Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jagung bisa dikatakan sebagai salah satu makanan pokok tradisional. Setiap daerah memiliki kreativitasnya masing-masing mengenai pengolahan jagung ini, ini adalah salah satu kekayaan budaya kita. Menariknya jika diteliti lebih lanjut ternyata jagung tidak hanya enak dan mengenyangkan, sehingga sering menjadi pilihan makanan bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan karena mengandung karbohidrat kompleks. Jagung memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan Anda. Tahukah Anda, apa saja manfaat jagung untuk kesehatan?

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jagung ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada jagung manis dapat membantu mencegah wasir dan sembelit. Selain itu, rajin makan jagung juga bisa melancarkan metabolisme tubuh.

Jagung Mencegah Anemia

Kabar baik bagi Anda yang menderita anemia, perbanyak makan jagung. Jagung mengandung Vitamin B12, asam folat dan zat besi yang dapat membantu tubuh memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Dengan memperbanyak konsumsi jagung, sel darah merah Anda akan lebih sehat dan bebas dari anemia.

Kendalikan Kolesterol

Jagung bisa dijadikan menu utama diet bagi penderita diabetes. Hal ini karena jagung mengandung karotenoid dan bioflavonoid yang dapat menyerap dan mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. 

Baca Artikel Lainnya: Mengenal 6 Jenis Jagung di Indonesia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Diketahui bahwa asam folat penting untuk kesuburan wanita. Asam folat ini dapat membantu anda yang sedang melakukan program kehamilan. Jagung yang diolah dengan cara direbus mampu menjaga kandungan asam folat pada jagung manis dan meningkatkan kesuburan wanita.

Menjaga Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nutrisi dalam jagung manis juga dapat membantu mencegah hidrosefalus pada bayi. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu dan mempengaruhi kesehatan sistem saraf dan tulang belakang pada bayi.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Masih mengenai kesehatan reproduksi, kandungan mineral dalam jagung sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kesehatan ibu hamil harus selalu diperhatikan, dan asupan mineral yang cukup harus diberikan agar kesehatan tulang dan kesehatan ginjal pada ibu hamil tetap terjaga. Manfaat jagung jelas sangat banyak dan tentunya sesuai dengan kebutuhan manusia. Jangan lupa makan makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan Anda.

Manfaat Masker Jagung untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Memiliki wajah yang putih dan cerah mungkin menjadi salah satu bagian yang diinginkan wanita. Untuk memilikinya ada banyak cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan. Ada beberapa metode perawatan wajah yang umum digunakan, antara lain metode alami, modern, sederhana atau berisiko tinggi. 

Tentu Anda akan setuju bahwa pengobatan terbaik adalah melalui cara-cara alami. Karena perawatan seperti ini sangat ramah untuk kulit Anda dan tentunya relatif lebih murah, bahkan tidak berisiko atau tidak memiliki efek samping. 

Di Jawa, khususnya Jawa Timur, masker jagung sering digunakan untuk mengobati cacar air. Perawatan semacam ini sangat sering dilakukan di Jawa karena diyakini cukup efektif. Menurut penelitian, masker jagung juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Tak hanya itu, masker jagung juga bisa menghaluskan wajah.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Jadi Menu Diet yang Tepat

Manfaat Jagung untuk Memutihkan Wajah

Manfaat Jagung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jagung atau zea mays sangat mudah didapatkan di Indonesia. Hasil laboratorium menyatakan bahwa dalam jagung terdapat sangat banyak zat. Diantaranya adalah karbohidrat, asam sitrat, kalsium, vitamin A, C, B5, B12 dan beberapa zat lainnya. 

Menurut penelitian, vitamin C berfungsi untuk memutihkan wajah, selain itu juga bermanfaat untuk memicu regenerasi kulit dan menghambat jaringan parut sehingga kulit akan terlihat lebih cerah, bersih dan halus. Sedangkan asam sitrat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas sehingga flek hitam akan hilang dan tidak muncul kembali. Setelah mengetahui semua manfaat dan kegunaannya.

Membuat Masker Wajah dari Jagung

Hal pertama yang harus disiapkan adalah jagung muda. Setelah itu cuci bersih lalu parut hingga halus. Jika parutan masih kasar, lebih baik digiling lagi menggunakan mesin blender. Setelah jagung dihaluskan, oleskan secara merata pada wajah seperti sedang memakai masker. 

Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat terlebih dahulu hingga bersih. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan perawatan hingga 2 kali sehari. Baru setelah itu perbedaannya akan terasa.

Pastikan untuk membeli jagung yang berkualitas. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan membelinya di TaniHub. Tempat ini menjaga kualitas jagung yang dijual dan juga menawarkan harga lebih terjangkau karena banyak promo yang tersedia. Anda bisa untuk menggunakan cara pembayaran yang beragam, sehingga bisa mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan apabila belanja di TaniHub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 4 = 5