Manfaat Pisang Dan Bolehkah Untuk Penderita Diabetes

Manfaat Pisang & Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang? Inilah yang dikatakan ahli gizi. Penderita diabetes harus memperhatikan pola makan. Baik dari segi porsi maupun jam makannya. Sebab, setiap makanan yang Anda makan berdampak langsung pada kadar gula darah. 

Termasuk saat makan buah. Pasien diabetes juga harus selektif. Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah agar tidak menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Lalu buah apa saja yang memiliki indeks glikemik rendah? Bolehkah penderita diabetes makan pisang? Banyak penderita diabetes ingin tahu apakah mereka boleh makan pisang atau tidak. Karena pisang kaya akan nutrisi. Karena itu, penderita diabetes cenderung takut pisang akan meningkatkan gula darah.

Perlu diingat, pisang kaya akan karbohidrat. Dan makanan yang kaya karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Pengidap diabetes boleh makan pisang, tapi dalam jumlah sedang,” tegasnya. Nomor tersebut dikatakan aman.

Namun, pisang rendah pada skala GI dan kaya serat juga. Nilai indeks glikemik pisang sekitar 42-62 (tergantung kematangan). Jadi, intinya penderita diabetes boleh makan pisang, tapi dibatasi. Selain itu, ukuran porsi pisang juga sangat penting. Efek ukuran porsi ini dikenal sebagai beban glikemik. 

Beban glikemik dihitung dengan mengalikan indeks glikemik suatu makanan dengan jumlah karbohidrat dalam per porsi, kemudian dibagi dengan 100. Jika nilainya kurang dari 10 maka nilainya rendah. Jika skornya lebih dari 20 berarti memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Tingkat kematangan pisang juga menjadi indikator kandungan gulanya. Semakin matang pisang, semakin tinggi gulanya. Karena kebutuhan setiap orang akan karbohidrat dan gula berbeda-beda.  Manfaat pisang untuk kesehatan, antara lain:

Pencernaan lancer: Kandungan serat pangan yang padat pada pisang kepok sangat baik untuk pencernaan. Serat mampu mendorong buang air besar sehingga membantu mengatasi gejala sembelit, mengurangi iritasi lambung, dan masalah pencernaan lainnya.

Mengurangi stroke: Hal ini dapat menurunkan stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis. Dokter akan melakukan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk Anda. Meningkatkan kekebalan: Kandungan vitamin C yang tinggi ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari infeksi, dan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Berikut dibawah ini jenis-jenis pisang yang perlu anda ketahui:

Seribu Pisang

Manfaat Pisang Dan Bolehkah Untuk Penderita Diabetes

Salah satu jenis pisang yang paling populer adalah pisang raja seribu yang memiliki aroma yang sangat harum dan rasa yang manis. Pisang ini memiliki ukuran sebesar pisang pada umumnya dengan warna kuning ketika sudah matang. 

Pisang Buwana Gepok

Jika Anda pernah mendengar tentang pisang untuk tanaman hias, jenis pisang tersebut adalah pisang sangga buwana gepok. Pohon itu masih berbuah, seperti namanya berwarna gepok. Namun, buah ini tidak bisa dimakan. Keunikan pohon pisang ini adalah jantungnya terus tumbuh ke atas dan mampu tumbuh hingga ketinggian 200 cm.

Pisang Varigata

Keunikannya terletak pada buah pisang yang berbentuk seperti mentimun. Buah ini memiliki rasa yang manis sehingga Anda bisa langsung memakannya. Anda juga bisa mengkonsumsi kulitnya.

Pisang Gepok

Seperti namanya, pisang ini memiliki warna gepok yang membuatnya unik. Pohonnya memiliki bentuk yang sama seperti pohon pisang pada umumnya tanpa ada yang membedakan. Pisang gepok dipercaya dapat membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti batu ginjal, asam lambung, dan penyumbatan darah.

Baca Artikel Lainnya: Menentukan Jenis Pisang

Pisang Genderuwo

Pohon pisang ini sebenarnya disebut pisang potho gepok yang berasal dari Yogyakarta, namun perawakannya yang besar, batang berwarna gepok tua, dan buah yang sangat besar membuat buah ini dijuluki pisang genderuwo. Pisang genderuwo adalah pisang langka sehingga Anda mungkin kesulitan menemukannya di pasaran.

Pisang Ambon

Manfaat Pisang Dan Bolehkah Untuk Penderita Diabetes

Baca Artikel Lainnya: Ingin Diet Konsumsi Pisang Ini Menjadi Solusinya

Salah satu pisang yang paling banyak dicari adalah pisang ambon. Tunas pohon pisang ini asli Indonesia. Ciri-ciri pohonnya sama dengan tanaman pisang pada umumnya. Kulit buahnya juga berwarna hijau bila belum masak dan kuning bila sudah masak. Daging buahnya berwarna putih, rasanya manis, dan tidak berbiji.  Jika anda menyukai pisang dan ingin tau tips memilih bibit pisang berikut saya jelaskan dibawah ini.

Biji pisang yang Anda pilih harus berasal dari yang jelas. Pastikan sumber benih berasal dari indukan yang sehat dan bebas dari penyakit, terutama penyakit pucuk, layu bakteri, dan layu fusarium. Jika benih berasal dari kultur jaringan, maka benih tersebut baik dan siap tanam, minimal berukuran 40-50 cm. Pilih bibit dari indukan dengan varietas unggul. Itulah tips memilih bibit pisang yang berkualitas. 

Pisang sendiri pada dasarnya punya cukup banyak jenis yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera. Dapatkan produknya secara lengkap dan mudah dari TaniHub. Aplikasi yang satu ini bisa Anda download dari Playstore maupun Appstore. Dimana e-commerce yang satu ini fokusnya adalah menjual produk-produk hasil pertanian, mulai diantaranya adalah buah, sayur, daging, telur sampai dengan bumbi-bumbu dapur secara lengkap.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


Math Captcha
− 2 = 3