bawang bombay dapat memberikan reaksi alergi. Hal tersebut karena bumbu dapur ini mempunyai kandungan aspirin yang dapat meningkatkan sensitivitas seseorang pada bahan ini. Sehingga hal tersebut akan membuat Anda mengalami reaksi alergi apabil mengkonsumsi dalam jumlah banyak.
  2. Bawang bombay juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan gula. Akan tetapi penderita diabetes yang perlu menjaga gula tetap normal, sebaiknya cek kadar gula secara seksama sebelum mengonsumsi bawang bombay.
  3. Bagi pengidap gangguan pendarahan dan pasien pasca operasi juga perlu untuk lebih bijak mengkonsumsi bawang bombay. Terutama bagi yang akan menjalani operasi karena bawang bombay dapat memperlancar proses pembekuan darah.

Ternyata begitu manfaat dan resiko mengosumsi bawang bombay. Biar kamu makin sehat, bisa dapatkan segera bawang bombay tersebut dengan mudah hanya di TaniHub! Banyak promo disetiap minggunya dan metode pembayaranya seperti GoPay, Bank Transfer dan lain-lain. Bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali). Banyak keuntungan yang akan kamu rasakan ketika berbelanja di TaniHub.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
3 + 6 =