Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Bagi orang Indonesia mungkin masih ada beberapa orang yang masih asing dengan paprika. Meski sekarang ini untuk menemukan buah paprika di beberapa supermarket yang ada di Indonesia sangat mudah. Namun tidak heran kenapa masih ada orang Indonesia yang belum begitu kenal dengan buah ini karena tidak banyak orang Indonesia yang memasak menggunakan paprika. Dan juga paprika masih jarang tumbuh di Indonesia karena buah ini memang berasal dari Amerika Selatan. 

Apa Itu Paprika? 

Paprika atau dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Capsium annuum L yang merupakan salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah dengan rasa yang manis dan ada juga yang sedikit pedas. Berasal dari suku terong-terongan atau Solanaceae dengan beberapa jenis warna yang cukup cerah yakni merah, kuning, hijau dan ungu yang biasanya banyak digunakan sebagai campuran salad. Sudah dijelaskan di atas bahwa paprika adalah tanaman khas yang berasal dari Amerika Selatan. Akan tetapi untuk saat ini tanaman tersebut sudah banyak tersebar luar di beberapa wilayah dan dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis. 

Tanaman ini biasanya memiliki tinggi batang antara 50-150 cm dan cocok untuk di berbagai iklim. Dan sekarang tanaman ini memang sudah dibudidayakan di berbagai negara di belahan dunia. Tetapi jika tanaman ini dibudidayakan dengan sistem hidroponik maka biasanya untuk tinggi tanamannya akan mencapai antara 3-4 m dan biasanya juga banyak tumbuh dan ditanam di daerah pegunungan dengan memiliki suhu minstra.

Kandungan Vitamin Paprika 

Kandungan dan Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Meski jarang sekali digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, namun jangan salah bahwa ternyata paprika juga memiliki beberapa kandungan yang dipercaya sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Paprika banyak mengandung vitamin C dan beta karoten. Untuk manfaat vitamin C nya sendiri dipastikan sudah banyak masyarakat Indonesia yang tahu dan paham betapa pentingnya vitamin C untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan vitamin C maka tubuh bisa memiliki sistem kekebalan dan imun yang kuat sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit. Dan fakta yang sangat menarik adalah ternyata kandungan vitamin C dalam buah paprika lebih tinggi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan buah jeruk. 

Selain banyak mengandung vitamin C dan betakaroten ternyata paprika juga masih memiliki beberapa kandungan vitamin lain yang tidak kalah bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, beberapa kandungan vitamin tersebut adalah berupa vitamin B, vitamin K dan zat besi serta asam folat, zinc dan mangan serta lutein. Tidak hanya itu saja, paprika ternyata juga banyak mengandung antioksidan yang sudah pasti akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Baca Artikel Lainnya: Beragam Manfaat Sayur dan Tips Memilih yang Tepat untuk Olahan Anda

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Paprika Merah dan Trik Mengolahnya

Karena banyak mengandung Vitamin C dan betakaroten dan lain-lain maka jangan heran jika paprika banyak memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Paprika banyak mengandung gizi yang sangat beragam sehingga bagus untuk tubuh. Kira-kira apa saja manfaat paprika yang katanya sangat bagus untuk kesehatan tubuh? Berikut ini penjelasannya secara lengkap: 

  • Mampu memelihara kesehatan mata 

Paprika banyak mengandung antioksidan yang sudah jelas sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Selain kandungan antioksidan tersebut ternyata juga ada lutein dan zeaxanthin dan beberapa macam jenis vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Sebagai contohnya adalah adanya kandungan vitamin A dan juga kandungan vitamin E. Jenis-jenis kandungan vitamin yang sangat beragam tersebut inilah yang ternyata sangat bagus untuk mencegah kerusakan sel retina pada mata dan juga mengurangi resiko terjadinya katarak. 

  • Mampu mencegah anemia 

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh masih banyak kekurangan sel darah merah yang sangat bermanfaat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Biasanya seseorang yang mengalami anemia akan muncul dan merasakan beberapa gejala seperti tubuh yang mudah lelah dan kulit pucat. Selain itu juga akan ditandai dengan mata yang berkunang-kunang dan sesak napas. Untuk itu, supaya terhindar dan mencegah anemia maka Anda bisa langsung konsumsi paprika karena paprika kaya akan vitamin C. karena dengan vitamin C nanti akan sangat membantu tubuh dalam menyerap zat besi dengan begitu maka nantinya produksi sel darah merah juga akan tercukupi dan anemia bisa dihindari. 

  • Mencegah dan mengurangi peradangan 

Paprika banyak mengandung antioksidan dan juga senyawa capsaicin. Adanya kedua kandungan tersebut nantinya mampu untuk memberikan rasa pedas pada sebuah paprika dan juga cabai dan juga rempah-rempah lainnya yang diketahui sangat baik untuk mengurangi peradangan dan dalam tubuh. Dengan begitu maka peradangan yang terjadi pada tubuh bisa segera sembuh dan normal kembali. 

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Apel Malang dan Apel Manalagi!

  • Membantu menurunkan berat badan 

Anda yang saat ini sedang berada dalam fase ingin menurunkan berat badan, maka kandungan capsaicin yang ada pada paprika sangat bagus untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Karena dengan kandungan capsaicin bisa digunakan untuk meningkatkan metabolisme sehingga dengan begitu kalori dan jaringan lemak yang dibakar juga akan menjadi lebih banyak. Disisi lain ternyata paprika juga banyak mengandung serta sehingga mampu untuk membuat rasa kenyang lebih lama dengan begitu maka keinginan untuk makan dan ngemil juga akan berkurang. 

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung 

Paprika banyak mengandung antioksidan yang bisa dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena kandungan antioksidan inilah yang nantinya akan membantu dalam mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. Karena efek inilah yang menjadikan paprika sebagai salah satu jenis buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai tindakan pencegahan penyakit jantung. 

Untuk mendapatkan dan mencari paprika di pasar tradisional Indonesia memang sudah cukup mudah untuk ditemukan atau jika di pasar tidak ada Anda juga bisa temukan di beberapa toko swalayan lainnya. Namun untuk Anda yang tidak dan kurang begitu banyak waktu untuk melakukan belanja ke swalayan atau pasar tradisional, sekarang sudah ada yang namanya e-commerce TaniHub yang akan sangat membantu Anda untuk menemukan berbagai macam kebutuhan untuk kebutuhan memasak dan rumah tangga atau usaha sekalipun. 

TaniHub dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga sudah sangat mudah untuk dijangkau karena bisa diakses dengan menggunakan aplikasi dan website. TaniHub sudah menjangkau beberapa wilayah khususnya daerah Jabodetabek, beberapa wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Lalu bagaimana dengan proses pesannya? Jangan bingung karena Anda cukup pesan lewat aplikasi hari ini dan barang akan datang besok di depan pintu rumah Anda. Beberapa jenis bahan-bahan untuk kebutuhan yang dijual di TaniHub diantaranya adalah sayuran, buah-buahan, ikan, dan kebutuhan pokok serta sembako. Jaminan bahan selalu segar dan berkualitas karena diambil langsung dari petani Indonesia. Jadi selama masa PPKM seperti saat ini adalah keputusan yang tepat untuk Anda belanja kebutuhan pokok dan memasak di TaniHub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
− 2 = 7