Manfaat Kandungan Air Semangka

Manfaat Kandungan Air Semangka

Manfaat Kandungan Air Semangka

Tahukah anda semangka memiliki banyak air. Kandungan air dalam semangka sangat tinggi. Faktanya, 92% dari semua semangka adalah air. Jika Anda tidak memiliki cukup air, bahkan sedikit saja dapat memperlambat Anda. Tidak hanya itu, semangka juga mengandung elektrolit yang baik untuk mencegah tubuh dari kepanasan.  Manfaat Semangka:

Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Penyakit Kardiovaskular

Baca Artikel Lainnya: 4 Tips Membeli Semangka yang Matang Sempurna

Fitosterol adalah senyawa yang ditemukan dalam semangka yang dapat membantu mengelola low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat”. Hal ini menunjukkan bahwa buah ini dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (CVD.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan likopen dalam semangka dapat membantu mencegah kanker dengan melawan radikal bebas.​​​

Pencernaan Lancar

Selain memiliki serat, semangka memiliki banyak kandungan air. Sangat baik untuk usus dan mencegah sembelit. Tak heran, banyak orang makan semangka saat mengalami masalah pencernaan

​​​Meningkatkan Fungsi Otak dan Sistem Saraf

Kandungan kolin dalam semangka memiliki peran dalam pergerakan otot, pembelajaran dan memori, menjaga struktur membran sel, transmisi impuls saraf, perkembangan otak dan dipercaya dapat memperlambat perkembangan demensia pada penyakit Alzheimer.

Mengurangi Nyeri Otot

Semangka utuh atau jus semangka bisa diminum untuk mengurangi nyeri otot atau bisa dikonsumsi setelah melakukan aktivitas seperti olahraga.

Resiko kesehatan

  • Meningkatkan Kadar Gula
  • Masalah jantung
  • Masalah Kardiovaskular

Semangka memiliki kadar potasium yang baik untuk tubuh, namun mengkonsumsi terlalu banyak potasium akan memicu beberapa masalah seperti detak jantung tidak teratur dan denyut nadi melemah.

Batas Konsumsi Semangka

Seperti halnya buah-buahan lainnya, semangka tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Porsi yang tepat untuk mengonsumsi semangka tidak lebih dari 1 gelas per hari.

Cara Memilih Semangka

  • Pilih semangka yang berbentuk bulat/lonjong utuh tanpa ada gumpalan atau permukaan yang tidak rata.
  • Semangka berbentuk bulat dan berat memungkinkan rasa manis, sedangkan semangka dengan bentuk oval memungkinkan kandungan air lebih banyak.
  • Perhatikan batang semangka, pilih bagian batang yang berwarna kekuningan.
  • Pilih semangka yang berwarna lebih gelap, meskipun terlihat kusam, fitur ini menandakan semangka sudah matang.

Manfaat Semangka Untuk Kulit dan Wajah

Juicy, fresh dan sangat memuaskan, semangka menjadi buah favorit saat cuaca panas. Menggigit buah semangka di siang hari yang panas rasanya seperti minum segelas air dingin, bahkan lebih enak, hal ini karena semangka mengandung H2O yang dibutuhkan tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa semangka memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit Anda?

Dari manfaatnya dalam menutrisi kulit, melembabkan hingga kemampuannya untuk meningkatkan kilau kulit Anda secara keseluruhan. Semua manfaat semangka untuk kulit dan kesehatan adalah alasan kuat mengapa menambahkan semangka ke rutinitas perawatan kulit Anda tidak lagi menjadi pilihan.

Mengelupas Sel Kulit Mati

Paparan sinar matahari, keringat, dan berbagai kondisi yang menyerap kelembapan, dapat membuat kulit Anda terlihat kurang bercahaya. Buah semangka adalah sebuah bahan yang baik untuk mengelupas sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kamu dan mencegah kulit menjadi terlihat cerah dan sehat. 

Melembabkan Kulit

Semangka merupakan buah yang sangat mengagumkan, karena terbuat dari hampir 93% udara, tidak heran kita selalu meneteskannya ketika memakan buah ini. Karena kandungan air yang sangat tinggi dalam buah semangka dapat memberikan kulit Anda sebuah dorongan hidrasi yang sehat, tidak hanya akan membantu melembabkan kulit Anda, tetapi juga dapat membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan tersebut.

Anti Penuaan

Semangka tidak hanya kaya akan vitamin dan antioksidan, tetapi juga kaya akan berbagai agen anti seperti likopen, yang dapat membantu menunda proses penuaan kulit. Likopen sendiri adalah suatu antioksidan yang bertanggung jawab terhadap warna merah cerah pada buah-buahan seperti semangka.

Antioksidan ini juga dapat ditemukan pada buah tomat. Antioksidan ini dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak, meregenerasi sel, melawan radikal bebas dan memperlambat pemecahan kolagen guna meningkatkan ketahanan dan elastisitas kulit.

Mengurangi Peradangan dan Kemerahan

Baca Artikel Lainnya: Ulasan Seputar Manfaat dan Kandungan Semangka untuk Kesehatan

Jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif, baik atau sedang mengalami maupun peradangan, buah semangka adalah sebuah bahan yang tepat untuk kamu. Likopen sebagai antioksidan yang terdapat di dalam semangka memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu proses iritasi di kulit.

Buah semangka memiliki kekuatan untuk menembak kulit yang teriritasi, sinar matahari dan kulit yang sedang mengalami peradangan. Kamu bisa membayangkan menenangkannya semangka setelah mandi berada di bawah teriknya.

Bagi yang membeli secara online tidak perlu khawatir karena tidak bisa memilih buah semangka sendiri. Anda cukup memilih membeli buah semangka di tempat terbaik yang menawarkan buah dengan kualitas yang terjamin. Seperti di TaniHub yang memberikan kualitas buah terjamin yang bisa dikembalikan dan ditukar apabila tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
75 − 68 =