Ketika sedang hamil perlu untuk menjaga kesehatan dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah pisang yang terkenal menjadi favorit banyak orang. Pisang mempunyai banyak manfaat kesehatan, termasuk bagi ibu hamil yang dapat melancarkan dan menjaga kesehatan ibu hamil. Salah satu jenis pisang yang dapat memberikan manfaat tersebut adalah pisang cavendish.

Mengenal Pisang Cavendish

Pisang cavendish merupakan salah satu jenis pisang yang mempunyai banyak pilihan yang ada di pasaran. Seperti jenis pisang raja, pisang ambon, pisang susu, pisang kepok, pisang merah, dan masih banyak jenis lainnya. Pisang cavendish merupakan buah tropis yang populer di dunia termasuk juga di Indonesia. Buah ini juga dikenal dengan sebutan lainnya yaitu buah pisang ambon putih. Buah jenis ini dikembangbiakan dengan metode kultur jaringan sehingga menghasilkan buah yang bebas penyakit.

Pisang cavendish mempunyai kulit yang agak tebal, warna kuning, dan juga kulit yang mulus. Pohon pisang cavendish biasanya dapat mencapai tinggi hingga 3 meter dengan warna hijau kehitaman. Untuk daunnya mempunyai warna hijau tua dan setiap tandannya terdiri dari 8 hingga 13 sisiran dengan isi 12 hingga 22 buah pisang. Sementara untuk daging buah ini pada umumnya mempunyai rasa manis dan lunak. Sehingga hal tersebut membuat buah ini bisa dikonsumsi baik untuk bayi, anak, maupun ibu hamil.

Kandungan Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Pisang cavendish mempunyai kandungan seperti buah pisang lainnya yang bermanfaat untuk ibu hamil. Saat masa kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami berat badan bertambah. Sehingga untuk mengimbangi berbagai perubahan yang dirasakan oleh tubuh ketika hamil, akan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan segar dan bergizi yang dapat memberikan manfaat kesehatan seperti buah pisang. Beberapa kandungan nutrisi buah pisang yang baik untuk ibu hamil adalah:

  • Energi merupakan kebutuhan utama yang diperlukan ibu hamil saat trimester pertama. Seiring waktu, energi yang dibutuhkan nantinya juga akan bertambah hingga masa melahirkan. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan energi tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi pisang setiap harinya setidaknya 2 buah.
  • Karbohidrat juga dibutuhkan saat masa kehamilan utamanya jenis karbohidrat dengan sedikit lemak. Buah pisang mempunyai kandungan karbohidrat dengan kandungan gula alami dan sedikit amilum sehingga akan sangat baik dipilih untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat ibu hamil.
  • Protein dapat mendukung pertumbuhan sel pada ibu dan janin. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan tersebut juga bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah pisang secara rutin.
  • Vitamin B6 yang ada dalam buah pisang bisa membantu untuk membentuk jaringan sehat yang membuat sel darah merah.
  • Folat mendukung pertumbuhan sel baru utamanya sel darah merah.
  • Vitamin C dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, gusi, dan membentuk pembuluh darah.
  • Zat besi bermanfaat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan menjaga nafsu makan.

Baca Artikel Lainnya: Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Resep Pisang Cavendish untuk Ibu Hamil

Untuk memberikan manfaat kesehatan, ibu hamil bisa mengkonsumsi pisang cavendish secara rutin. Seperti dengan makan buah pisang 2 kali sehari yang bisa dimakan secara langsung. Untuk menghindari kebosanan, jenis pisang ini juga dapat diolah dengan berbagai resep yang mudah seperti berikut:

  1. Pisang Cavendish Kukus

Pilihan olahan pertama dari buah pisang cavendish adalah dengan dikukus. Cara ini merupakan olahan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan dan langkah pembuatan. Sehingga hal tersebut sangat cocok menjadi pilihan resep olahan pisang cavendish untuk ibu hamil. Ketika akan membuat pisang cavendish kukus, Anda cukup menyiapkan bahan yang diperlukan yaitu buah pisang cavendish, tepung terigu, telur ayam, susu, gula pasir dan garam secukupnya.

