Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang cukup mudah dijumpai di Indonesia. Karena buah yang satu ini cukup banyak dijual di pasar tradisional, supermarket, bahkan toko online. Beberapa masyarakat Indonesia bahkan bisa mendapatkan buah yang satu ini dari pekarangan rumah mereka, karena pisang cukup mudah untuk dibudidayakan. Pisang bisa dimakan secara langsung tanpa perlu diolah sama sekali. Namun bisa juga diolah menjadi berbagai makanan lezat yang lebih menggiurkan, seperti kolak pisang, pisang goreng, bolen pisang, keripik pisang, dan masih banyak lagi. 

Pengertian Pisang 

Baca Artikel Lainnya: Mengulas Beberapa Kandungan Gizi Serta Manfaat dari Pisang Raja untuk Ibu Hamil

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di negara-negara tropis, seperti Indonesia. Ciri khas dari buah ini adalah bentuknya yang melengkung dan memanjang, kulit buah berwarna hijau maupun kuning, serta daging buah yang bertekstur lembut. Buah pisang tergolong sebagai buah-buahan yang tidak kenal musim, karena hampir setiap hari selalu ada. Di Indonesia, buah pisang sering dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan modern. Namun ada juga yang tetap senang menikmati sajian pisang dengan cara yang sederhana, seperti dengan cara digoreng, direbus, dibuat kolak, dibuat makanan tradisional, dan masih banyak lagi. 

Kandungan Nutrisi dalam Pisang 

Pisang terkenal sebagai salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali kalium dan serat pektin. Selain itu, buah yang berwarna kuning ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti magnesium, vitamin B6, vitamin C, protein, karbohidrat, serta, gula, pati, kalsium, magnesium, fosfor, selenium, kalium, vitamin B (folat), beta karoten, mangan, zat besi, zinc, tembaga, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kolin, Omega 3, dan Omega 6. 

Jenis-Jenis Pisang 

Ada banyak sekali jenis pisang yang bisa dijumpai dan dikonsumsi saat ini. Karena memang varietas pisang di seluruh dunia cukup banyak. Di Indonesia, ada beberapa jenis pisang yang mudah didapatkan dan dikonsumsi, antara lain pisang Raja, pisang Cavendish, pisang susu, pisang Ambon, pisang Kepok, pisang Tanduk, pisang nangka, pisang mas, pisang mas Kirana, pisang Barangan, dan masih banyak lagi. 

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

 Baca Artikel Lainnya: Mengintip Manfaat Pisang untuk Kecantikan Wajah

Selain menawarkan rasa yang manis dan lezat, nyatanya mengkonsumsi buah pisang juga bisa memberikan dampak yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini manfaat pisang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Membantu mengontrol tekanan darah.

Kalium dalam pisang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Sehingga tekanan darah dalam tubuh menjadi lebih stabil dan terkontrol. 

  1. Sebagai sumber energi dan menambah stamina.

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi dan menambah stamina. 

  1. Melancarkan proses metabolisme dan pencernaan tubuh.

Mengonsumsi pisang yang sudah masak bisa membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh. 

  1. Membantu menurunkan berat badan.

Pisang sangat rendah kandungan lemaknya. Sehingga sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pisang sangat kaya akan serat yang membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga kenyang lebih lama saat mengonsumsinya.

  1. Menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus besar.

Kandungan serat dan antioksidan dalam pisang juga berguna untuk mencegah dari resiko penyakit kanker usus besar. 

  1. Menjaga daya tahan tubuh. 

Pisang salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Berbagai jenis vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

  1. Mengatasi anemia dengan memenuhi kebutuhan jumlah zat besi dalam pisang.

Zat besi dalam pisang sangat berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Sehingga sangat cocok untuk mencegah dari penyakit anemia. 

Dari berbagai informasi di atas, maka bisa disimpulkan jika buah pisang memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi ini. Ada banyak jenis pisang yang umumnya dijual di pasaran. Untuk mendapatkan jenis pisang yang Anda butuhkan, Anda bisa berbelanja di TaniHub. Disini ada banyak sekali pilihan jenis pisang maupun buah-buahan lain. Selain itu juga tersedia kebutuhan pangan lainnya, seperti sayur, ikan, telur & unggas, sembako, bumbu dapur, dan kebutuhan memasak. Produknya selalu fresh dan berkualitas bagus karena dipanen langsung dari petani lokal. Berbelanja disini juga sangat mudah karena merupakan ecommerce berbasis aplikasi online dan website. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
12 − 2 =