Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Manfaat utama jagung tentu saja rasanya yang manis dan bisa mengusir rasa lapar. Jagung paling populer diolah dengan cara direbus dan merupakan makanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Beberapa manfaat yang didapat dari jagung manis untuk kesehatan. Apa saja manfaat jagung rebus untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaat jagung untuk kesehatan kita.

Memberi Lebih Banyak Energi

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 6 Jenis Jagung & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaat jagung rebus yang pertama adalah dapat memberikan lebih banyak energi. Kandungan karbohidrat pada jagung rebus dapat memberikan energi bagi tubuh. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting. Maka tak heran jika jagung rebus menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi yang sehat.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jagung rebus selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Meski terlihat seperti makanan pokok, nyatanya mengonsumsi jagung rebus bisa meningkatkan kesehatan mata. Ini karena jagung rebus mengandung beta-karoten.

Kandungan beta karoten berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, beta-karoten merupakan senyawa yang mampu mendukung produksi vitamin A. Sedangkan seperti yang kita ketahui vitamin A merupakan jenis vitamin yang baik untuk mata. Tidak hanya itu, jagung juga mengandung pigmen zeaxanthin yang dipercaya baik untuk mata kita.

Baik untuk Ibu Hamil

Tidak hanya mampu menyehatkan mata dengan sangat baik, ternyata manfaat jagung rebus juga sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat merupakan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentuk sistem sel dan sistem saraf dan tulang belakang. 

Dan jika janin tidak memiliki kandungan asam folat yang baik, biasanya akan mengalami gangguan. Salah satunya adalah cacat lahir pada bayi. Tak hanya untuk janin, kandungan asam folat ini juga bisa membantu ibu hamil mencegah anemia.

Menu Diet yang Tepat

Sebagai pengganti nasi putih, ternyata banyak orang yang sedang diet memilih jagung rebus sebagai menu dietnya. Tidak hanya manfaat jagung rebus yang baik untuk kesehatan tubuh, namun jagung rebus juga mampu menunjang penurunan berat badan seseorang yang sedang diet. Selain memiliki kandungan kalori yang rendah, serta karbohidrat yang tinggi, jagung juga kaya akan protein yang baik untuk Anda yang sedang diet.

Dengan makan jagung rebus, Anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. Dengan metabolisme yang lancar, kalori dalam tubuh juga ikut terbakar dengan baik. Bakteri ini menghasilkan asam lemak rantai pendek untuk membantu mencegah kanker usus besar, meredakan sembelit, dan lemak perut.

Mencegah Risiko Kanker Paru-paru

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan berasal dari kandungan cryptoxanthinnya. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kanker paru-paru agar tidak semakin ganas. Jagung dapat mencegah kanker paru-paru.

Mencegah Risiko Kardiovaskular

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan selanjutnya baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, jagung rebus juga mengandung niacin yang sangat baik untuk jantung. Bahan-bahan tersebut dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan kolesterol baik. Tak hanya itu, kandungan potasium dalam jantung juga sangat baik untuk kesehatan, terutama jantung. Serta mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, menjaga saraf, tulang, dan otot.

Mengatasi Depresi

Padahal, manfaat jagung rebus untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi depresi. Depresi bisa terjadi pada siapa saja. Dan seseorang yang depresi harus segera mengatasi hal ini. Itu karena, depresi tidak akan baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Bahkan depresi dapat memberi Anda penyakit serius, juga kematian.

Meski tidak ada nutrisi atau diet khusus yang bisa menyembuhkan depresi, ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik memiliki hubungan dengan kesehatan mental seseorang. Dan jagung sendiri merupakan salah satu jenis kelompok makanan whole grain yang mampu memberikan nutrisi yang baik dalam memberikan kesehatan mental seseorang. Sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari depresi yang berlebihan.

Tingkatkan Kekebalan

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Baca Artikel Lainnya: Informasi Menarik Tentang Kandungan Gizi dalam Jagung!

Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kekebalan yang stabil akan membuat seseorang kurang rentan terhadap penyakit. Nah, mengkonsumsi jagung rebus bisa menjadi salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap stabil. Hal ini karena jagung rebus mengandung vitamin C dan protein, dua senyawa yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. 

jika Anda butuh bahan makanan untuk memasak dan kebutuhan Anda sehari-hari Anda bisa mendapatkannya di TaniHub. Mungkin memang masih ada beberapa orang yang masih belum kenal dan mengerti apa itu TaniHub. Jadi merupakan salah satu bentuk platform e-commerce yang sudah berbasis aplikasi dan website. Jadi untuk proses belanja kebutuhan bahan pokok, seperti misalnya ada jagung, sayuran, buah-buahan, ikan, daging, bumbu masak dan sembako bisa Anda lakukan hanya dengan memanfaatkan aplikasi TaniHub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
49 + = 53