Sedangkan langkah membuatnya yang mudah adalah:

  • Keluarkan buah pisang dari kulitnyai terlebih dahulu jumlah sesuai keinginan.
  • Selanjutnya tekan buah pisang yang disiapkan dengan garpu hingga mempunyai bentuk pipih. Tetapi pastikan jangan terlalu keras menekannya sehingga dapat membuat bentuk dan tekstur pisang menjadi rusak.
  • Tambahkan telur dan aduk hingga merata. Tambahkan susu, gula pasir, dan garam secukupnya.
  • Cek rasa dari adonan tersebut dan pastikan tidak terlalu manis atau asin.
  • Kukus adonan pisang tersebut selama 20-25 menit, kemudian angkat.
  • Dinginkan hingga pisang tidak terlalu panas dan siap untuk disajikan.
  1. Banana Milk
Kandungan Nutrisi yang Ada di dalam Pisang

Resep kedua yang bisa dibuat untuk ibu hamil adalah banana milk. Jenis ini merupakan minuman yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Adapun untuk alat yang perlu disiapkan untuk banana milk adalah blender, alat takar air, dan gelas untuk menyajikan minuman ini. Sedangkan untuk bahannya adalah perlu menyiapkan buah pisang cavendish secukupnya. Siapkan juga susu dengan jenis yang sesuai selera atau reaksi alergi yang dipunyai, siapkan es batu, dan pemanis yang akan lebih baik memilih pemanis alami seperti madu, atau gula merah.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Apel Malang dan Apel Manalagi!

Cara membuat banana milk dengan mudah bisa mengikuti langkah seperti berikut:

  • Pertama Anda bisa memotong buah pisang yang sudah disiapkan dan dikupas kulitnya terlebih dahulu.
  • Masukkan potongan buah tersebut ke dalam blender yang sudah disiapkan.
  • Tambahkan dengan susu, es batu, dan juga pemanis yang telah dipilih.
  • Haluskan berbagai bahan yang telah masuk blender hingga mempunyai tekstur yang benar-benar halus.
  • Tuangkan hasil blenderan tersebut ke dalam gelas.
  • Banana milk sudah siap untuk dinikmati bagi ibu hamil.
  1. Muffin banana

Resep terakhir yang bisa dicoba agar ibu hamil tidak bosan mengkonsumsi pisang cavendish adalah dengan diolah menjadi muffin banana. Untuk resep ini bisa menyiapkan bahan lainnya yang cukup mudah didapatkan dan juga dibuat dengan cepat. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah pisang yang sangat matang, margarin yang sudah dilelehkan, telur, gula palem, vanila bubuk, terigu, baking powder, dan choco chips atau potongan pisang yang digunakan untuk topping.

Muffin Pisang

Cara membuat muffin banana tersebut bisa mengikuti langkah mudah di bawah ini:

  • Lumat atau haluskan pisang cavendish yang telah disiapkan dengan whisker hingga teksturnya menjadi benyek.
  • Cairkan margarin terlebih dahulu dan campurkan dengan pisang yang sudah dihaluskan.
  • Masukkan telur, gula palem, dan vanila bubuk kemudian aduk.
  • Masukkan tepung dan baking powder, aduk.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang dan oven sesuai waktu yang dibutuhkan yaitu setidaknya 30 menit.

Baca Artikel Lainnya: Kupas 7 Manfaat Daun Kelor Bersama TaniHub

Di atas merupakan beberapa resep buah pisang cavendish yang dapat dibuat. Sehingga dapat mencegah kebosanan apabila mengkonsumsi buah pisang setiap hari yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil. Untuk mendapatkan buah pisang cavendish, Anda bisa membelinya dengan mudah di banyak tempat. Termasuk juga secara online yaitu di TaniHub yang memberikan pengiriman cepat hanya satu hari dan harga terjangkau dengan banyaknya promo yang ditawarkan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
98 − 93 =